Ben Silbermann ; Pria Sederhana Yang Suka Mengoleksi Barang

Biografi Ben silberman


Siapa yang tidak kenal pintererest ? Pinterest adalah salah satu media social yang sedang populer di internet. Dengan menggunakan Pinterest, kita dapat menemukan hal- hal yang ingin kita rencanakan atau kerjakan nantinya. Fitur Pin It pada Pinterest akan membantu kita menyimpan posting favorit yang bisa kita buka kembali meskipun portingannya sudah lama. Pinterest juga menghubungkan kita kepada orang-orang yang memiliki kesamaan hobi seperti memasak, fashion, dan lainnya. Lalu siapakah yang membuat pinterest ini menjadi salah satu media social yang digemari banyak orang? Dialah Ben Silberman

Pekerjaan
Co-Founder and Chief Executive Officer Pinterest, Inc

Tempat dan Tanggal Lahir
Des Moines , 14 juli 1982

Kewarganegaraan
Amerika

Pendidikan
Bachelor of Arts / Science, Yale University

Total Kekayaan
1.57 billion USD (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes
12 America’s Richest Entrepreneurs Under 40 (2016)
1121 Billionaires (2016)

RIwayat Hidup


Pria yang dibesarkan oleh ayahnya Neil Silbermann dan Jane Wang yang merupakan seorang dokter . Sejak kecil Ben sangat suka mengoleksi sesuatu, dari serangga sampai perangko surat dan menaruhnya ke dalam kardus. Ben dianggap ajaib oleh keluarga dan teman-temannya. Di sekolah, Ben dikaruniakan sifat yang luar biasa dari kecerdasan dan bakatnya untuk teknologi, dan didukung oleh kedua orang tuanya.

Bahkan pada usia yang sangat muda, Ben sudah tertarik dengan teknologi.Pada akhir tahun delapan puluhan, ketika kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat, Ben sering menghabiskan waktunya belajar penemuan baru sementara teman-temannya sedang bermain di luar. Selama tahun SMA-nya, di pertengahan tahun sembilan puluhan, Ben mulai tertarik pada Internet dan melihat adanya potensi besar.
Setelah lulus dari Roosevelt High School di tahun 1999, Ben Melanjutkan kuliahnya di Yale University untuk belajar pendidikan di jurusan ilmu politik. Dia lulus pada tahun 2003 dan memperoleh gelar sarjana.
Ia menikah dengan Divya Bhaskaran yang merupakan seorang lulusan biomekanik dan teknik biomedis dari University of Tennessee dan mempunyai seorang anak yang bernama Max

Riwayat Karir


Ben bukanlah seorang yang memiliki latar belakang seorang sarjana computer. Stelah ia lulus dari Yale University dengan jurusan politik , ia berkerja sebagai konsultan di Washington, D.C . Ia mulai membaca- baca blog teknologi dan sangat menyukai tentang apa yang orang buat di dalamnya.
Ben juga melamar pekerjaan di Google Incorporated dan bekerja di penjualan online perusahaan dan operasi. Ketika Ben ingin bekerja dengan pengembangan dan rekayasa divisi Google, kurangnya gelar teknik tidak bisa dia di sana. Dan, setelah beberapa waktu bekerja dengan Google, Ben akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri untuk mengejar karirnya sendiri.

Tidak lama setelah ia meninggalkan Google, Ben bertemu dengan Paul Sciarra, teman kuliah yang juga memiliki minat yang sama dalam mengembangkan teknologi. Merekapun mulai bereksperimen pada aplikasi iPhone dan akhirnya menciptakan sebuah aplikasi bernama Tote, sebuah aplikasi untuk berbelanja. Sayangnya Tote gagal untuk dijual secara online dan kurang diminati oleh para pecinta iPhone.

Belajar dari kegagalan tersebut, mereka tidak menyerah untuk mengembangkan perangkat lunak online.Dengan menggunakan Tote sebagai dasar untuk membuat desain yang baru dari layanan baru yang mereka ciptakan, Ben dan Paul memutuskan untuk menambahkan fitur yang dinamakan “pin”. Hal itu, seperti papan pin biasa, dapat ditempelkan dan disimpan untuk dibaca kembali. Konsep inilah terinspirasi oleh mereka dengan sebuah ide membiarkan orang “memperlihatkan” kepentingan mereka melainkan bukan “mengatakannya” pada mereka. Seperti apa yang ingin dikoleksi , koleksi yang anda punya dapat anda tunjukan kepada orang-orang tanpa harus mengatakannya. Hal ini sama dengan apa yang ia lakukan waktu kecil. Meskipun Pinterest di luncurkan dengan ide yang baik, dalam Waktu 9 bulan setelah Pinterest diluncurkan , Pinterest hanya memiliki kurang dari 1000 pengguna. Namun pada bulan Juni Tahun 2011, Pinterest mulai menerima perhatian media dan memiliki banyak pengguna . Sekarang Pinterest sudah memiliki lebih dari 20 juta pengguna.

Ada banyak hal yang dapat kita pelajari tentang kehidupan Ben, satu hal yang benar-benar membuat dia orang yang luar biasa adalah tekadnya untuk berhasil meskipun mengalami situasi yang sulit dan mengalami sebuah kegagalan. Ben bisa saja untuk berhenti dan tidak melanjutkan apa yang ia buat, namun ia menolak untuk melakukannya. Di satu sisi, Ben mampu mengubah rasa takutnya menjadi sesuatu yang berguna dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

“What you collect says so much about who you are” - Ben Silbermann

[details=Referensi]https://successstory.com/people/ben-silbermann
http://www.famousbirthdays.com/people/ben-silbermann.html
http://www.forbes.com/profile/ben-silbermann/
http://www.thextraordinary.org/ben-silbermann[/details]

Ben Silbermann merupakan serorang miliyader dibidang teknologi, dan juga sebagai CEO aplikasi terkenal Pinterest

Dimasa remaja, Ben menamatkan pendidikannya di Research Science Institute di Yale pada tahun 2003. Setelah lulus dari perguruan tinggi, Ben bekerja sebagai konsultan di Washington D.C. Sejak berprofesi sebagai konsultan, Ben Silbermann mulai akrab dengan berbagai informasi dari blog teknologi. Secara teratur, Ben mulai sering mengikuti perkembangan dunia internet dan teknologi yang kemudian membesarkan namanya.

Setelah memiliki ilmu teknologi yang cukup ben akhirnya bisa bekerja di perusahaaan google, ben memiliki kesempatan untuk berkarir serta dapat mempelajari banyak hal tentang perkembangan teknologi. Dan akhirnya justru membuat ben mulai memikirkan untuk membuat produk aplikasi sendiri dari ilmu yang didapat dari perusahaaan google , keinginan untuk menghasilkan produk teknologi secara mandiri membuat Ben memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di Google

Ben kemudian mulai menghubungi teman kuliahnya, Paul Sciarra, untuk mewujudkan ide pembuatan aplikasi social media, ben memiliki ide untuk membuat aplikasi social media yang memungkinkan dapat mengoleksi berbagai postingan favorit dari berbagai sumber, ide tersebut didapat ben dari peengalaman dan kegemaranya sejak kecil yang sering mengumpulkan berbagai benda koleksi. Ben dan paul sempat menguras isi tabungan untuk mengembangkan ide tersebut.

Dan akhirnya aplikasi tersebut tercipta dan diberi nama Pinterest, Awalnya, Pinterest tak sesukses yang dibayangkan. Dalam kurun waktu 9 bulan sejak diluncurkan, Pinterest hanya memiliki kurang dari 10.000 pengguna. Bahkan Ben sempat memutuskan untuk menghubungi 5.000 pengguna Pinterest secara personal agar bisa membuat evaluasi produk secara lebih matang. Meski belum bisa meraih kesuksesan di awal berdirinya Pinterest, namun hal tersebut tak membuat Ben berputus asa.

Dan akhirnya dengan usaha yang keras dengan mencoba mengevaluasi supaya lebih baik dan Kini Pinterest sudah memiliki 20 juta pengguna dengan jumlah yang terus bertambah setiap harinya. Ben Silbermann juga sudah memiliki beberapa puluh karyawan untuk mendukung pengembangan dan aktivitas pemantauan Pinterest.

Hal yang menginspirasi saya dari perjalanan karir ben silbermann adalah kejelihanya dalam memanfaatkan sebuah peluang dan pelajaran yang didapat dari berbagai pengalamanya ketika masih bekerja serta keberanianya keluar dari zona nyaman ketika sudah bekerja di perusahaan google dan lebih memilih untuk mendirikan usaha sendiri dengan bekal pengalaman yang sudah didapat, dan saya sagat kagum ketika diawal peluncuran pinterest meskipun kurang diminati konsumen, ben silbermann lebih memilih untuk komunikatif kepada konsumen dan lebih memilih untuk mengevaluasi dan tidak putus asa. sampai pintrerest mendapatkan kesuksesan

Quote

“If Google teaches you anything, it’s that small ideas can be big”

yang menjelaskan jika google mengajarkan segalanya kepada anda, pelajaran kecil itu bisa menjadi besar , tergantumg dari kita memandang dan menyikapinya

Source :
• The Guardian : https://www.theguardian.com/media/2016/jun/12/pinterest-ben-silbermann-social-network
• Brainy Quote : https://www.brainyquote.com/quotes/quotes/b/bensilberm532245.html
• Dictio : Ben Silbermann ; Pria Sederhana Yang Suka Mengoleksi Barang

pinterest_2

LATAR BELAKANG KELUARGA


Ben dibesarkan di Des Moines, Lowa. Ben merupakan anak dari pasangan yang bernama Jane Wang dan Neil Silbermann. Orang tuanya adalah dokter mata dengan praktek keluarga yang masih berada di kota asalnya. Ben menikah dengan Divya Bhaskaran, dan memiliki seorang putra yang bernama Max Silbermann.

AWAL KEHIDUPAN


Ben merupakan lulusan dari Des Moines Central Academy dan Des Moines Roosevelt di tahun 1999. Ben kemudian lulus dari Yale College pada tahun 2003 dengan gelar sarjana di bidang ilmu politik. Pada tahun 1998, Ben menghadiri Research Science Institute di MIT. Saat kecil, Ben ternyata memiliki hobi mengumpulkan perangko, serangga dan lainnya. Ternyata hobi tersebut, menjadi salah satu ide lahirnya Pinterest.

KARIR


Ben Silbermann adalah seorang pengusaha Amerika di bidang internet dan menjadi CEO Pinterest. Ben bukan orang yang berlatar belakang pendidikan di bidang teknologi. Setelah lulus kuliah, Ben bekerja sebagai konsultan di Washington D.C. Ben mulai mempelajari dan mengenal dunia internet dan mengikuti perkembangan dunia. Akhirnya Ben bergabung dengan industri teknologi terbesar, yaitu Google. Di Google, Ben bekerja untuk mengurus tim periklanan online (online advertising). Pada saat bekerja di Google, Ben terinspirasi untuk memulai startupnya. Tak lama kemudian, Ben memutuskan untuk keluar dari Google dan memulai startupnya. Ben menghubungi teman kuliahnya yang bernama Paul Sciarra untuk bekerjasama mewujudkan idenya. Paul sendiri bukan orang yang mempunyai latar belakang di bidang teknologi.

Ben mempunyai tekad dan semangat yang kuat. Ia belajar membangun aplikasi iOS dan mulai membuat aplikasi untuk iPhone. Ben banyak sekali menemui hambatan dan percobaannya yang berujung kegagalan. Saat itulah muncul ide untuk menciptakan sebuah produk pinboard yaitu, Pinterest. Semua berasal dari hobinya yang suka mengumpulkan berbagai hal dan saat dulu tidak ada tempat untuk berbagi momen-momen tersebut.

Awal pendirian Pinterest, Ben dan Paul menggunakan dana dari pribadi masing hingga Pinterest dapat terealisasi pada pertengahan tahun 2010. Pada awal kemunculan, Pinterest tidak sesukses yang dibayangkan. Setelah 9 bulan diluncurkan, Pinterest tidak mampu mendaptkan 10.000 pengguna. Walaupun hambatan terjadi ia tidak menyerah, Ben memutuskan untuk menghubungi 5.000 pengguna Pinterest secara personal untuk mendapatkan feedback dan masukan dari pengguna.

5f615e17bdc800274de3450993c46869

Akhirnya, Pinterest mencapai kesuksesan. Berkat sebuah ketekunan, kerja keras dan perbaikan berkelanjutan oleh Ben menghasilkan pencapaian baik. Pada Juni 2011, Pinterest mulai banyak dibicarakan orang dan Pinterest juga diberitakan. Saat ini Pinterest memiliki lebih dari 20 juta pengguna di dunia dan jumlah ini terus bertambah. Berdasarkan Forbes hingga 7 Juli 2017, mencatat kekayaan Ben sebanyak USD 1,8 Milyar dan menempati ranking 1.290 orang terkaya dunia.

KIAT SUKSES


  1. Belajar dari kegagalan. Ben mengalami banyak hambatan ketika memasuki dunia teknologi tetapi ia pantang menyerah dan menjadikan kegagalan sebagai evaluasi.

  2. Lakukan apa yang kamu senangi. Seperti Ben, mendapatkan ide untuk Pinterest berawal dari hobinya yang suka mengumpulkan dan ia berusaha bagaimana momen yang dikumpulkan dapat di bagikan ke orang banyak.

  3. Cari tahu apa yang tidak dikuasai dan bagaimana menyiasatinya. Karena kita butuh bantuan orang lain untuk menyelesaikan sebuah persoalan tidak mungkin kita dapat berjalan sendiri.

  4. Membangun relasi. Yang dilakukan Ben kepada para pengguna Pinterest, ia tidak ragu untuk menghubungi mereka untuk meminta suatu masukan dan bertukar pikiran.

  5. Jadilah pemimpin! Ben mampu mengenali suatu potensi dan menempatkan seseorang pada divisi yang tepat.

PENGHARGAAN


  • Peoples Voice or Best Functioning Visual Design (2017)

QUOTES


“ We would always try to remind people like where we wanted to go someday. It’s really when you first join to drop someone into a problem. ” - Ben Silbermann

SUMBER


Ben Silbermann adalah salah satu dari 12 pengusaha terkaya di Amerika dan menempati posisi ke-12 menurut Forbes pada tahun 2016 dengan total kekayaan mencapai lebih dari USD 1,5 M. Ben Silbermann adalah co-founder dan CEO dari Pinterest Inc. Ia lahir di Amerika tahun 1982. Dibesarkan di daerah Des Moines. Sejak kecil, Ben sangat gemar mengumpulkan berbagai benda koleksi seperti perangko dan serangga. Kegemarannya mengoleksi beragam benda rupanya turut menginspirasi Ben untuk menciptakan Pinterest, media sosial yang memungkinkan kita mengoleksi beragam posting favorit dari aneka sumber.

Ben menamatkan pendidikannya di Research Science Institute di Yale pada tahun 2003. Setelah lulus dari perguruan tinggi, Ben bekerja sebagai konsultan di Washington D.C. Sejak berprofesi sebagai konsultan, Ben Silbermann mulai akrab dengan berbagai informasi dari blog teknologi. Secara teratur, Ben mulai sering mengikuti perkembangan dunia internet dan teknologi yang kemudian membesarkan namanya. Hal tersebut kemudian membuatnya merasa harus bekerja di sebuah perusahaan teknologi yang besar, seperti Google. Di Google, Ben menangani tim online advertising. Ia banyak merancang produk-produk online seperti display iklan dan berbagai hal lainnya. Melalui Google, Ben memiliki kesempatan untuk berkarir sekaligus mempelajari banyak hal seputar perkembangan teknologi. Walaupun belum banyak mengetahui hal-hal teknis seputar produk teknologi, namun Ben sudah mulai memikirkan produk besutannya sendiri saat masih bekerja di Google.

Cita-cita untuk menghasilkan produk teknologinya secara mandiri membuat Ben memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di Google. Ben kemudian menghubungi teman kuliahnya, Paul Sciarra untuk bekerjasama mewujudkan ide mengenai produk teknologi. Saat berupaya untuk membuat aplikasi iPhone bernama Pinterest, Ben dan Paul sempat menguras isi tabungan untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Awalnya, Pinterest tak sesukses yang kita bayangkan. Dalam kurun waktu 9 bulan sejak diluncurkan, Pinterest hanya memiliki kurang dari 10.000 pengguna. Bahkan banyak diantara pengguna tersebut yang tidak membuka akun Pinterest-nya setiap hari. Bahkan Ben sempat memutuskan untuk menghubungi 5.000 pengguna Pinterest secara personal agar bisa membuat evaluasi produk secara lebih matang.

Meski belum bisa meraih kesuksesan di awal berdirinya Pinterest, namun hal tersebut tak membuat Ben dan Paul berputus asa. Lambat laun aplikasi media sosial tersebut mulai berkembang dan menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pada periode Juni 2011, Pinterest mulai banyak dibicarakan orang hingga kisah Ben dan pembuatan Pinterest tampil di blog teknologi yang biasa disimak oleh Ben. Keputusan untuk menyandingkan konsep board serta pin pengingat dengan media sosial ternyata membawa keberhasilan bagi sosok seorang Ben Silbermann. Kini Pinterest sudah memiliki 20 juta pengguna dengan jumlah yang terus bertambah setiap harinya.

Hal yang mengispirasi saya dari seorang Ben Silbermann adalah mampu membuat aplikasi dari kegemarannya dan bisa menyalurkan kegemaran orang lain juga dalam mengoleksi sesuatu. Ia juga orang yang pantang menyerah, bisa dilihat dari usahanya untuk menghubungi 5.000 pengguna pinterest secara personal untuk membuat evaluasi dari produknya agar produknya bisa lebih baik lagi dan bisa menarik banyak pengguna sehingga yang awalnya hanya memiliki 5.000 pengguna sekarang sudah memiliki 20 juta pengguna dengan jumlah yang terus bertambah.

Quotes:

What you collect says so much about who you are.
Apa yang sudah kamu dapatkan dan kamu kumpulkan berbicara banyak tentang siapa kamu sebenarnya

I always just want to move along to the next step.
Saya selalu ingin berpindah ke langkah selanjutnya

Sumber :

finansialku ; https://www.finansialku.com/kisah-sukses-ben-silbermann-pendiri-pinterest/
maxmanroe ; https://www.maxmanroe.com/ben-silbermann-pemuda-yang-sukses-co-founder-pinterest.html
maykohanz ; http://www.maykohanz.com/2017/04/03/kisah-sukses-perintis-media-sosial-pinterest-ben-silbermann/
brainlyquote ; https://www.brainyquote.com/quotes/authors/b/ben_silbermann.html

Ben Silbermann adalah seorang entrepeneur Amerika lahir pada tahun 1982 merupakan pendiri Pinterest.

Perjuangan Mencapai Kesuksesan
Ben mengenyam pendidikan di Yale University dengan jurusan political science. Seusai menamatkan kuliahnya, Ben bekerja sebagai konsultan di Washington D.C. Hingga akhirnya ia bekerja mengurus tim periklanan online di Google. Pada saat itu pula ia terinspirasi untuk memulai startup nya sendiri.

Bersama dengan Paul Sciarra, teman kuliahnya, mereka berusaha untuk merealisasikan idenya. Mereka membiayai bisnis tersebut dari kantong mereka sendiri, namun bisnis tersebut tidak bisa mencapai kesuksesan. Melewati 9 bulan, Pinterest tidak mampu mencapai 10.000 pengguna. Ben akhirnya memutuskan untuk menghubungi 5.000 penggunanya secara personal untuk mendapatkan feedback.

Dengan segala feedback yang ia terima, ia berusaha untuk memperbaiki aplikasinya. Hingga akhirnya pada Juni 2011, Pinterest mulai banyak diperbincangkan dan diliput banyak media. Dengan konsep board dan pin pengingat yang memudahkan penggunanya. Saat ini pinterest memiliki lebih dari 20 juta pengguna dan masih terus bertambah.

Quotes
"If Google teaches you anything, it’s that small ideas can be big."

Sikap untuk sukses

  1. Pantang menyerah
    Walaupun saat pertama kali meluncur Pinterest tidak sesukses harapan, Ben tetap tidak menyerah untuk melakukan perbaikan

  2. Menerima saran
    Saat aplikasinya tidak mencapai pengguna yang ia inginkan, hal yang Ben lakukan adalah mencari saran dari penggunanya. Dia mau menghubungi para penggunanya dan mencari apa letak kekurangan aplikasinya

  3. Memperbaiki diri
    Setelah mendapatkan berbagai saran, ia akhirnya bisa memperbaiki aplikasinya dan akhirnya ia dapat menyajikan aplikasi sesuai dengan apa yang diinginkan penggunanya dan akhirnya semakin dikenal dan mencapai kesuksesan.

Sumber: