Bagaimana tips menyemai selada hidroponik?

Saya pernah mencoba menyemai benih selada untuk keperluan hidroponik. Akan tetapi benih yang selada saya semai ini tidak tumbuh dan perkembangannya sangat lamban. Apakah ada tips menyemai benih selada agar berkembang cepat dan baik ? Terimakasih

2 Likes

Bantu jawab ya, dri pengalaman magang dulu. Jadi di tempat mereka tu, semainya di rockwool yg dipotong dadu dan udah dibolongin buat lubang tanam. Terus ditaruh di nampan dan dibasahi pake air secukupnya. Satu nampan itu dimasukin ke plastik hitam, ditutup, dan ditaroh di ruangan. Setiap pagi pas ada sinar matahari itu dijemur. Jemurnya kayaknya cuma sampe jam 11 an. Kalo udah muncul tunasnya, baru deh dipindah ke instalasi hidroponik yg buat peremajaan seladanya.

Izin mencoba menjawab berdasarkan pengalaman yah, semoga membantu :grin:

Banyak hal yang menyebabkan benih selada yang disemai tidak tumbuh dan perkembangannya sangat lambat terutama apabila menyemainya di rockwool. Hal tersebut bisa dikarenakan lubang yang dibuat terlalu dalam, sehingga benih selada tersebut lambat dalam pertumbuhannya. Idealnya kedalaman lubang pada rockwool adalah kurang lebih 0,5 cm untuk memudahkan benih tersebut berkecambah.

Faktor lain yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan adalah kurangnya air untuk menjaga kelembaban benih untuk mendukungnya dalam berkecambah. Selain itu juga bisa disebabkan oleh faktor pencahayaan yang kurang tepat. Karena benih yang disemai pada rockwool setelah diletakkan ditempat gelap 1x24 jam dan dilihat sudah mulai pecah benih, maka benih langsung diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari. Kemudian apabila memang pertumbuhan masih terasa lambat, maka boleh diberikan campuran nutrisi dengan kadar kepekatan yang rendah atau sekitar 300-400 ppm.

Dan secara teori, seperti yang pernah saya jawab juga pada pertanyaan lain

Semoga bisa membantu yah :grin: