Bagaimanakah sinopsis film 9?


Sutradara
Shane Acker
Penulis Skenario
Pamela Pettler, Shane Acker
Bintang Film
Christopher Plummer, Martin Landau, John C. Reilly, Crispin Glover
Genre
Action, Adventure, Animation

Sinopsis film 9 bercerita tentang 9 buah homunculus yang ditugaskan untuk menyelamatkan kehidupan di bumi. Dulu, seorang ilmuan (alam oppenheimer) ditugaskan oleh pemimpinnya yang seorang diktator (tom kane) untuk membuat sebuah mesin. Ilmuan tersebut membuat sebuah robot yang dapat berpikir dan dinamai b. R. A. I. N. Meskipun begitu, sang dictator mengubah b. R. A. I. N menjadi mesin perang yang dinamainya, fabrication machine. Mesin itu digunakan untuk menghancurkan semua musuhnya. Karena tidak mempunyai jiwa, fabrication machine memutuskan untuk memusnahkan semua makhluk hidup yang ada di bumi. Untuk mengatasi keributan ini, sang ilmuan menciptakan 9 homunculus yang diberi jiwa melalui sebuah jimat.

Beberapa waktu berlalu, boneka terakhir, 9 (elijah wood), terbangun di ruang kerja ilmuan. 9 berkelana keluar dan bertemu dengan 2 (martin landau), inventor yang memberinya kotak suara. Salah satu produksi fabrication machine, cat-beast, menyerang mereka berdua dan membawa 2 pergi, sedangkan 9 tidak sadarkan diri. 9 kemudian terbangun di sebuah katedral yang merupakan rumah dari homunculus yang lain, termasuk si pemimpin, 1 (christopher plummer) yang ditemani oleh pegawalnya yang berbadan besar, 8 (fred tatasciore), kemudian si ahli teknisi, 5 (john c. Reilly), dan homunculus yang memiliki emosi labil, 6 (crispin glover). 1 menduga jika 2 sudah mati, tetapi 9 memutuskan untuk menyelamatkan 2 dan pergi ke tempat cat-beast bersama 5. Dalam kelompok mereka, hanya 7 (jennifer connelly) satu-satunya homunculus wanita, yang muncul dan membunuh cat-beast.

7 membawa 9 dan 5 ke perpustakaan, ketika si kembar 3 dan 4 menunjukan 9 bagaimana awal mula dari fabrication machine. 5 menyadari bahwa simbol jimat 6 sama dengan simbol dari fabrication machine. 9 dan 5 kembali ke katedral untuk menyelidikinya, namun dihalangi oleh 1. Fabrication machine mulai membuat mesin baru, satu dari mereka adalah winged beast, yang menyerupai burung, menyerang katedral yang menyebabkan para homunculus harus bertarung, dan membuat 7 terluka.

Sementara, fabrication machine menggunakan mayat 2 sebagai umpan dari robot lain, seamstress. Seamstress menyerang perpustakaan dan menculik 7 dan 8, namun tubuh 2 dapat diselamatkan. Homunculus yang lain berusaha untuk menghancurkan fabrication machine. 9 pergi sendiri dan membunuh seamstress dan menyelamatkan 7, namun terlambat untuk menyelamatkan 8. Pabrik tersebut akhirnya hancur.

Seluruh homunculus merayakan kehancuran pabrik tersebut, tapi fabrication machine masih bertahan dan membunuh 5 dan 6. 9 mengikuti instruksi 6 untuk menemukan holograf yang mengandung pesan dari sang pencipta mereka. Ternyata, homunculus yang dibuat adalah bagian dari sang ilmuan, yang merupakan harapan bagi umat manusia. Jimat yang diberikan pada mereka dapat digunakan untuk melawan fabrication machine. Dengan mengetahui hal ini, 9 pun mengatur sebuah rencana, dan rencana itu berhasil. Jiwa para homunculus itu terbang ke angkasa, dan menjatuhkan hujan yang di dalamnya mengandung bakteri kecil yang menjadi harapan baru bagi kehidupan.