Benarkah kita bekerja harus mengikuti passion?

Ada yang bilang bahwa kalau kita ingin bekerja maka harus bekerja sesuai passion yang kita miliki. Kalau kita memiliki passion di bidang seni, maka harus bekerja di bidang itu agar pekerjaan terasa lebih menyenangkan dan kita akan menikmatinya. Namun mencari pekerjaan seperti itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kondisi yang sesuai dengan kemauan kita pasti akan selalu ada. Katakanlah kita telah mendapatka pekerjaan sesuai passion kita, namun lingkungan kerjanya sangat keras dan tidak sehat. Hmmm kira-kira kalau menurutmu, benarkah kalau kita bekerja harus mengikuti passion yang kita miliki? Berikan saran terbaikmu!

menurut saya pribadi dengan kerja mengikuti passion akan memudahkan diri untuk mengerjakan pekerjaan tersebut itu benar adanya, namun saya pribadi juga memiliki pemahaman bahwa sebenarnya passion itu hanya ada karna pikiran diri sendiri yang terlalu terpaku dengan kemampuan yang dipunya, dan juga tidak ingin atau takut untuk mencoba hal baru

Bekerja sesuai passion itu menurut saya dapat mempermudah kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dalam pekerjaan. Jika pertanyaan nya apakah bekerja harus mengikuti passion? menurut saya tidak juga. Karena jika kita tipe orang yang menyukai tantangan, menurut saya bekerja dluar passion itu suatu hal yang cukup menarik, namun disatu sisi kamu pasti merasa bahwa tugas-tugas yang diberikan akan berbeda dengan kemampuan kamu jadi kamu harus berusaha lebih.

Jika kamu ingin melakukan pekerjaan, bisa di coba untuk mengambil pekerjaan yang bukan passion kamu, maka dengan hal tersebut kamu akan mendapatkan keahlian lain yang belum tentu kamu dapatkan jika kamu bekerja sesuai dengan passion kamu, karena mencoba keluar dari zona nyaman itu tidak ada salahnya.

Satu lagi, menurut saya yang terpenting dari bekerja adalah lingkungan kantor atau rekan kerja. Mungkin kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu, namum lingkungan nya tidak mendukung kamu, itu malah membuat kamu merasa tidak tenang dan ujung nya malah setres. Jadi intinya, tidak ada salah nya kamu mencoba untuk bekerja diluar dari passion kamu karena bekerja tidak harus mengikuti passion.

Sebenarnya tidak harus bekerja sesuai passion, namun bekerja sesuai passion akan membuat kita lebih nyaman dalam menjalani pekerjaan kita, karena kita menikmati dan tidak memiliki beban. Namun yang terpenting dalam bekerja adalah kamu nyaman dengan lingkungan kerjamu sendiri, walaupun itu diluar passion kita

Setelah membaca pendapat teman-teman, saya juga setuju dengan pendapat mereka. Menurut saya, bekerja tidak harus sesuai dengan passion, tetapi apabila menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion, why not? Sesuai passion atau tidak, menurut saya yang terpenting adalah bagaimana kita beradaptasi dengan pekerjaan kita. Apabila kita dapat beradaptasi dengan baik, maka kita dapat menjalankan pekerjaan kita, baik sesuai dengan passion atau tidak. Beradaptasi dengan lingkungan kerja dan rekan kerja juga penting dalam hal ini. Menurut saya, akan sia-sia apabila pekerjaan kita sesuai dengan passion tetapi memiliki lingkungan kerja yang tidak dapat membawa kita untuk berkembang menjadi lebih baik. Lebih baik bekerja tidak sesuai dengan passion, tetapi memiliki lingkungan kerja dan rekan kerja yang dapat memerikan banyak pengalaman baru disana. Dengan kita bekerja tidak sesuai dengan passion kita, maka kita dapat mempelajari hal-hal baru yang berbeda dengan keahlian kita.

menurut saya baiknya memang kita harus menggeluti bidang yang kita gemari. Bekerja sesuai passion kita mungkin membantu mengurangi rasa tertekan oleh pekerjaan. Namun untuk pengembangan diri, tidak ada salahnya untuk mengasah skill atau bidang lainnya, tapi tetap pada kemampuan kita. Memiliki beberapa skill yang dikuasai menjadi keuntungan untuk diri kita masing-masing. Yang terpenting dari bekerja yaitu kerja keras dan melakukan pekerjaan dengan totalitas.

Keliatannya ada yang salah sama pernyataan bekerja harus mengikuti passion. Yang lebih pas itu ya Bekerja Harus Dengan Passion. Prinsip itu yang harusnya dijadikan mindset bagi semua profesional.

Permasalahannya adalah tidak semua orang bisa beruntung mendapatkan pekerjaan yang sesuai passionnya. Masih banyak orang yang bekerja di luar passionnya. Bahkan lebih banayk lagi orang yang ketika mencari pekerjaan tidak mengetahui passionnya sendiri apa.

Ambil contoh teman saya. Kuliah Teknik Elektro, bidang komunikasi. Dia sangat suka dengan bidang komunikasi. So, cita-citanya ya kerja di perusahaan telekomunikasi. Tapi ketika dia lulus, tidak ada perusahaan telekomunikasi yang membuka lowongan pekerjaan. Akhirnya dia bekerja di perusahan makanan dan minuman.

Prinsipnya langsung dirubah, kerja adalah passion saya, apapun bidangnya. Semua bisa dipelajari dan semua bisa dinikmati. Yang terpenting adalah saya bekerja sebaik mungkin dan memberikan kontribusi sebesar-besarnya buat perusahaan.

Dan yang terjadi, karir dia sangat baik (manajer termuda). Dan ketika ditanya, apakah ngga ingin pindah di perusahaan Telekomunikasi ? Jawabnya adalah, industri makanan itulah sekarang menjadi passion saya.

Passion seseorang bisa berubah, karena yang menentukan passion adalah diri kita sendiri. Kalau kita terlalu terpaku pada bekerja harus mengikuti passion, nanti ketika kinerja kita buruk atau karir kita ngga bagus, yang disalahkan adalah karena ngga sesuai passion. Saya pikir pola pikir itu yang berbahaya karena kita terlihat tidak profesional dan suka mencari pembenar.