Benarkah Hasil Tes Minat Kerja Menentukan Arah Karir?

Tidak asing dengan tes psikologi? salah satu dari tes tersebut adalah tes untuk membantu seseorang menentukan minat atau bakat yang dimilikinya. Lantas apakah hasil dari tes tersebut benar-benar menentukan arah karir seseorang itu? atau hanya sekedar minat sesaat yang kemudian akan berubah seiring berjalannya waktu?

Bagaimana tanggapan Youdics terkait hal tersebut? apakah kalian akan mengikuti hasil tes minat tersebut dalam menentukan arah karir kalian atau tidak? berikan alasannya di bawah ini yaa

Tidak setuju. Sebab hasil tes minat tidak bisa menentukan seseorang itu akan berkarir seperti apa. Karena pada realitanya saat ini banyak sekarang orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan atau ilmu yang didalaminya bukan berarti orang tersebut tidak pantas namun orang tersebut juga memiliki basic dibidang lain tidak disatu bidang saja. Nah jika menanggapi topik yang diangkat ini saya tidak setuju sebab seseorang dapat menentukan arah karir itu adalah basic dan skill yang dimiliki oleh orang tersebut bukan dari hasil tes minat sebab itu tidaklah akurat.

Tes minat kerja sama halnya dengan tes-tes lainnya yang notabennya dilaksanakan dengan dipengaruhi oleh keadaan seseorang pada saat itu. Sedangkan untuk tolak ukur karir yang masih jauh ke depan, bagaimana bisa ditentukan dengan beberapa lembar soal tes? Karir menurut saya adalah suatu keputusan yang perlu pertimbangan matang dan tidak bisa didasarkan pada tes semata. Tes minat kerja mungkin akan memberikan gambaran tentang apa yang kalian minati pada saat itu. Sebagai seseorang yang beranjak dewasa, saya yakin keinginana dan cita-cita kita lebih sering berubah tergantung dengan kondisi dan lingkungan. Oleh karenanya, menurut saya, tes minat kerja tidak sepenuhnya bisa memberikan gambaran tentang masa depan karir kita, namun cukup bisa dijadikan indikator tentang apa yang kita minati pada saat itu.