Bagaimanakah kaitannya antara kualitas lingkungan dengan kualitas hidup?

Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia serta mempengaruhi kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagaimanakah kaitannya antara kualitas lingkungan dengan kualitas hidup?

Manusia sebagaimana makhluk lainnya memiliki keterkaitan dan ketergantungan terhadap lingkungannya. Manusia tidak akan pernah bisa hidup tanpa adanya dukungan dari lingkungannya. Relasi manusia dan lingkungan merupakan hubungan yang saling timbal balik karena manusia hidup di alam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya. Jadi, manusia butuh alam untuk kehidupannya dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya.

Pengelolaan lingkungan hidup yang baikdapat meningkatkan mutu kehidupan manusia, apalagi dengan melakukan pengelolaan yang tidak merusak lingkungan pada masa-masa sekarang dan masa yang akan datang sangat diperlukan. Pemanfaatan sumberdaya alam harus bijaksana danberwawasan lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup rakyat sepanjang masa.