Bagaimana tips menggunakan internet agar tidak boros?


Salah satu manfaat jaringan internet yang paling dikenal secara umum adalah tingkat praktisnya saat digunakan untuk berkomunikasi dan mengurus berbagai hal. Dengan menggunakan internet , Anda bisa menghemat waktu sekaligus biaya sangat banyak.
Bagaimana tips menggunakan internet agar tidak boros ?

Menurutku, yang membuat boros adalah:

  1. Kualitas streaming
    Lebih besar kualitas gambar streaming maka memakan data yang tinggi juga.
  2. Iklan
    Iklan dimuat seperti halnya memuat video atau gambar, sehingga dapat menggunakan ad block atau menjadi premium untuk menghindari iklan.
  3. Sering mengunggah file
    mengunggah ataupun mengirim file, video, maupun gambar kepada seseorang melalui chat tentunya membutuhkan data yang lebih besar daripada mengirim teks saja, besar data yang dibutuhkan tergantung dari kualitas file yang dikirim.
  4. Gunakan wifi
    Menggunakan wifi yang punya data tidak terbatas akan membuat kita tidak khawatir dengan jumlah penggunaan data :smile:

Selama pengalaman saya menghemat paket kuota internet saya ada banyak caranya, pertama kalau kita ingin browsing mungkin bisa menghindari web yang lama diload nya karena didalamnya bisa jadi web itu berat ada banyak hal yang harus kita download utk meload web itu.

Kalau nonton youtube bisa kita kecilkan resolusinya agar lebih hemat kuotanya dan tetep lancar untuk kita tonton. Kemudian kuota tidak sering-sering untuk melihat konten video, di sosial media maupun yooutube, yang durasinya panjang. Mungkin kalau instagram masih boleh utk video-video yang pendek. Lalu yang trakhir biasanya saya tidak gunakan untuk bermain game online yang sekiranya membutuhkan data banyak, seperti moba dan game multiplayer lainnya. Untuk mengantisipasi hal diatas kita bisa menggunakan wifi, bisa sewa sendiri atau berkunjung ke tempat yang ada wifinya.

Wah aku masih tergolong orang yang cukup boros sih. Tapi aku biasanya pakai trik yang mungkin bisa mengurangi tingkat boros ini. Coba tips dari aku semoga bisa bermanfaat:

  1. Manage penggunaan internet kamu dengan membatasi aplikasi yang terlihat sangat boros, seperti salah satunya Instagram. Instagram sangat banyak memakan kuota internet yang sekali menggunakan jumlahnya sangatlah besar, coba di batasi kamu hanya boleh membuka instagram hanya 2 jam dalam sehari misalnya.
  2. Pintar-pintar mencari paket data, banyak ternyata paket data internet yang murah namun menawarkan kuota dalam jumlah besar dan juga tentunya bonus yang lumayan.
  3. Kurangi menggunakan hp jika tidak terlalu penting, karena gangguan menggunakan hp sangattlah besar dan memakan waktu, jika kita melakukan hal-hal lain diluar penggunaan hp pasti akan mengurangi penggunaan internet juga kan?

cara agar internet tidak boros menurutku

  1. dengan mematikan fitur auto download
    entah dari aplikasi chat manapun aku selalu mematikan fitur auto download, selain lebih menghemat kuota juga dapat menghemat penimpanan ponsel.
  2. mematikan fitur location
    dengan mematikan fitur location kita juga bisa menghemat internet dan baterai ponsel kita.
  3. kurangi streaming video
    entah dari aplikasi youtube, instagram, maupun tiktok merupakan penyebab internet kita menjadi lebih cepat habis
  4. atur jadwal apdate aplikasi
    di play store maupun app store terdapat fitur auto update yang memudahkan kita mendapatkan update aplikasi yang kita gunakan, namun hal tersebut membuat kuota internet kita juga cepat habis.
  5. memasang wifi
    memsang wifi memang cara paling ampuh untuk menghemat kuota internet, membuat kita hanya menggunakan kuota saat keluar rumah.

Menurut saya kalau mau menghemat kuota ya kita harus tau dulu pemakaian setiap aplikasi yang digunakan lalu kita kurangi pemakaian yang terlalu berlebihan. Biasanya yang banyak menggunakan kuota itu instagram, tiktok, dan twitter. Kita juga bisa menyeting di hp untuk penggunakan kuota yang hemat tapi mungkin ada di beberapa hp yang sudah lumayan canggih adanya. Biasakan juga untuk mematikan data ketika sedang tidur agar kuota tidak tersedot ketika tidak digunakan.

Supaya dapat menghemat kuota internet adalah dengan mengetahui dan menghindari penyebabnya mengapa kuota internet cepat habis. Dalam kebutuhan yang sangat banyak, sama seperti uang kita harus pandai-pandai mengaturnya. Pisahkan kebutuhan dengan keinginan, untuk keperluan sekolah tentunya harus didahulukan, sementara untuk mendownload file yang besar dan menonton video yang tidak terlalu penting, harus di kurangi. Menonton video dengan kualitas yang tinggi juga dapat membuat pemakaian kuota internet yang banyak, karena itu atur kualitasnya ke medium (yang masih nyaman dilihatnya).

Jika anda merupakan orang yang selalu menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk menonton film atau drama korea. Mungkin memasang Wi-Fi di rumah bisa menjadi pilihan, memang bayarnya lumayan mahal tapi jika dipikir-pikir juga sangat pas dengan keuntungan yang anda dapatkan, bisa bebas menggunakan internet tanpa harus memikirkan kuota dan batasan lainnya, bisa menonton video dengan kualitas tinggi tanpa cemas. Tinggal dipilih antara Kebebasan menggunakan internet tanpa batas atau menghemat uang. Saya sendiri dalam sebulan bisa menghabiskan sekitar 100GB.