Benarkah Bius Total Saat Operasi Pada Lansia Meningkatkan Risiko Penyakit Alzheimer?


Benarkah Bius Total Saat Operasi Pada Lansia Meningkatkan Risiko Penyakit Alzheimer?

Sebelum dilakukan operasi, biasanya dokter spesialis anastesi akan melakukan tindakan pembiusan yang bertujuan untuk memblok rasa nyeri pasien dalam kurun waktu tertentu agar selama operasi pasien tidak merasakan sakit. Tindakan pembiusan atau anestesi ini bisa dilakukan dengan suntikan, semprotan, salep, ataupun pemberian gas yang harus dihirup pasien. Terdapat tiga jenis anestesi yaitu, anestesi lokal, anestesi sebagian, dan anestesi total.

Efek anestesi memang bersifat sementara dan umumnya tidak berbahaya pada kebanyakan pasien operasi. Namun, pada pasien lansia yang tubuhnya terus mengalami penurunan karena usia, mungkin akan bisa berdampak saat proses pemulihannya. Terlebih jika lansia tersebut diberi anestesi total yang langsung bekerja di bagian otak sehingga membuat pasien tidak sadarkan diri selama operasi.

Sebuah studi baru menemukan bahwa anestesi total, bila digunakan pada pasien lansia, dapat meningkatkan risiko demensia dan perkembangan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson atau Alzheimer.