Bagaimanakah Cara Menggunakan Garam dengan Benar?

Berikut merupakan ilustrasi garam masakan images (2)

Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Endokrin dan Metabolik Diabetes Achmad Rudijanto mengungkapkan, kandungan iodium pada garam ternyata bisa hilang ketika dimasak.

“Ketika dimasak dengan suhu panas, garamnya terurai dan iodiumnya hilang,” ujar Rudi yang merupakan Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), beberapa waktu lalu.

Menurut Rudi, garam beriodium sebaiknya tidak dicampur saat proses memasak, tetapi ditambahkan saat mulai makan. Namun, tak perlu terlalu banyak, karena jika berlebihan justru bisa menyebabkan tubuh kelebihan hormon tiroid.

Konsumsi garam berlebihan juga bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang memicu penyakit stroke hingga jantung.

Kebutuhan iodium pun sebenarnya sangat sedikit, yaitu 150 mikrogram per hari untuk orang dewasa. Iodium juga sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah melahirkan anak yang memiliki hipotiroid kongenital.

Untuk ibu hamil dan menyusui, kebutuhan iodium per hari adalah 200 mikrogram. Selain garam, iodium juga bisa didapatkan dari makanan laut, seperti ikan.

Sumber:
http://lifestyle.kompas.com/read/2015/05/28/071500123/Cara.Benar.Konsumsi.Garam.agar.Iodium.Tidak.Hilang