Bagaimanakah cara melakukan review film yang baik?

Review film merupakan suatu ulasan yang biasayanya berisi plot cerita, kritik, dan masukan bagi pembaca yang ingin menonton film tersebut.

Tujuan dari reviw film adalah memberikan informasi kepada pembaca terkait film yang direview dan ide-ide termasuk fakta yang tersirat didalamnya. Review film dapat berisi fakta maupun opini sang penulis. Review film sendiri dapat digunakan sebagai peningkat daya tarik penonton. Review film harus sedetail mungkin yang mampu dibuat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat digunakan

  1. Tontonlah film yang akan direview bisa sekali ataupun berkali-kali, tetapi usahakan dua kali saja agar tidak memakan waktu. Tulislah event dan karakter mayor dan minor yang ada dalam film. Jangan pendam semua dalam memori otak yang dapat menimbulkan resiko lupa.
  2. Lakukan research. Jika menonton tidak memperoleh banyak hal, lakukanlah research mengenai detail film yang mencakup nama sutradara, motivasi pembuatan film, nama pemain, setting lokasi, dll.
  3. Mulailah lakukan analisis dari data yang diperoleh. Mulailah menemukan kelebihan dan kekurangan dengan cara melakukan evaluasi berdasarkan wawasan yang telah kita peroleh baik dari data maupun pengamatan setelah kita menonton.
  4. Buatlah draff kemudian jelaskan seidkit plot, kemudian masuk kepada kelemahan dan kelebihan film. Jelaskan kualitas secara baik tanpa terkesan menjatuhkan atau menyinggung sara. Tunjukan penilaian obyektif dengan data yang valid dan apabila subyektif jelaskan menggunakan bahasa yang tidak menyinggung. Berikan krititkan yang membangun dan saran bagi penonton.

Review film biasa dilakukan oleh reviewer maupun kritikus film. Dalam hal ini kita bisa menggunakan rotten tomatoes dan IMDB untuk melihat rating film yang ingin kita lihat apakah bagus atau tidak.