Benarkah Bisnis yang Sukses Membutuhkan Modal Uang yang Kuat?

Mungkin kita sudah tidak asing bahwa dalam berbisnis akan identik dengan kebutuhan modal. Menurut Sukoco et al. (2015), modal usaha adalah harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang digunakan sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya. Berdasarkan pengertian tersebut, modal didefinisikan sebagai sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan bisnis. Sedangkan menurut Putri dan Jember (2016), modal merupakan hal penting dalam sebuah usaha yang akan dibangun. Dalam sebuah usaha tidak hanya di perlukan modal sendiri tapi juga dibantu dengan modal pinjaman. Adanya modal tersebut akan mempengaruhi peningkatan pendapatan dan produktivitas usaha atau bisnis yang akan dijalankan.

Berdasarkan definisi modal tersebut, dapat kita simpulkan bahwa modal merupakan faktor yang sangat penting dalam berbisnis. Dan mungkin tidak sedikit dari masyarakat yang memiliki prinsip bahwa modal itu tidak jauh dari uang sehingga bisnis yang tidak memiliki modal uang yang cukup akan kesulitan untuk dimulai dikembangkan, maupun sekadar untuk bertahan.

Oleh karena itu, benarkah modal uang yang kuat adalah syarat jika ingin bisnis kita sukses? Yuk bagikan pendapat Youdics!

Sumber

Putri, N. M. D. M., & Jember, I. M. (2016). Pengaruh Modal Sendiri dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tabanan (Modal Pinjaman sebagai Variabel Intervening). Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 9(2), 142-150.

Sukoco, A. R. F., Endang, N. P., & Zahroh, Z. A. (2015). Pengelolaan Modal Kerja Usaha Mikro untuk Memperoleh Profitabilitas (Studi pada UD. Warna Jaya Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1), 1-9.

Sumber Gambar: Mencari Modal Usaha? Berikut Cara Mudah Mendapatkannya

tidak dapat dipungkiri bahwa modal adalah sesuatu yang dibutuhkan jika ingin membangun sebuah bisnis usaha. sangat sulit jika tidak memiliki modal untuk dapat membuat suatu bisnis. namun, saat sekarang ini, modal bukan syarat utama dalam membangun suatu bisnis. menurut saya syarat yang penting dalam membangun suatu bisnis adalah ide atau strategi yang matang. dengan adanya ide-ide yang menarik dan kreatif, peluang bisnis yang akan dibangun akan lebih besar ketimbang hanya bermodalkan modal yang besar.

kegiatan industri saat ini sudah berkembang sangat pesat. banyak sekali industri bisnis yang memiliki ide-ide menarik dan kreatif saat sekarang ini. maka dari itu, untuk dapat membangun bisnis pada saat sekarang ini, anda harus memikirkan dahulu ide-ide yang menarik dan kreatif, lalu bagaimana strategi anda untuk menjalankan bisnis tersebut.

1 Like

Memang, uang adalah segalanya, tak terkecuali dalam urusan berbisnis. Modal dalam bisnis juga sangat penting. Memulai bisnis atau usaha tanpa modal adalah hal yang sulit dan tidak mungkin. Semua bisnis tetap membutuhkan modal. Entah itu berupa uang, aset, skill, ilmu, atau kesempurnaan akal dan fisik Anda. Semua bisa diartikan sebagai modal. Namun, bila Anda selalu mengkonotasikan modal dalam bentuk uang, banyak orang menilai hal itu salah.

Harus diakui banyak keterbatasan dalam memulai bisnis, dan itu lumrah. Tapi bukan berarti menjadi penghalang bagi orang untuk melangkah dalam dunia bisnis. Sekali lagi, cobalah untuk berpikir secara lebih bijak bahwa modal tidaklah identik dengan uang. Ada sekian banyak potensi dalam diri yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis. Karenanya, inventarisir potensi yang dimiliki lalu berdayakan secara maksimal.

Memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan baik dan pergaulan yang luas pun sebenarnya cukup dijadikan modal. Tak perlu keluar uang. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, dengan memanfaatkan kelebihan tersebut, bisa bisnis di bidang jasa. Keahlian komunikasi juga bisa menjadi pintu masuk bagi rejeki, contohnya sebagai dopshipper, konsultan, guide, MC, hingga makelar. Selam ada kemauan, tekad yang kuat, pantang menyerah, bisnis bisa dimulai dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun.

2 Likes

Aku setuju dengan pendapat teman-teman di atas. Memang faktanya hingga saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa modal utama untuk membangun sebuah bisnis hanya berupa uang. Namun bukan berarti uang bukan sesuatu yang tidak penting dalam memulai bisnis. Tetapi jika kita memiliki keterbatasan dalam hal tersebut, maka hal itu bukan satu-satunya menjadi penghalang.

Hal ini karena salah satu kunci sukses untuk memulai usaha adalah memiliki kemampuan dalam menuangkan ide-ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif hingga memiliki nilai ekonomi/komersial yang tinggi pada sebuah bisnis (Supriyanto, 2009). Sebab, yang aku amati masih banyak orang yang hanya mengandalkan modal besar berupa uang untuk membangun bisnis namun pada akhirnya tidak berhasil sehingga menimbulkan kerugian. Sehingga dari hal tersebut kita belajar bahwa modal berupa uang bukanlah satu-satunya yang paling penting dalam memulai bisnis, namun ide yang kreatif, pengalaman, knowledge, skill, keberanian, networking, dan inovasi. Terlebih saat ini banyak sekali berbagai cara untuk memulai bisnis tanpa modal berupa uang, seperti menjadi reseller atau dropshipper, penulis, blogger, designer grafis, dan lain-lain.

Selain modal di atas, dilansir dari Prima dalam memulai bisnis pun diperlukan untuk mengembangkan mindset yang kuat seperti berani dalam mengambil resiko, pintar dalam melihat peluang, menghindari NATO (No Action Talk Only), menjadikan hidup sebagai proses belajar, dan mau untuk keluar dari zona nyaman.

Summary

Supriyanto. 2009. Busines Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. 6(1)

PRIMA. 2020. “Modal Utama Bisnis: Uang atau Mindset?”, Modal Utama Bisnis: Uang atau Mindset ?, diakses pada 19 Agustus 2021 pukul 14.00

1 Like

Menjadi pengusaha yang sukses sudah pasti menjadi impian bagi para pelaku bisnis. Namun kenyataannya untuk menjadi sukses tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Perlu proses didalamnya agar Anda dan bisnis yang dibangun bisa benar-benar sukses. Untuk mencapai kesuksesan, benar jika seorang pebisnis harus memiliki banyak modal. Tapi ingat, modal di sini bukan berarti uang saja . Modal di sini bisa berarti sifat dan juga perilaku.

Modal yang bisa membuat kita bisa menjadi pebisnis yang sukses :

  • Kejujuran . Sebagai pelaku usaha, Anda harus miliki sifat jujur sehingga usaha atau bisnis bisa dikenal oleh banyak orang dan dipercaya oleh konsumen-konsumen Anda.

  • Pengetahuan dan keterempilan. Hal ini dibutuhkan sebelum memulai sebuah usaha, agar kita mengetahui dasar mengenai usaha yang akan ditekuni dna tidak merasa kesulitan.

  • Semangat tinggi dan kerja keras. Salah satu penyebab kegagalan usaha adalah tidak terpeliharanya semangat dan kerja keras untuk memajukan usaha. Sehingga, pada saat timbul masalah seperti planning yang tidak sesuai dengan harapan dan akhirnya timbul keputusasaan. Oleh sebab itu, semangat dan kerja keras harus selalu terpelihara dalam berbisnis.

  • Rasa percaya diri. Jika pemilik usaha tidak percaya diri dengan usaha yang dijalani maka klien atau calon konsumen pun tidak akan percaya dengan bisnis yang Anda jalankan.

  • Berani untuk mengambil resiko. Tidak ada sebuah usaha atau bisnis yang tidak memiliki risiko. Untuk bisa maju dalam berwirausaha maka kita sebagai pelaku bisnis harus berani mengambil risiko yang harus kita terima.

  • Mampu berpikir kreatif dan inovatif. Untuk memajukan sebuah usaha, pelaku bisnis membutuhkan adanya inovasi, untuk itu berpikir kreatif untuk memajukan usaha sangatlah diperlukan.