Bagaimana Tips untuk menghilangkan obat smoothing pada rambut?

Smoothing merupakan solusi meluruskan dan melembutkan rambut yang termudah, tercepat, dan terbaik. Hal ini dikarenakan obat dan teknik pelurusan smoothing digadang-gadang lebih lembut daripada rebonding. Jika ada obat smoothing yang tersisa pada rambut, bagaimana cara menghilangkannya?

image

1. Kenali Masalah Rambut
Cara menghilangkan obat smoothing pada rambut yang pertama adalah dengan mengenali masalah rambut Anda terlebih dahulu. Setiap orang memiliki masalah rambut yang berbeda, apalagi setelah melakukan smoothing. Mungkin rambut Anda jadi lepek, jadi berminyak, atau justru jadi kering dan kusut. Tapi, rata-rata masalah rambut bisa diobati dengan cara yang sama, hanya obatnya saja yang berbeda. Bacaterus akan membahasnya lebih lanjut pada nomor-nomor di bawah.

2. Moisturizing Shampoo
Semua rambut, baik yang berminyak atau pun yang jadi kering setelah di-smoothing memerlukan shampo yang sama, yaitu shampo yang dapat melembabkan. Kandungan moisturizer alami dalam shampo dapat mengembalikan kelembaban dan kelembutan alami rambut Anda.

Keramas lah maksimal 2 hari sekali dengan moisturizing shampoo agar rambut Anda selalu bersih. Rambut yang bersih merupakan tahap awal sebelum memulai perawatan. Anda bisa menemukan list 10 shampo terbaik untuk rambut yang di-smoothing pada artikel ini.

3. Jangan Sering Keramas
Memang, keramas merupakan langkah awal dalam cara menghilangkan obat smoothing pada rambut. Tapi, Anda tidak boleh keramas setiap hari, apalagi dua kali sehari setiap kali Anda mandi.
Terlalu sering keramas akan menghilangkan minyak alami yang membuat rambut lembut. Berikan waktu pada rambut Anda untuk membuat minyak alami untuk melapisi rambut Anda, maksimal waktu untuk keramas adalah dua hari sekali.

4. Deep Conditioner
Setelah selesai keramas, jangan langsung mengeringkan rambut begitu saja. Cara menghilangkan obat smoothing pada rambut yang ke-3 adalah dengan menggunakan conditioner. Tapi, kalau bisa, pakai conditioner yang ada keterangan “deep conditioning“-nya.

Deep conditioner dapat bekerja lebih baik lagi dari pada kondisioner biasa. Anda tidak perlu terlalu sering menggunakan deep conditioner. Anda bisa menggunakannya seminggu sekali saja, dan diantaranya Anda gunakan kondisioner biasa. Anda bisa juga pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan deep conditioning.

Atau, apakah Anda ingin melakukan life hack? Mayonais yang biasa digunakan sebagai cocolan kentang goreng atau dressing salad ini bisa digunakan untuk deep conditioning rambut rusak Anda. Gunakan mayonais seperti masker rambut pada umumnya, biarkan selama 30 menit, lalu bilas rambut hingga bersih.

Sumber