Bagaimana Trik Adaptasi Tren Warna Rambut?

Ada beberapa tren warna rambut yang hasil inspirasi selebriti yang diprediksi akan diminati banyak orang. Beberapa teknik pewarnaan rambut, seperti ombre juga diprediksi masih akan tetap digemari.

Michael Zimbalist, yang merupakan hairdresser yang pakar di bidang penataan dan pewarnaan rambut, mengatakan bahwa mewarnai rambut kini sudah jadi bagian gaya hidup. Warna-warna ekstrem, seperti hijau, biru, atau ungu, misalnya, memang jadi tantangan para colorist. Namun, untuk tren warna rambut 2016, Michael menyebut copper akan kembali diminati.

“Prediksi warna ini juga tidak asal pilih. Saya sesuaikan dengan gaya hidup masyarakat Indonesia, keseharian orang-orangnya, dan tentu saja dengan perkembangan dunia mode. Meski warna rambut, tetap saja tak boleh putus dengan kreasi desainer mode,” ujar hairdresser yang kerap menangani rambut desainer Lenny Agustin, Rebecca Reijman, hingga Menteri Susi Pudjiastuti.

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, apa yang membedakan warna untuk tren copper ini?
Yang beda adalah kreativitas dan desain dari colorist. Tren itu bukan hanya warna, tapi teknik juga. Copper adalah warna cokelat keoranyean. Untuk membuatnya menonjol, mainkan warna oranyenya dan gunakan teknik 3D agar teksturnya terlihat. Hasil pencampuran warna ini dan teknik yang digunakan akan menghasilkan warna yang berbeda juga.

Cara menyesuaikan warna yang sedang tren di luar negeri dengan warna kulit wanita Indonesia?
Ada aturan dasar yang harus diketahui semua colorist. Mirip dengan desainer mode, ada color chart yang membagi kategori warna menjadi warm dan cool. Colorist harus lihat warna cat rambut dan warna kulit. Aturan dasarnya adalah harus senada. Tak boleh warna rambut terang, seperti merah menyala, bertemu dengan warna kulit warm yang gelap.

Untuk mengakalinya, selipkan warna warm atau gradasi warna gelap sebagai penyeimbang. Warna dingin atau terang di kulit hangat digunakan sebagai aksen, namun tidak digunakan sebagai warna rambut yang lebih dominan. Lain cerita kalau tujuannya adalah untuk mode. Mau tabrak warna, silakan.

Untuk rambut warna abu-abu yang tricky, bagaimana mengakalinya agar kulit tak terlihat kusam?
Abu-abu adalah warna dingin. Untuk warna kulit wanita Indonesia yang warm, berikan warna dasar warm juga. Misalnya, warna ash yang merupakan warna kulit. Jika mau mengecat dengan warna abu-abu terang, hindari mengecat dengan satu warna. Berikan warna gelap di pangkal rambut sehingga menciptakan gradasi yang memberikan kesan alami. Tetap mau satu warna? Campurkan warna abu-abu tersebut dengan warna dasar gelap, seperti violet. Violet ini termasuk warna rambut yang masih akan bertahan lama. Salah satu alasannya karena warna biasa dipakai pada teknik ombre. Hasilnya alami.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/trik-adaptasi-tren-warna-rambut-2016/