Bagaimana Tips Menghilangkan Duri Ikan di Ikan Bandeng?

tips-menghilangkan-duri-di-ikan-bandeng-wajib-coba-mom

Salah satu jenis ikan yang banyak diminati antara lain adalah bandeng. Sayangnya ikan ini banyak sekali durinya. Jika tidak hati-hati, durinya akan tertelan. Ada beberapa tips untuk menghilangkan duri pada ikan tersebut.

  1. Membersihkan sisiknya
    Sebelum mengolahnya, anda bisa membersihkan sisik ikan bandeng terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan sisiknya yang tebal dengan menggunakan pisau dari bagian ekor.

  2. Sayat punggung bandeng
    Apabila anda ingin menghilangkan duri bandeng ketika masih dalam keadaan mentah, maka anda bisa menyayat ikan bandeng tersebut pada bagian punggungnya. Berawal dari ekor sampai ke kepala mengikuti arah duri itu. Jangan terlalu dalam menyayatnya agar duri yang ada di dalam tidak ikut terpotong.

  3. Sayat ekornya
    Setelah punggung yang anda sayat, anda bisa langsung menyayat bagian ekornya. Pada bagian ekor duri biasanya akan terkumpul lebih banyak, untuk itu anda bisa menyayatnya lebih dalam dibandingkan ketika menyayat bagian punggungnya. Sayat ekornya mengikuti arah duri.

  4. Cabut duri dari tengah
    Pegang bagian ekor dan kepala ikan bandeng. Lalu tarik bagian ekor dan duri sambil bagian kepala ditekuk. Sehingga dengan begitu duri akan menjadi lebih mudah dicabut.

  5. Bersihkan duri halus dengan pinset
    Setelah duri bagian tengah hilang, anda bisa membersihkan duri-duri halus yang masih tertinggal pada daging. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan pinset.