Bagaimana Tips Mengelola Keuangan Pribadi dengan Benar?

Permasalahan mengenai keuangan seringkali menjadi masalah yang utama bagi setiap individu. Ketika menerima pendapatan atau memiliki uang yang lebih, keinginan untuk menjadi konsumen semakin tinggi. Hal ini terkadang menjadi kesulitan tersendiri bagi seseorang untuk menabung atau berinvestasi. Selain itu, permasalahan finansial ini juga tak jarang membuat seseorang menjadi stress karena bingung dalam mengatur keuangan pribadinya.

Nah, Bagaimana tips agar kita dapat mengatur keuangan pribadi dengan baik ?

Tips Mengatasi Keuangan Pribadi

  1. Membuat Catatan Pengeluaran Dan Pemasukan Pribadi
  2. Membuat Anggaran
  3. Buat Dana Darurat
  4. Melakukan Investasi
  5. Hindari Hutang

Menurut saya dengan memperhitungkan anggaran yang disesuaikan oleh pendapatan dan pengeluaran atau biaya tetap seperti kontrakan/rumah, listrik, kuliah dan lain-lain.

Kemudian pilah antara keperluan dan keinginan misalnya seperti makanan, biaya untuk makan akan semakin meningkat bila keinginan untuk makanan semakin variatif. Atau keinginan untuk membeli atau mencicil barang yang tidak perlu.

Kemudian, beri limit atau batasan saat pengeluaran sudah mencapai “sekian” maka keuangan harus benar-benar dikontrol.

Kalau cara saya sendiri adalah dengan membuat skala prioritas dan benar-benar harus membedakan mana yang merupakan kebutuhan atau keinginan semata. Seringkali apa yang kita inginkan bukan suatu hal yang kita butuhkan sehingga pengeluaran yang besar justru terjadi untuk memenuhi keinginan-keinginan tersebut.

Tips dari kakak tingkat saya adalah mulai belajar investasi. Namun, karena sumber pendapatan saya tidak sebanyak itu, saya memutuskan untuk menyimpan uang sisa pribadi, bukan di bank tapi saya simpan sendiri. Untuk orang yang belum memiliki penghasilan tetap, saya tidak menyarankan untuk menyimpan uang di bank karena hanya semakin memberatkan pembayaran bunganya saja.

Tips yang lain adalah saya selalu melabeli barang-barang kebutuhan saya dengan tanggal awal pemakaian. Tujuannya supaya saya bisa tahu butuh berapa lama hingga produk tersebut habis setelah saya pakai. Dengan begitu, saya bisa memperkirakan kapan saya akan mengeluarkan uang untuk restock kebutuhan dan tidak berakhir menimbun barang yang menghabiskan uang saya di awal atau gelagapan karena mungkin uang saya terlanjur habis duluan.

Menurut saya cara terbaik dalam mengelola keuangan pribadi adalah dengan menggunakan skala prioritas yang dapat membantu kita dalam menentukan mana pengeluaran yang dianggap perlu dan mana yang dapat dilakukan nanti. Hal ini mencegah kita untuk melakukan pengeluaran yang tidak perlu dan menjaga budget kita tetap stabil. Intinya adalah jangan besar pasak daripada tiang alias lebih banyak pengeluaran ketimbang pemasukan. Kamu juga bisa membuat rencana keuangan yang sederhana tiap bulannya untuk mengetahui lebih rinci mengenai sebenarnya apa yang seharunya kamu beli dan apa yang seharusnya bisa menunggu dulu.

Kedua, usahakan kamu lebih banyak menabung kelebihan uang-mu. Istilahnya adalah dengan menabung, maka kamu akan memiliki simpanan dana untuk keperluan - keperluan mendadak suatu saat nanti. Selain menabung, kamu juga perlu membuat sebuah dana darurat yang kamu pisahkan dari simpanan utama kamu untuk keperluan yang benar - benar mendesak yang harus diselesaikan saat itu juga. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan permasalahan finansial yang ada. Kamu pun juga bisa mulai menginvestasikan uangmu dalam bentuk saham, reksa dana, atau surat berharga lainnya yang saat ini pelaksanaannya juga sudah cukup mudah untuk dilakukan.

Peribahasa mengatakan tidak ada hal yang baru di bawah langit ini, yang berarti sebenarnya semua ilmu akan digunakan seterusnya atau baru dikembangkan atau baru ditemukan. tentunya tips-tips keuangan yang kita butuhkan ya sebenarnya sudah kita tau, seperti:

  1. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang
  2. Tabunglah penghasilan dan siapkan dana darurat
  3. Jangan lupa bersedekah karena pada harta kita ada hak orang lain
    dll.

Selain itu ada satu video tentang keuangan yang saya sangat suka dari seorang youtuber bernama Ruby, berikut contohnya Tips Bangun 8 Sumber Penghasilan Sejak Usia 20-an - YouTube