Bagaimanakah Masadepan Dunia Programming 25 Tahun yang Akan Datang?


(Jeremy Liam Wijaya) #1

Saat ini dunia Programming sudah sangat mutakhir dan cenderung mudah dipelajar oleh orang awam bahkan tanpa harus kuliah di Fakultas IT atau pendidikan IT.

Google sendiri telah mempersiapkan anak-anak dari jenjang pendidikan SD untuk belajar Programming. Hal ini mengisyaratkan bahwa dunia Programming sesungguhnya tidak terlalu sulit untuk dipelajar, asalkan memiliki kemauan dan tekun, bukan tidak mungkin seorang yang berprofesi sebagai kuli bangunan pun dapat menjadikan programming sebagai pekerjaan sambilannya.


Henry Jufri Kuli Panggul dan Developer Game

Hal ini telah dibuktikan oleh seorang kuli panggu bernama Henry Jufri, disela kesibukannya sebagai kuli panggu, dia merangkap sebagai seorang developer game untuk Androi dengan penghasilan 13 Juta per bulan. Pada akun pribadi Facebook Henry tampak ia pernah mengikuti Asian Brain, bahakan ia sempat diliput oleh KompasTV sekitar tahun 2014 lalu. Henry menyataka bahwa ia pernah berprofesi sebagai pedagang buku, hingga saat ini menjadi seorang buruh panggul. Meski sibuk bekerja, ia mengaku masih menyempatkan waktu 4-6 jam belajar membuat aplikasi dan game di sebuah komunitas Android Developer Makassar.

Dari cerita Jufri kita dapat menympulkan bahwa belajar progrmming untuk semua kalangan, dan semakin mudah dengan adanya teknologi yang semakin canggih.

Menurut Anda sebagai seorang Programmer dan berpendidikan Programming, bagaimana teknologi mengubah programming di 25 tahun yang akan datang? Bagikan jawaban dan Opini Anda.