Benarkah Laki-Laki Lebih Logis dan Perempuan Lebih Komunikatif?

Hingga kini peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan matematika dan berbahasa banyak dibentuk oleh kultur dan lingkungan, sehingga perbedaan gender tidak ada kaitannya dengan itu semua.

Tahukah kamu kalau pria dan wanita nggak hanya berbeda secara fisik, tapi juga banyak perbedaan yang tak terlihat seperti perbedaan cara berpikir dan perilaku yang dominan. Perbedaan ini sebagian besar dipengaruhi oleh perbedaan otak pria dan wanita. Meski terlihat serupa, tapi sebenarnya ada beberapa fungsi otak pria dan wanita yang khas. Nah, inilah beberapa perbedaan di antara otak pria dan wanita.

1. Ukuran volume otak
Sebenarnya volume otak pria rata-rata lebih besar dibandingkan dengan wanita. Meskipun volume otak pria yang lebih besar tersebut membuat pria lebih kuat, tapi bukan berarti inteligensi pria pasti lebih tinggi daripada wanita. Menurut penelitian, volume otak pria yang lebih besar ditenggarai karena massa tubuh pria yang cenderung lebih berat dan lebih besar.

2. Belahan otak kanan dan kiri
Sebagian besar pria memiliki otak belahan kiri yang lebih dominan. Sedangkan wanita cenderung seimbang dalam menggunakan kedua belah otaknya. Itulah yang menyebabkan pria lebih mudah fokus dan berpikir lebih logis terhadap suatu masalah. Sementara wanita lebih intuitif dan dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

3. Kemampuan dalam berelasi
Wanita lebih jago dalam hal komunikasi dan lebih cerdas secara emosional daripada pria. Wanita pun lebih group-oriented sehingga nggak heran kalau wanita sering mencari solusi dengan cara membicarakan masalahnya. Sedangkan pria cenderung sulit menebak bentuk komunikasi yang nggak eksplisit seperti kode-kode kecuali dijelaskan secara verbal. Inilah kenapa pria dan wanita sering miscommunication.

Sumber
yukepo.com