Bagaimanakah manajemen organisasi yang dapat membangun loyalitas karyawan?

toolshero-models-tuckman-groupdevelopment

Perlakuan hormat pada karyawan adalah praktik manajemen organisasi yang efektif. Pemimpin yang menghargai karyawannya tentu akan mendapatkan rasa hormat dari karyawannya. Lalu bagaimana memanajemen organisasi agar membangun karyawan yang loyal pada perusahaan?

Karyawan yang baik tentu akan punya pengaruh besar bagi perusahaan. Namun tentu karyawan tidak akan selamanya di perusahaan, pengunduran diri dari karyawan adalah hal yang wajar. Namun hal tersebut dapat dihindari jika perusahaan menjaga loyalitas karyawannya. Faktor yang dapat menjaga loyalitas karyawan dijelaskan dalam beberapa hal berikut.

Berikan Gaji yang Sesuai
Sudah pasti karyawan bekerja untuk digaji. Tetapi jika karyawan merasa underpaid atau digaji kurang, tentunya mereka akan mencari kesempatan baru. Selalu pastikan untuk memberi gaji karyawan yang sepadan dengan keahlian, kinerja dan kegigihannya. Memang jika membayar gaji karyawan terlalu besar akan menambah pengeluaran perusahaan, namun jika karyawan pergi tentu akan menimbulkan kerugian yang semakin besar.

Hargai Usaha Karyawan
Jika karyawan melakukan kerja bagus, seringkali hanya sedikit atasan yang menghargai usaha mereka. Tentu saja seorang karyawan ingin dihargai atas usaha mereka. Sebuah kata “selamat” tidak akan menghabiskan dana perusahaan. Apresiasi sederhana kepada karyawan akan meningkatkan rasa percaya diri, dan dapat menambah motivasi karyawan untuk bekerja lebih baik di kemudian hari.

Memberikan Insentif kepada Karyawan Terbaik
Insentif yang diberikan ke karyawan terbaik akan menunjukkan bahwa atasan benar-benar menghargai mereka. Atasan dapat memberikan medali atau predikat karyawan terbaik setiap bulannya. Hal ini dapat membantu karyawan dalam memperkuat profil karir mereka dan juga membantu karyawan membangun prospek ke depan.

Mempromosikan Karyawan
Suatu perusahaan harus mempunyai manajemen yang baik untuk mengelola karyawannya. Manajer dan atasan harus peka dan telilti dalam menentukan waktu promosi jabatan karyawannya. Dengan dipromosikan pada waktu yang tepat, maka karyawan akan merasa bahwa mereka mendapat keuntungan dari usaha yang sudah mereka lakukan.

Referensi :