Bagaimana Tips Menggoreng Bawang Goreng Agar Renyah dan Tahan Lama?

bawang-goreng-maksindo-bogor

Ada beberapa tips praktis untuk yang ingin membuat sendiri bawang goreng dirumah agar lebih renyah dan tahan lama.

  1. Pertama, pilihlah bawang merah yang berkualitas. Untuk hasil yang renyah dan crispy, silahkan pilih bawang goreng yang masih segar dengan ukuran yang sedang atau besar.
  2. Kemudian tips yang kedua adalah perhatikan proses pengirisan. Untuk mendapatkan bawang merah goreng terbaik iris bawang goreng tipis dan jangan terlalu tebal. Karena dapat membuat bawang goreng hasilnya lembek, berminyak dan tidak renyah. Agar lebih praktis bisa gunakan alat pengiris bawang agar hasil irisannya tipis merata.
  3. Yang ketiga silahkan tambahkan tepung maizena serta garam agar hasilnya crispy. Caranya setelah diiris-iris tambahkan garam secukupnya, diamkan sebentar agar garam meresap. Setelah itu taburi dengan tepung maizena secukupnya. Untuk 1 kg bawang membutuhkan kurang lebih 1 hingga 1 1/2 sendok makan tepung maizena saja. Diamkan sebentar, lalu goreng. Dengan cara seperti ini dijamin hasil resep bawang goreng akan kriuk-kriuk kering renyah.
  4. Bunda harus sabar ketika proses penggorengan, karena untuk membuat bawang goreng dengan tampilan cantik anda dituntut menggoreng bawang dengan api yang kecil atau sedang. Alasannya karena bawang goreng cepat sekali menjadi gosong jika digoreng dengan minyak yang terlalu panas. Goreng dan aduk dengan cepat, lalu segera angkat begitu bawang goreng mulai menguning. Jangan sampai telat karena bawang goreng masih akan bertambah kuning sesaat setelah diangkat. Layaknya menggoreng kerupuk saja.
  5. Tips terakhir simpan bawang goreng renyah di wadah tertutup dan kedap udara. Untuk bawang goreng yang sudah diangkat dan ditiriskan sebaiknya segera dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup atau toples kedap udara supaya tidak melempem. Sebelum dimasukkan ke wadah pastikan terlebih dahulu jika minyak goreng sudah habis dengan cara ditiriskn di atas tisu makan. Karena minyak goreng yang berlebihan akan membuat bawang goreng cepat menjadi tengik. Nah agar ingin lebih awet bisa juga disimpan ke dalam lemari pendingin ( kulkas ).

Sumber: