Bahaya dan efek samping melakukan Facial Wajah

Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih merupakan idaman bagi setiap orang. Sebab hingga saat ini kulit yang bersih dan bebas jerawat merupakan salah satu kriteria wanita cantik. Maka jangan heran jika para wanita akan melakukan apa saja untuk mendapatkan hal tersebut. salah satunya yaitu dengan facial wajah

  1. Ruam kemerahan
    Ruam kemerahan merupakan efek samping facial paling umum yang sering terjadi seusai wajah mendapatkan facial. Hal ini terjadi akibat karena aktivitas pengelupasan dan pencabutan komedo dari kulit wajah Anda. Aktivitas tersebut juga bisa menjadikan kulit wajah jadi berwarna tidak rata.

  2. Jerawat
    Jerawat sering kali timbul karena adanya bakteri. Peralatan yang dipanaskan dan tidak tersterilisasi dengan cukup baik bisa menjadi wadah yang sesuai bagi bakteri untuk hidup. Hal tersebut juga bisa didukung dengan terbukanya pori-pori selama facial sehingga memberi jalan masuk bagi bakteri.

Efek samping facial ini dapat Anda kurangi, dengan meminta petugas yang melayani Anda untuk tidak menggunakan peralatan apapun selama perawatan. Atau Anda juga dapat memastikannya sendiri, sebelum perawatan dilakukan, apakah peralatan yang digunakan sudah dibersihkan dan disterilisasi.

  1. Luka
    Ketika petugas menggunakan jarinya atau alat untuk mencabut kotoran dari pori-pori wajah Anda, permukaan kulit wajah Anda tentu akan berisiko mengalami kerusakan. Kondisi tersebut akan semakin parah bila petugas tersebut mencabutnya dengan terlalu bersemangat, hingga akhirnya menyebabkan sayatan bahkan luka. Terlebih bila petugas tersebut belum berpengalaman ataupun tidak mendapatkan pelatihan yang cukup. Penggunaan sarung tangan mungkin dapat membantu mengurangi risiko efek samping facial ini.

  2. Kulit kering
    Petugas mungkin akan mengelupasi permukaan kulit wajah Anda guna menampilkan kulit wajah yang lebih segar. Namun justru dapat mengurangi kelembapan alami dan keseimbangan pH kulit. Proses pengelupasan yang kasar dapat membuat kulit Anda kering dan terasa gatal.
    Anda disarankan untuk menggunakan pelembap tak beraroma, beberapa hari setelahnya, guna mengatasi efek samping facial tersebut. Sebaiknya juga hindari paparan sinar matahari, karena cahaya UV-nya justru akan memperburuk kondisi kulit wajah yang kering.

  3. Iritasi
    Iritasi bisa jadi disebabkan oleh penggunaan ramuan dan krim yang mengandung bahan kimia berkonsentrasi tinggi yang digunakan selama facial. Bahan kimia tersebut bisa saja berbahaya, terlebih bila kulit wajah Anda sensitif. Anda disarankan untuk tidak menggunakan makeup atau produk apapun pada kulit wajah Anda selama 2 hingga beberapa hari ke depan. Hal ini dapat memberi waktu bagi kulit wajah Anda untuk sembuh dari efek samping facial ini.

Sumber: