Benarkah Neil Armstrong mendarat di bulan?

image

Apakah benar Neil Armstrong mendarat di bulan?

Ada suatu teori konspirasi yang muncul mengenai Neil Armstrong yang mendarat di bulan dimana ada keraguan mengenai hal tersebut, berikut beberapa hal yang menyebabkan keraguan itu muncul:

  • Penampakan peralatan studio
    image
    Hasil refleksi bayangan pada kaca penutup kepala atau helm astronot yang tampak sangat mirip dengan sorotan overhead yang biasanya banyak terdapat di tempat studio film. Benda tersebut tampak tergantung di sebuah tali atau kawat dan hingga saat ini belum diketahui dengan pasti benda apa serta fungsi dan kegunaannya ada bersama Neil Armstrong di bulan yang notabene merupakan ruangan hampa udara. Banyak orang mempercayai hal tersebut adalah salah satu bukti kebenaran bahwa Neil Armstrong tidak pernah benar-benar mendarat di bulan.

  • Penampakan batu yang aneh
    image
    Dalam foto tersebut, batu tampak seperti gumpalan kertas atau surat yang sengaja diletakkan sebagai salah satu bagian properti pemotretan. Dugaan tersebut semakin kuat dengan adanya tulisan huruf C yang disebut-sebut sebagai tanda oleh para kru. Pasalnya huruf C yang tertulis diatas “batu aneh” tersebut terbentuk sangat sempurna layaknya tulisan biasa alias bukan hal yang terjadi secara alamiah. Teori konspirasi menyebutkan bahwa ada satu orang kru yang secara sengaja merubah tata letak “batu aneh” tersebut sehingga tulisan berhuruf C tampak dengan jelas dan mengakibatkan kebocoran foto yang memperlihatkan Neil Armstrong tengah mendarat di bulan.

  • Letak bayangan yang tidak masuk akal
    image
    Satu-satunya sumber cahaya yang terdapat di bulan adalah matahari. Hal itu berarti seluruh objek yang berada diatas bulan sudah bisa dipastikan letak atau posisi bayangannya selalu sejajar atau parallel. Namun fakta tersebut justru tidak terdapat pada foto bukti pendaratan Neil Armstrong di bulan. Sebaliknya justru banyak beberapa bayangan yang jatuhnya ke berbagai macam arah yang berbeda.

  • Tidak tampak bintang
    image
    Menurut teori alamiah, penampakan bintang-bintang harusnya lebih jelas dan terang terlihat ketimbang dari bumi karena di bulan tidak ada awan. Namun yang terlihat pada foto justru hal sebaliknya yaitu tidak tampak bintang.

  • Bendera berkibar-kibar
    image
    Matahari dan bulan merupakan ruang yang hampa udara dan memiliki gravitasi nol. Namun yang muncul pada foto Neil Armstrong di bulan justru memperlihatkan secara jelas bendera Amerika Serikat yang ditancapkan di daratan bulan oleh Neil Armstrong berkibar-kibar atau bergelombang. Hal ini sangat aneh mengingat bahwa di suatu tempat yang hampa udara sangat tidak mungkin terdapat angin yang bisa meniup-niup suatu objek.

baca artikel