Bagaimana tips memilih sunblock yang memiliki harga terjangkau?

Bagaimana tips memilih sunblock yang memiliki harga terjangkau?

Sunblock telah terbukti dalam melindungi kulit dari paparan sinar Matahari.

Bagaimana tips memilih sunblock yang memiliki harga terjangkau?

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan flek-flek hitam pada kulit wajah Anda. Kulit juga menjadi rentan iritasi, terbakar, atau kemerahan. Oleh karenanya, Anda disarankan menggunakan sunblock setiap kali berkegiatan di luar ruangan. Namun, mahalnya harga sunblock sering kali membuat orang memilih mengesampingkannya.

Untuk itu, kali ini kami akan membahas tips cara memilih sunblock dengan harga terjangkau.

Apa perbedaan SPF dan PA?


Apa perbedaan SPF dan PA?

SPF adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari sinar UVA. Sinar UVA itu sendiri memiliki pengaruh buruk yang menyebabkan penuaan pada kulit. Sementara itu, sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. Semakin besar kadar SPF dan PA dalam suatu produk, semakin besar pula perlindungan yang diberikan untuk kulit Anda.

Jika Anda ingin mengetahui berapa lama kulit Anda akan terlindung, coba kalikan sepuluh menit dari besarnya SPF. Sebagai contoh, saat Anda menggunakan sunblock dengan SPF 30, maka 30 × 10 menit = 300 menit. Artinya, kulit Anda akan terlindungi dari paparan sinar matahari selama sekitar lima jam.

Di bawah ini, kami akan membahas beberapa poin penting yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih sunblock dengan harga yang terjangkau.

Pilih sunblock dengan harga tidak lebih dari Rp 150.000


Pilih sunblock dengan harga tidak lebih dari Rp 150.000

Saat flek hitam dan kerutan semakin banyak terlihat, tentu Anda akan menghabiskan lebih banyak uang lagi untuk melakukan perawatan. Sunblock adalah satu satu produk skincare yang dapat melindungi kulit Anda dari tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh melewatkannya. Jika selama ini Anda mengesampingkan sunblock karena harganya mahal, Anda dapat memilih produk seharga di bawah Rp 150.000.

Sesuaikan kadar UV protection dengan kebutuhan Anda


Semakin besar kadar SPF dan PA memang akan memperbesar perlindungan terhadap kulit Anda. Akan tetapi, hal tersebut juga akan memberi beban yang lebih besar kepada kulit. Oleh sebab itu, besarnya kadar SPF dan PA juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

1. SPF 10-15 / PA + untuk kegiatan sehari-hari

SPF 10-15 / PA + untuk kegiatan sehari-hari

Sunblock dengan SPF 10-15 atau PA+ dapat Anda pilih untuk penggunaan sehari-hari ketika kulit Anda tidak akan terpapar sinar matahari lebih dari dua jam. Anda dapat menggunakan jenis sunblock ini untuk perlindungan kulit dalam perjalanan ke kampus atau kantor saat tidak terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

2. SPF 15-30 / PA ++ untuk berkegiatan di luar ruangan

SPF 15-30 / PA ++ untuk berkegiatan di luar ruangan

Kategori sunblock ini cocok digunakan saat Anda melakukan kegiatan di ruangan terbuka. Contohnya, saat Anda bersepeda, jogging, atau sejumlah kegiatan olahraga lainnya. Akan tetapi, ingatlah bahwa sunblock ini hanya bekerja secara efektif untuk pemakaian selama maksimal sekitar 5 jam.

3. SPF 30-50 / PA +++ untuk beraktivitas di bawah terik matahari dalam waktu lama

SPF 30-50 / PA +++ untuk beraktivitas di bawah terik matahari dalam waktu lama

Saat pergi liburan seperti ke pantai atau ke gunung, Anda akan menghabiskan banyak waktu di alam terbuka. Tentunya Anda menyadari bahwa kulit Anda akan betul-betul terpapar sinar matahari. Nah, untuk kondisi seperti itu, kami menyarankan Anda untuk memilih sunblock dengan SPF dan PA besar. Dengan demikian, Anda dapat leluasa beraktivitas tanpa harus khawatir kulit terbakar.

Pilih jenis sunblock yang nyaman untuk digunakan


Umumnya, sunblock yang dijual di pasaran bertekstur losion atau gel. Namun, ada pula sunblock dalam bentuk spray. Anda dapat memilih produk yang membuat nyaman untuk digunakan.

1. Jenis losion atau gel, dilengkapi dengan bahan pelembap

Jenis losion atau gel, dilengkapi dengan bahan pelembap

Jika Anda memiliki jenis kulit kering, sunblock bertekstur losion pas untuk Anda pilih. Biasanya, sunblock jenis ini juga dilengkapi bahan pelembap sehingga tidak hanya melindungi kulit, tetapi juga mencegah kulit dari kekeringan.

Beda halnya jika Anda memiliki jenis kulit berminyak. Sunblock bertekstur gel lebih cocok untuk Anda. Sunblock bertekstur gel sama-sama memberi kelembapan untuk kulit. Hanya saja, teksturnya lebih ringan dan lebih mudah menyerap.

2. Jika Anda mementingkan kepraktisan, pilih sunblock jenis spray

Jika Anda mementingkan kepraktisan, pilih sunblock jenis spray

Sunblock jenis spray menawarkan kemudahan dalam pengaplikasiannya. Tidak perlu waktu lama, Anda cukup menekan tombol spray-nya, lalu produk di dalam botol langsung menempel pada kulit. Dengan tekstur yang cair dan partikel yang semakin halus setelah disemprotkan, produk ini cepat terserap kulit. Saat Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk bersiap-siap, sunblock jenis spray ini dapat menjadi pilihan.

Periksa juga kandungan bahan aktif lainnya


Periksa juga kandungan bahan aktif lainnya

Tidak hanya memeriksa besarnya kadar SPF dan PA, sebaiknya Anda juga memeriksa bahan-bahan lain sebelum membeli sunblock. Kandungan seperti hyaluronic acid, Aloe vera extract, dan vitamin B5 akan membantu menjaga kelembapan kulit Anda. Sementara itu, kandungan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga kulit dari dampak buruk radiasi.

Sama dengan skincare lainnya, kami juga menyarankan Anda untuk memilih sunblock yang rendah kandungan bahan aditifnya. Bagaimanapun, penggunaan sunblock sebenarnya akan menambah beban pada kulit Anda. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus memperkecil beban tersebut dengan menghindari sunblock yang mengandung bahan aditif berlebihan.

Kandungan bahan-bahan aditif juga dapat memicu iritasi pada kulit yang sensitif. Jadi, pastikan Anda memeriksa komposisi yang terkandung dalam formula sunblock sebelum membelinya.

Gunakan sunblock dengan formula waterproof saat pergi ke pantai atau berenang


Gunakan sunblock dengan formula waterproof saat pergi ke pantai atau berenang

Tentu Anda tidak ingin sunblock yang sudah Anda aplikasikan terhapus karena air. Apalagi jika Anda akan bermain air dalam waktu yang lama. Untuk itu, kami sarankan agar Anda menggunakan sunblock yang memiliki formula waterproof. Dengan demikian, Anda dapat leluasa bermain air dan kulit pun tetap terlindungi dari dampak buruk sinar UV.