Benarkah Faktor Sosial Ekonomi Petani Berpengaruh Terhadap Penerapan Teknologi Pola Tanam Padi?

Produktivitas pertanian yang rendah berpengaruh nyata terhadap perkenomian nasional seperti impor beras yang meningkat, inflasi menjadi tak terkendali, kekurangan pangan dan kesempatan kerja terbatas sehingga menimbulkan pengangguran. Oleh karena itu, pembangunan pertanian merupakan langkah awal dalam strategi pembangunan nasional jangka panjang. Pembangungan pertanian ini dicirikan dengan penggunaan teknologi baru yang berkesinambungan.

Namun, apakah benar dalam penerapan teknologi baru pola tanam padi dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi petani seperti usia, tingkat pendidikan formal dan non formal, jumlah tanggungan keluarga, luas lahan dan hal lain sebagainya?

Sumber

https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/download/228/223

Picture from Kondisi Sosial Ekonomi Pertanian Di Indonesia | Info Education

1 Like

Faktor sosial ekonomi pada petani setauku cukup bermacam-macam, ada yang usia, pendidikan, pengalaman, jumlah pendapatan, dll. Kalau konteks yang dibicarakan soal penerapan teknologi pola tanam padi untuk bisa meningkatkan produktivitas pertanian, menurutku tentu saja berpengaruh. Mungkin petani dengan banyak pengalaman dalam penerapan berbagai pola tanam padi tentu saja memiliki perspektif yang lebih luas. Petani tersebut cenderung akan berusaha menerapkan teknologi pola tanam padi yang paling menghasilkan lebih banyak hasil panen daripada yang lain. Namun dengan pertimbangan modal yang dibutuhkan, yaitu yang berasal dari pendapatan petani tersebut. Jadi intinya faktor sosial ekonomi suatu petani tentu berpengaruh pada penerapan teknologi pola tanam padi, bahkan menurutku bukan hanya padi saja, tapi hampir pada semua komoditas pertanian.