Benarkah bahasa tubuh dapat menunjukkan Ketertarikan Kepada Lawan Jenis?

Berkomunikasi tidak hanya dilakukan dalam lingkup non-formal saja, lebih dari itu kita juga akan berkomunikasi dalam situasi formal yang mengharuskan kita mengetahui cara untuk mengungkapkan sesuatu dengan benar. Melalui bahasa tubuh dan mimik wajah seseorang, kita dapat menebak atau mengetahui perasaan atau isi hati orang tersebut. Mulai dari apakah ia berbohong, gugup, maupun tertarik pada kita. Walaupun hal ini sepele tapi membaca gerak-gerik seseorang bukanlah perkara yang mudah.

Dengan memahami komunikasi non-verbal, maka hal ini akan memudahkan kita berkomunikasi dengan orang lain dan juga bisa membantu kita mengekspresikan diri. Perhatikan dengan baik bahasa tubuh saat berkomunikasi dengan orang lain. Agar dapat mengerti suasana hati seseorang, Anda memang harus lebih peka memperhatikan mimik wajah dan perubahan ekspresi yang ditampilkan oleh lawan bicara kita.

Ekspresi wajah, gestur, dan postur adalah bagian dari bahasa tubuh untuk berkomunikasi secara non-verbal. Menurut para ahli, bahasa tubuh ditunjukkan secara alami ketika seseorang ingin menyampaikan sesuatu tapi tidak dapat diucapkan dengan kata-kata. Itulah sebabnya membaca bahasa tubuh seseorang sangat penting untuk memahami situasi.

Berdasarkan riset yang dilakukan tim dengan pimpinan Dr Jefrey Hall dari Universitas Kansas, AS ada beberapa tanda yang bisa diketahui hanya dalam waktu 12 menit bahwa seseorang tertarik kepada kita. Dalam penelitian yang melibatkan 102 pria dan wanita heteroseksual tersebut, tim membaginya menjadi 50 berbanding 50. Kesemua subyek sama sekali belum pernah bertemu. Mereka dipasangkan dalam percakapan selama 10 hingga 12 menit dan direkam dalam video.

Setelah melakukan percakapan tersebut, subyek kemudian melaporkan bagaimana tingkat ketertarikan mereka terhadap rekan perbicangan tadi. Setelah itu tim Dr Hall mengevaluasi interaksi antara keduanya dan apa saja pertanda ketertarikan yang telah ditunjukkan.

Referensi :