Bagimana bintang laut yang bisa hidup di aquarium?

Bintang laut dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan sebutan starfish (ikan bintang), walau hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan.

• Fromia milleporella ( Bintang Laut Merah)
Nah keberadaan bintang laut merah ini sebenarnya adalah salah satu bintang laut yang bertahan paling lama sejak aquarium air laut saya dirikan di rumah. Awalnya saya beli dua ekor, namun yang bertahan hanya satu. Tampaknya kena penyakit, sehingga terbelah.

• Fromia monilis (Bintang Laut Marble)
Nah kalau bintang laut yang ini warnanya lebih cantik dibandingkan dengan bintang laut merah suka dibilang juga sebagai bintang laut batik. Jadi dibadannya ada coraknya seperti itu. Sifatnya sih 11-12 dengan bintang laut merah. Untuk harga sih lebih mahal daripada bintang laut merah, sekitar 20rban, mungkin karena coraknya yang menarik, dan tentu saja bintang laut jenis ini jarang jarang adanya dipasaran alias musiman.

• Astropecten polycanthus (Bintang Laut Pasir)
Nah satu lagi bintang laut yang tinggal di aquarium saya adalah bintang laut pasir. Warnanya putih dan tidak semenarik bintang laut lainnya. Bintang laut ini lincah bergerak ngacak ngacak pasir. Makanannya detritus, alias kotoran dari hewan hewan lainnya, dan juga sisa sisa makanan Bintang laut ini agak susah nempel dikaca dan karang, tapi ya bisa sih, mungkin karena desain badannya yang memang di desain untuk bergerak di pasir. Karena itulah saat naik ke kaca suka jatuh kalau sudah mulai tinggi.