Bagaimana tips perawatan burung cendet bondol ekor ?

burung

(amrta ageng subarkah) #1

Bagimana tips perawatan burung cendet bondol ekor?


(Aditya Reza Firdaus) #2

Berikut ini beberapa tips perawatan yang diharapkan mampu menumbuhkan kembali bulu ekor cendet yang hilang, sehingga dapat kembali tampil maksimal.

  • Mengamati kondisinya secara cermat. Hal ini bisa dilakukan dengan menangkap burung, lalu mengamati area kulitnya yang bondol. Jika ditemukan ada patahan bulu akibat bulu yang tercabut tidak sempurna, maka segera lakukan pencabutan dengan menggunakan pinset untuk hasil yang sempurna.

  • Periksa area sekitar kulit yang bondol, dengan tujuan agar proses pertumbuhan bulu ekor nantinnya berjalan lebih sempurna. Jika masih ada sisa-sisa pangkal / patahan bulu yang belum tercabut, tentu bulu baru tidak akan tumbuh sampai masa mabung tiba.

  • Setelah area pangkal ekor bondol sudah bersih, tahap selanjutnya adalah melakukan perawatan yang sesuai agar bulu-bulu barunya dapat tumbuh lebih cepat.

  • Untuk merangsang pertumbuhan bulu, Anda dapat memberikan multimineral dalam perawatan hariannya, misalnya menggunakan BirdMineral. Produk ini mengandung unsur-unsur penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu dan mengatasi beragam masalah seperti cabut bulu, kanibal, dan sebagainya.

  • Gunakanlah sangkar yang sesuai untuk cendet. Meski cendet bondol ekor, penggunaan sangkar yang terlalu luas tetap diperlukan untuk mempercepat proses pertumbuhan bulunya.

  • Sebaiknya cukup menggunakan satu tenggeran saja. Penggunaan satu tenggeran akan membuat cendet lebih aktif, sehingga dapat membakar lemak dan memaksimalkan proses pertumbuhan bulu baru.


(Calluella Mounira Abyaksa) #3

Cara mempercepat pertumbuhan ekor burung cendet yang sengaja di brodol atau rontok secara alami dapat ditempuh dengan cara memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu secara alami, yaitu dengan memberikan EF yang rutin. Adapun EF yang baik untuk pertumbuhan bulu adalah Jangkrik Segar yang mana jangkriknya juga harus diberi makan sayur mayur, bukan jangkrik yang kelaparan dan hanya makan kardus wadah telur.

Selain Jangkrik Segar, juga dapat diberikan Kroto Segar, karena kandungan gizi pada jangkrik dan kroto sangat baik merangsang pertumbuhan bulu ekor baru yang sehat dan mulus.

Selain itu juga diperlukan perawatan tubuh burng dengan cara memandikan burung secara rutin setiap pagi, kemudian menjemurnya hingga pukul 10, karena penjemuran yang cukup juga akan merangsang pertumbuhan bulu ekor, sementara pemandian bertujuan untuk menyegarkan pori-pori agar tidak kering (buntu) sehingga memperlambat tumbuhnya bulu baru.

Sebagai catatan penting, jangan terlalu memanaskan burung hingga lebih dari jam 10 disaat bulu ekor baru mulai tumbuh, karena bulu yang masih muda bila kena terik matahari akan cepat kusam.

Apabila diperlukan, dapat juga memberikan multivitamin pada burung anda. Multivitamin tersebut dapat anda beli di tempat penjual pakan burung. Pemberian vitamin ini dapat diberikan seminggu sekali.

Referensi : http://gembala-news.blogspot.com/2014/01/cara-mempercepat-pertumbuhan-ekor.html