Bagiamana cara menangani susah tidur akibat stres atau depresi?

dampak-depresi-bagi-tubuh-yang-harus-diwaspadai

Seperti yang kita tahu stres dan depresi itu sangat menggangu pikiran kita. Kita menjadi takut, tidak tenang, bahkan sulit untuk tidur. Kalau menurut Youdics bagaimana cara mengatasi susah tidur akibat stres atau depresi? Yuk sharing tips nya disini!

Dari sumber yang saya baca, sebenarnya ada banyak tips menenangkan diri dari banyak pikiran yang bisa kita lakukan agar tidur nyenyak. Di antaranya adalah dengan berdoa, meditasi, atau melakukan peregangan ringan yang membuat nyaman.
Selain itu, ada juga beberapa tips lainnya yang dapat membantu tidur nyenyak, antara lain

  • Upayakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.
  • Batasi waktu tidur siang.
  • Hentikan konsumsi kafein dan rokok beberapa jam sebelum tidur.
  • Perbanyak buah dan sayuran, serta hindari gula berlebih.
  • Berolahraga secara teratur, misalnya dengan lari sore.
  • Buat tempat tidur senyaman mungkin. Sesuaikan suhu ruang, lampu, dan banyak hal-hal lain yang dapat membuat tidur nyenyak

Satu hal lagi yang penting untuk dilakukan agar bisa tidur nyenyak adalah dengan menerapkan sleep hygiene. Salah satu caranya dengan mematikan semua elektronik yang ada di kamar, baik itu ponsel, laptop, maupun televisi. Mematikan lampu kamar terkadang juga ikut membantu kenyamanan tidur kita.

Summary

Jangan Sampai Banyak Pikiran Membuat Susah Tidur - Alodokter

1 Like

Aku sendiri beberapa kali mengalami hal itu, tapi tidak sering adapaun tadi aku sempat membaca tips untuk mengatasi susah tidur akibat stress ada beberapa tipsnya di link berikut ni ya!

Cara Mengatasi Susah Tidur

Semoga bermanfaat!

1 Like

Ada hari-hari dimana kita tetap sulit terlelap, padahal kita sudah lebih dari sejam berbaring di tempat tidur. Penyebab tersering adalah karena terlalu banyak pikiran. Ini merupakan “penyakit” orang modern yang dibebani oleh beragam persoalan, baik di rumah atau di tempat kerja.
Maka dari itu, mari kenali berbagai cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran.

  1. Tenangkan diri sebelum tidur
  2. Jangan malu untuk curhat
  3. Carilah distraksi/pengalihan
  4. Belajar untuk memaafkan diri sendiri
1 Like

Minimnya jam tidur akibat banyak pikiran tidak boleh dibiarkan karena bisa merusak kesehatan kita. Sebuah studi membuktikan, kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko mati muda. Maka dari itu, mari kenali berbagai cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran atau stress.

  • Mengatur jadwal tidur secara bertahap.
  • Menenangkan diri dan menciptakan suasana yang nyaman.
  • Menghindari beragam gangguan seperti gadget atau televisi.
  • Membatasi atau menghindari konsumsi zat yang memicu stress dan susah tidur (teh, kopi, soda atau merokok)
  • Melakukan olahraga secara rutin.

Selain itu, tak ada salahnya untuk menyimpan sebuah jurnal pribadi guna mencatat kebiasaan tidur kita, termasuk apa saja yang terasa mengganggu. Hal ini akan membantu kita dalam menemukan penanganan yang tepat untuk mengatasi gangguan tidur yang kita alami.

https://hellosehat.com/pola-tidur/insomnia/cara-mengatasi-susah-tidur/

1 Like

Ada beberapa tips lainnya yang dapat membantu Anda tidur nyenyak, antara lain :

  • Upayakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.
  • Batasi waktu tidur siang.
  • Hentikan konsumsi kafein dan rokok beberapa jam sebelum tidur.
  • Perbanyak buah dan sayuran, serta hindari gula berlebih.
  • Berolahraga secara teratur, misalnya dengan lari sore.
  • Buat tempat tidur senyaman mungkin. Sesuaikan suhu ruang, lampu, dan banyak hal-hal lain yang dapat membuat tidur nyenya

Satu hal lagi yang penting Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak adalah dengan menerapkan sleep hygiene. Salah satu caranya dengan mematikan semua elektronik yang ada di kamar Anda, baik itu ponsel, laptop, maupun televisi. Mematikan lampu kamar terkadang juga ikut membantu kenyamanan tidur Anda.

Tips Menangani Susah Tidur

1 Like

Menurut saya stress atau depresi yang tidak bisa membuat seseorang sulit tidur itu berbeda-beda. Stress atau depresi ini bisa terjadi karena 2 hal, karena hal eksternal dan internal. Stress dan depresi yang kita alami eksternal ini diakibatkan oleh ulah orang lain kepada kita yang akhirnya membuat kita stress atau depresi, contohnya habis diputuskan pacar.

Kalau yang internal ini stress dan depresi yang diakibatkan oleh stigma-stigma pikiran kita sendiri, yang mungkin kita tidak curahkan, akhirnya kita merasa kesal atau menyesal sendiri. Contohnya kita ingin keluar dari pekerjaan kita, karena habis di marahin bos, padahal sebenarnya bosnya hanya ingin memberikan masukan, stigma kita yang menerimanya berbeda.

Kalau stress dan depresi karena eksternal mungkin kita bisa menyadari bahwa semua hal tidak bisa kita kontrol, yang bisa kita kontrol hanya tindakan dan pikiran saja, jadi santai saja, mungkin dengan begitu tidur kita bisa nyenyak. Kemudia jika stress dan depresi karena internal mungkin kita bisa ubah dengan do the best for your self, setidaknya untuk hari ini, karena sepengalaman saya dengan do the best itu membuat pikiran saya lebih tenang dan tidur bisa nyenyak, karena sepertinya tidak ada yang perlu dimasalahkan karena hari ini kita sudah melakukan the best untuk diri sendiri.

Summary
1 Like

Ada banyak tips yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Namun, mayoritas mengarahkan kita untuk:

  • Relaksasi Otot
    Ketika sedang stres, kebanyakan orang tidak menyadari kalau otot-otot tubuhnya menjadi tegang. Melakukan relaksasi dapat merilekskan otot dan pikiran sehingga stres berkurang dan kita jadi lebih mudah merasa ngantuk.

  • Menulis Jurnal
    Luangkan waktu untuk menulis jurnal, bisa sesaat sebelum tidur maupun ketika kita terbangun di malam hari. Luapkan segala hal yang memenuhi kepala. Pada dasarnya, menulis jurnal sama saja dengan menceritakan beban pikiran kita, hanya saja medianya berupa tulisan. Menulis jurnal diyakini mampu mengalirkan emosi negatif yang bersarang di kepala kita sehingga stres dapat berkurang.

  • Mandi
    Air diyakini mampu menenangkan kondisi psikologis seseorang. Selain itu, biasanya ketika kita mandi setelah lelah beraktivitas, tubuh kita menjadi lelah dan mudah mengantuk.

Referensi:

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-2075321/susah-tidur-karena-stres-bisa-ditaklukkan-6-cara-ini
https://gaya.tempo.co/read/1492383/jaga-imunitas-tubuh-dengan-tidur-pukul-23-00-05-00

1 Like

Berikut beberapa refensi cara untuk mengatasi susah tidur akibat stress yang berlebih, semoga bermanfaat dan membantu!

1. Usahakan memiliki waktu tidur yang baik

Beberapa orang mengatakan bahwa mereka mencoba tidur lebih awal sekitar jam 7-8 malam. Namun sayangnya, mereka hanya berbaring dan tetap sulit memejamkan mata.Sebagai alternatifnya, Anda hanya perlu mengatur jadwal tidur saat benar-benar mengantuk. Jika Anda biasanya baru mengantuk pukul 9 malam, maka jangan sudah bersiap tidur dari pukul 7 malam. Cobalah untuk bersiap-siap tidur, saat Anda sudah benar-benar mengantuk. Dengan begitu, lama-kelamaan tubuh akan mendapatkan sinyal untuk terlelap di tempat tidur tepat waktu.

2. Tidak tidur di sofa

Apakah Anda cenderung lebih mudah terlelap saat duduk di sofa? Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tidur ini dengan melatih tubuh agar terbiasa tidur di tempat tidur. Anda juga bisa berolahraga ringan sebelum tidur. Semakin Anda aktif, maka semakin nyenyak tidur malam Anda.

3. Latihan pernapasan dengan teknik 4-7-8

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan relaksasi, agar tubuh dan pikiran lebih santai. Coba latihan pernapasan di bawah ini sebagai langkah agar Anda tidak lagi kesulitan untuk tidur:

  • Tarik napas melalui hidung dalam hitungan 1-4
  • Tahan napas Anda selama tujuh hitungan
  • Lalu embuskan melalui mulut pada hitungan kedelapan
  • Ulangi sebanyak tiga kali

Selain itu, catat di kertas tentang hal-hal yang Anda pikirkan. Misalnya, agenda kegiatan yang harus dilakukan besok atau tugas-tugas yang belum terselesaikan.

4. Tinggalkan kamar tidur sejenak

Sering terbangun di malam hari dan tidak dapat tidur lagi? Tidak perlu memaksakan diri. Bangunlah dan pindah ke ruangan lain. Anda bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan sampai Anda merasa sudah siap untuk kembali tidur. Sebagai contoh, Anda bisa menikmati sepotong biskuit atau buah. Namun, jangan makan terlalu kenyang.

5. Buat suasana kamar menjadi nyaman

Kamar yang terlalu terang, bising, dan terlalu panas atau dingin bisa membuat Anda jadi susah tidur. Sehingga, cara mengatasi susah tidur yang efeketif adalah dengan mengubah suasana kamar tidur.Saat sudah memasuki jam tidur, jangan nyalakan penerangan berlebihan di kamar. Buat suasana menjadi lebih gelap, tenang, dan sejuk. Selain itu, pilih bantal kasur yang nyaman untuk mendukung Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

6. Batasi penggunaan gadget di malam hari

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah jangan melakukan aktivitas yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone , menonton TV, atau bermain game di tablet. Ingat, blue light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan sulit tidur.

7. Berolahraga secara teratur

Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur seperti berenang dan jalan kaki bisa mengurangi tekanan yang menumpuk akibat pekerjaan maupun masalah lain yang sedang dialami. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih cepat tertidur.Namun, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat. Sebab, latihan kelewat berat justru akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

8. Mendengarkan musik yang membuat rileks

Mendengarkan musik yang rileks tidak hanya akan membuat Anda lebih cepat terlelap, namun juga akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Bahkan, metode ini juga dapat digunakan untuk meredakan gangguan tidur kronis seperti insomnia.Anda bisa mencoba cara ini dengan mulai menyetel musik 45 menit sebelum waktunya tidur. Anda dapat memilih jenis musik yang bisa membantu untuk tidur yang saat ini sudah banyak tersedia di aplikasi streaming musik.

Summary

10 Cara Mengatasi Susah Tidur secara Alami dan Obat yang Direkomendasikan

1 Like

Menurut saya cara dalam mengatasi banyaknya pikiran atau stres adalah mencari tahu penyebabnya. Perhatikan kondisi atau kegiatan apa yang kemungkinan jadi penyebabnya. Misal masalah keuangan, masalah keluarga, atau masalah cinta, itu dapat menyebabkan susah tidur, bahkan dalam jangka panjang. Sebaiknya lepaskan rasa khawatir setiap kali akan pergi tidur. Jika memang perlu memikirkan atau merencanakan sesuatu, lakukan setelah waktu tidur. Hal ini diharapkan mampu meminimalkan rasa khawatir dari banyak pikiran sebelum tidur.

Summary

Jangan Sampai Banyak Pikiran Membuat Susah Tidur - Alodokter

Tidur sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan, insomnia dapat memengaruhi hidup Anda dalam banyak hal. Kurang tidur dapat membuat Anda merasa lebih lambat secara mental dan lebih emosional, yang dapat memperburuk pengalaman stres Anda. Berikut beberapa cara menangani susah tidur akibat stres:

1. Relaksasi Otot Progresif
Ketegangan di tubuh Anda bisa membuat Anda sulit tidur. Sementara orang sering bahkan tidak menyadari ketika mereka stres tentang sesuatu, tubuh mereka merasakan stres, dan sebagai hasilnya tegang. Relaksasi otot progresif telah menjadi pengobatan berbasis bukti yang diterima untuk insomnia selama dua puluh tahun.

2. Membuat jurnal
Jika Anda terbangun di malam hari karena tidak dapat berhenti memikirkan sesuatu yang menyebabkan stres di siang hari, membuat jurnal bisa menjadi teknik yang efektif untuk Anda. Menulis jurnal dapat membawa beberapa manfaat kesehatan dan manajemen stres. Dalam konteks ini, membuat jurnal dapat membantu Anda menjernihkan pikiran, memproses emosi yang kuat yang menyebabkan Anda kurang tidur, dan bertukar pikiran serta menyusun rencana yang dapat membantu Anda mengelola situasi yang menyebabkan Anda stres.

3. Atasi Stres Anda
Jika Anda kurang tidur karena kecemasan, Anda mungkin bisa rileks dan tidur lebih nyenyak dengan perubahan perspektif. Kecemasan, termasuk jenis yang membuat Anda terjaga di malam hari, sering kali merupakan respons alami terhadap situasi yang memerlukan tindakan. Memandang situasi Anda sebagai tantangan yang harus dihadapi, bukan sebagai ancaman, dapat membantu Anda masuk ke mode pengambilan keputusan yang aktif daripada tetap dalam keadaan cemas dan pasif.

4. Hilangkan Tekanan dari Tidur
Seperti yang telah disebutkan, ketika kurang tidur menjadi kejadian biasa, waktu tidur itu sendiri bisa menjadi stres. Jika Anda sudah mencapai titik ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres insomnia.

Pertama, jika Anda sulit tidur, Anda mungkin ingin bangun dan melakukan sesuatu setelah beberapa menit, ketika Anda yakin bahwa tidur masih lama. (Ini membantu mengurangi tekanan menonton jam selama berjam-jam, dan dapat membantu Anda merasa lebih mengontrol waktu saat Anda terlibat dalam aktivitas lain.)

Sebaiknya gunakan juga kamar tidur Anda terutama untuk tidur sehingga Anda mengasosiasikan tempat tidur dan kamar tidur Anda dengan tidur dan bukan stres. Pikirkan bangun dan membaca buku, menyelesaikan pekerjaan di sekitar rumah, dan melakukan aktivitas lain yang tidak terlalu merangsang yang dapat membantu menumbuhkan tidur saat Anda siap. Selain itu, hindari kafein pada sore dan malam hari.

5. Jangan Lakukan Sendiri
Banyak orang yang menderita insomnia tidak mencari pertolongan. Hal ini sangat disayangkan karena beberapa intervensi dapat membantu mengatasi insomnia, termasuk terapi perilaku kognitif dan pengobatan, dan dapat membantu Anda menangani insomnia terkait stres. Jika Anda mengalami insomnia yang terus-menerus, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang pilihan Anda.

Sumber

https://cantik.tempo.co/read/1403179/5-cara-mengatasi-susah-tidur-terkait-stres-relaksasi-hingga-buat-jurnal

Jaman sekarang banyak sekali orang yang merasa susah tidur, termasuk diri kita sendiri pastinya. Penyebab umum terjadinya gangguan tidur atau susah tidur ini memang adalah stres yang membuat kita menjadi banyak berpikir sebelum tidur atau biasanya disebut overthinking.

Memang sangatlah tidak enak saat kita terlalu banyak berpikir sebelum tidur. Hal yang biasa aku lakukan agar tidak stres atau overthinking saat sebelum tidur yaitu dengan mendengarkan lagu favorit aku atau lagu instrumental yang bisa menenangkan pikiran. Aku biasanya juga membaca pesan motivasi di internet yang dapat menenangkan pikiran aku dan sebisanya sebelum tidur aku tidak membuka sosial media, karena biasanya awal mula overthinking aku jika aku terlalu lama bermain sosial media saat sebelum tidur.

Sebagai orang yang mengalami ini setiap malam, aku sangat merekomendasikan untuk segera cari bantuan dari profesional. Jika gejala tersebut terus mengganggu setiap harinya maka kita butuh bantuan yang lebih lanjut karena tentunya kesehatan mental dan fisik kita terganggu. Namun, kita bisa melakukan hal sederhana yang dimulai dari diri kita sendiri untuk mengatasi sulit tidur.

  1. Pastikan kamar tidur kita tenang, gelap, dan sejuk. Kebisingan, cahaya, suhu, atau kasur / bantal yang tidak nyaman dapat mengganggu tidur. Kita bisa menggunakan penyumbat telinga untuk menutupi kebisingan dari luar, jendela atau kipas angin yang terbuka agar ruangan tetap dingin, dan penutup mata untuk menghalangi cahaya.

  2. Tetapkan jadwal tidur yang teratur. Dukung jam biologis dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan. Bangunlah pada waktu yang biasa kita tetapkan di pagi hari meskipun kita lelah. Langkah ini akan membantu kita kembali ke ritme tidur yang teratur.

  3. Matikan semua layar setidaknya satu jam sebelum tidur. Layar elektronik memancarkan cahaya biru yang mengganggu produksi melatonin tubuh dan memerangi kantuk. Jadi, daripada menonton TV atau menghabiskan waktu di ponsel, tablet, atau komputer, pilih aktivitas santai lainnya, seperti membaca buku atau mendengarkan musik lembut.

  4. Hindari aktivitas yang merangsang dan situasi stres sebelum tidur. Hal tersebut memeriksa pesan di media sosial, diskusi atau berargumen dengan orang lain, atau mengejarkan pekerjaan. Tunda hal-hal tersebut sampai pagi.

  5. Hindari tidur siang. Tidur di siang hari bisa membuat kita lebih sulit tidur di malam hari. Jika Anda merasa harus tidur siang, batasi hingga 30 menit sebelum jam 3 sore.

  6. Olahraga yang teratur dan jangan minum minuman yang banyak mengandung kafein sebelum tidur.

Referensi

Robinson, dkk. (2021). Insomnia: Symptoms, Causes, and Treatment. Insomnia - HelpGuide.org