Bagaimanakah kebutuhan gizi bagi atlit Catur?

Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di berbagai ajang kejuaraan di berbagai tingkatan. Bagaimanakah kebutuhan gizi bagi atlit Catur ?

1 Like

Catur kompetitif tingkat tinggi dianggap sebagai olahraga yang menuntut, tidak hanya berbicara secara mental juga secara fisik. Pertandingan catur bisa memakan waktu lebih dari tujuh jam di bawah kondisi yang menekan bagi para pemain.

Investigasi yang dilakukan oleh Grandmaster Catur Internasional Jerman Helmut Pfleger, MD, et al. telah menunjukkan bahwa para pemain catur elit memiliki parameter fisiologis yang sebanding dalam berkompetisi dengan mereka yang berlatih olahraga seperti menembak, balap mobil, dan golf, akibatnya catur dapat diklasifikasikan sebagai kategori olahraga yang sama dengan catur yang sesuai dengan kriteria ini. Oleh karena itu, perlu melibatkan pelatihan fisik dan rencana nutrisi yang memadai.

Mengenai hasil penelitian yang dilakukan Baglione (2007) terhadap 72 Grandmaster Internasional aktif (17 perempuan dan 55 laki-laki, 18-55 tahun) dari 35 negara yang menjawab kuesioner email termasuk lima belas topik, Baglione memberikan beberapa rekomendasi praktis tentang kebiasaan sehat kepada pemain catur yang dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga juga.

  1. Pemain catur harus mencoba sarapan setiap hari

  2. Menghindari “makanan berat” atau makanan yang sulit dicerna sebelum permainan harus diadopsi sebagai kebiasaan reguler bagi pemain catur. Makanan “utama” terakhir sebelum pertandingan harus dikonsumsi setidaknya tiga jam sebelumnya. Jika seorang pemain ingin memakan sesuatu lebih dekat pada saat dimulainya kompetisi (satu atau dua jam sebelumnya) ia harus memilih di antara buah-buahan (yang utuh, salad buah atau jus, kismis), bar sereal, pretzel , kue, yogurt rendah lemak dengan buah atau sereal, minuman olahraga.

  3. Selama pertandingan, disarankan untuk menelan cairan dan jika pemain catur menginginkannya (atau saat permainan menjadi panjang), makanan padat. Air mineral, jus buah, teh, kopi, minuman olahraga, sereal, buah-buahan, kismis, buah-buahan kering (almond, mis.), Cokelat, kue sereal, dapat dipilih. Dalam semua kasus, jumlah moderat harus diambil.

  4. Strategi terbaik untuk hidrasi adalah minum dalam jumlah kecil secara berkala, alih-alih dalam jumlah yang lebih besar dalam beberapa interval, dan menghindari rasa haus.

  5. Aktivitas fisik harus dianggap sebagai komponen penting dari pelatihan pemain catur. Penting untuk menghadiri tes klinis-kardiologis sebelum mulai melakukan jenis kegiatan ini dan program ini harus dirancang oleh dokter atau pelatih fisik.

Referensi

Chess and Nutrition – how to feed a chess grandmaster | ChessBase