Benarkah Biji Buah-Buahan yang Tertelan Bisa Tumbuh di dalam Perut?

biji buah

Saat kita kecil, orang-orang sering bilang biji buah-buahan yang tertelan tanpa sengaja oleh kita dapat tumbuh di dalam perut. Benarkah demikian?

Apa alasannya biji buah tak dapat tumbuh dalam tubuh kita?

Kalau kita melemparkan biji buah ke halaman rumah, kemungkinan biji itu akan tumbuh menjadi pohon karena tanah tempat dilemparkan biji tadi memang memiliki kondisi yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman tersebut.

Sementara itu, biji yang tertelan akan masuk ke dalam lambung. Di dalam lambung terdapat suatu senyawa asam bernama asam klorida. Asam klorida atau asam lambung ini berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh kita.

Bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh dapat dirusak oleh asam ini. Asam klorida juga dapat berfungsi sebagai antiseptik karena bakteri yang tidak tahan asam akan mati terkena asam lambung. Kalau kita muntah, kita merasakan asam di mulut kita, itulah asam lambung yang berasal dari lambung kita.

Zat asam ini akan menghancurkan biji-biji yang tertelan bersama makanan. Suasana asam yang tinggi tidak cocok bagi pertumbuhan biji-biji buah yang ditelan. sehingga biji-biji itu tak pernah tumbuh dalam perut kita. Biji-biji tersebut akan hancur dan dibuang bersama sisa makanan kita nantinya.

Sumber:
sains.me