Bagaimanakah sinopsis film Anastasia?


Sutradara
Don Bluth, Gary Goldman
Penulis Skenario
Susan Gauthier, Bruce Graham
Bintang Film
Meg Ryan, John Cusack, Kelsey Grammer, Christopher Lloyd
Genre
Adventure, Animation, Drama

Film anastasia mengisahkan tentang sebuah kerajaan rusia yang terkenal dengan kemegahan dan kemewahan yang dimilikinya. Namun ternyata tidak semua orang suka dengan kehadiran kerajaan tersebut. Salah satunya adalah pria jahat nan licik bernama rasputin. Karena ternyata rasputin selalu merasa iri dengan kerajaan tersebut. Sehingga rasputin memiliki niat jahat untuk menghancurkan kerajaan tersebut.

Namun karena tidak bisa melakukannya seorang diri maka rasputin kemudian mulai mencari cara lain. Yaitu dia kemudian meminta pertolongan dari salah satu penyihir yang terkenal dengan kekuatan jahatnya. Penyihir tersebut kemudian memberikan tongkat sihir kepada rasputin. Dengan tongkat tersebut, rasputin kemudian mulai melakukan rencananya untuk menghancurkan kerajaan rusia.

Sihir yang dimiliki oleh tongkat tersebut kemudian mampu menghilangkan kerajaan rusia dan orang-orang yang berada di dalamnya. Untungnya, anastasia dan neneknya berhasil lolos dari sihir yang dilakukan oleh rasputin. Hal tersebut tidak lepas karena anastasia dan neneknya diselamatkan oleh seorang anak laki-laki. Namun dalam pelariannya, anastasia malah kehilangan kotak music yang diberikan oleh neneknya.

Kotak musik tersebut hanya bisa dibuka oleh kunci yang dimiliki oleh anastasia dan terikat di lehernya. Puncaknya adalah ketika anastasia dan neneknya ingin pergi menggunakan kereta api. Namun malangnya, anastasia malah tertinggal oleh kereta api tersebut. Sehingga anastasia terpisah dengan neneknya dan membuat mereka berdua tidak bisa bersama lagi.

Bertahun-tahun kemudian, anak laki-laki yang pernah menyelamatkan anastasia dan neneknya yaitu dimitri telah tumbuh dewasa. Selain itu, dimitri juga tengah mengadakan audisi untuk bisa menemukan anastasia. Namun sayangnya, dimitri tidak pernah menemukan anastasia yang asli. Hingga kemudian seorang wanita cantik bernama anya mengikuti audisi tersebut dan ternyata lolos.

Dimitri tidak tahu bahwa anya sebenarnya adalah anastasia asli yang selama ini ia cari-cari. Hal tersebut tidak lepas karena anya atau anastasia mengalami hilang ingatan. Sehingga dia tidak tahu identitas dirinya yang asli. Dimitri kemudian membawa anastasia untuk menemui neneknya. Dengan berjalannya waktu, anastasia mulai mengingat siapa dirinya sebenarnya. Namun bersamaan dengan itu, rasputin telah kembali dengan niat jahatnya.