Bagimana cara mengatasi gugup dalam public speaking?

hipwee-Public-Speaking
Sumber Gambar : https://www.hipwee.com/

Sering kali kita merasakan gugup saat melakukan public speaking seperti mengisi acara, menjadi pemandu acara, presentasi dan aktivitas lainnya. Gugup memang tidak bisa dihindari, bahkan orang-orang yang sudah sering melakukan public speaking pun kerap mengalami gugup tersebut. Perasaan gugup ini sering kali membuat banyak orang merasa ketakutan untuk melakukan public speaking. Tidak jarang ketakutan itu berkembang menjadi suatu kepanikan yang luar biasa hingga akhirnya public speaking yang dilakukan tidak terlaksana dengan baik.

Nah, apakah teman-teman di sini memiliki tips atau cara dalam mengatasi gugup dalam public speaking?

1 Like

Saya dulu merupakan seseorang yang sangat takut dan malu apabila disuruh untuk berbicara didepan orang banyak. Namun pada tahun kedua saya kuliah saya merasa mulai percaya diri dalam melakukan public speaking, hal ini dikarenakan saya sering mengikuti kegiatan kepanitiaan, organisasi dan lomba. Ketiga kegiatan ini sangat penting untuk menambah jam terbang kita dalam mengasah public speaking kita. Public speaking bukanlah skill bawaan dari lahir, namun skill yang perlu untuk terus-terusan diasah. Berikut merupakan beberapa tips agar tidak gugup dalam melakukan public speaking yang berasal dari website Tips Biar Nggak Grogi Ngomong Di Depan Umum. Kuncinya Satu: Rileks Aja Dulu! – Himpunan Mahasiswa Marketing Communication

  1. Bikin tubuhmu rileks.
  2. Lakukan persiapan yang matang.
  3. Berlatih secara rutin.
  4. Gunakan alat bantu.
  5. Hindari berbicara terlalu cepat

Semoga membantu

PERSIAPAN YANG BAIK. bagi saya itu adalah inti dari lancar melakukan public speaking selain beberapa aspek minor seperti mengatur nafas, minum air putih, menenangkan diri dsb. Diperlukan persiapan dalam melakukan public speaking terutama dalam segi materi seperti menulis script. Diperlukan jugalatihan agar tentunya kita lebih siap kedepannya. Biasakan diri kita untuk berbicara dengan cermin akan topik yang akan kita bahas agar dapat memberikan yang terbaik dalam presentasi kita.

Melakukan public speaking memang sulit bagi pemula bahkan yang sudah terbiasa saja masih sering mengalami kesulitan, karena kita harus memberikan performa yang baik di mata publik. Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa pesan tersampaikan dengan baik dan membuat audience merasa puas. Menurut ku langkah pertama yang dilakukan adalah berpikir positif, berfikir bahwa kita bisa melakukan hal tersebut dengan baik dan lancar karena sudah mempersiapkan persiapan yang matang dari segi materi dan pembawaan materi nya sisanya lakukan hal-hal yang membuat diri kita rileks.