Bagaimanakah Kewajiban Seorang Penata Musik dalam Pertunjukan Teater?


Untuk menjadi seorang *** music director *** atau penata musik teater yang baik diperlukan berbagai aspek yang mencakup sisi musikal dan non-musikal dari sosok penata musik tersebut.

Bagaimanakah kewajiban seorang piñata musik dalam pertunjukan teater?

Kemampuan bermain instrumen musik yang memadai.

Sangat baik sekali apabila seorang penata musik teater dapat menguasai satu atau lebih instrumen musik. Sebab instrumen musik, disamping penulisan notasi, merupakan media bagi seorang musisi untuk memvisualisasikan segala bentuk ide-ide dasar musikal yang ada di dalam benak musisi tersebut. Semakin mahir seseorang memainkan intrumen musik, semakin luas kemungkinan ide-ide musikal yang akan dihasilkan.

Memahami berbagai jenis atau genre musik

Jenis musik pada umumnya berkaitan dengan suatu budaya atau tradisi dari daerah dan waktu tertentu. Hal ini sangat erat kaitannya dengan simbol tempat atau waktu yang terdapat di dalam suatu naskah teater. Dengan mengerti, memahami serta dapat memainkan berbagai jenis musik, baik musik modern maupun etnik, dapat memudahkan seorang penata musik untuk mengembangkan komposisi musik yang sesuai dengan naskah yang sedang digarapnya.

Kreatifitas

Setiap seniman dituntut untuk memiliki kreatifitas yang memadai untuk dapat menciptakan suatu karya yang baik. Sisi kreatifitas ini dapat dilatih dan dikembangkan seiring banyaknya pengalaman berkesenian yang telah dilakukan. Pada hakikatnya orisinalitas ide pada zaman sekarang ini bisa dikatakan tidak ada. Suatu karya seni akan mengacu pada hasil karya-karya yang telah ada sebelumnya. Akan tetapi sisi kreatifitas inilah yang dapat membuat seorang seniman mengembangkan suatu gagasan ide baru yang berangkat dari pengaruh karya-karya yang telah ada.