Bagaimana tips memilih sheet mask?

Bagaimana tips memilih sheet mask?

Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang biasanya terbuat dari kertas atau pulp kelapa.

Bagaimana tips memilih sheet mask?

Penggunaan sheet mask dinilai lebih praktis dan dapat digunakan kapan pun. Hal itu pula yang membuat sheet mask menjadi tren belakangan ini. Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan sheet mask, terlebih pada brand-brand Korea.

Pertama-tama, kami akan membahas tips cara memilih sheet mask yang tepat dan jenis-jenis sheet mask.

Apa itu sheet mask?


Apa itu sheet mask?

Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang biasanya terbuat dari kertas atau pulp kelapa. Melalui serangkaian proses, lembaran tersebut ditambahkan kandungan berupa vitamin, serum, atau mineral yang baik untuk kesehatan wajah. Namun, Anda perlu ingat bahwa sheet mask hanya digunakan satu kali. Setelah didiamkan selama 15-20 menit di wajah, lembaran sheet mask dibuka lalu dibuang. Anda tidak perlu lagi membilas wajah sesudah memakai sheet mask.

Manfaat utama sheet mask adalah memberi kelembapan secara intensif. Barulah manfaat kecantikan lainnya melengkapi kandungan pelembap tersebut. Sheet mask juga dapat digunakan oleh segala usia, baik wanita maupun pria. Akan tetapi, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan sheet mask setiap hari karena dapat menghambat penguapan air di permukaan kulit. Anda cukup menggunakannya 2-3 kali seminggu.

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu berbagai tips memilih sheet mask, untuk membantu Anda menemukan sheet mask yang tepat sesuai kebutuhan kulit wajah Anda. Simak ulasannya berikut ini!

Pilihlah sheet mask yang dapat mengatasi masalah pada kulit wajah Anda


Walau semua sheet mask memiliki fungsi utama melembapkan kulit, tetapi ada kandungan-kandungan lain yang spesifik untuk masalah kulit tertentu. Pilihlah sheet mask yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.

1. Vitamin C, efektif dalam mencerahkan wajah

Vitamin C, efektif dalam mencerahkan wajah

Jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih cerah, Anda dapat memilih sheet mask yang memiliki kandungan vitamin C atau rice extract. Kedua kandungan tersebut dapat memberikan hasil yang signifikan setelah Anda melepas sheet mask.

2. Hyaluronic acid dan kolagen, bertindak sebagai anti-aging agent

Hyaluronic acid dan kolagen, bertindak sebagai anti-aging agent

Fungsi anti-aging dapat Anda temukan pada sheet mask yang dilengkapi kolagen atau hyaluronic acid. Kolagen akan mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit sehingga tampak lebih segar dan muda. Di samping itu, hyaluronic acid akan bekerja dalam melembapkan sekaligus menghaluskan kulit wajah Anda.

3. Tea tree, pilihan tepat untuk mengatasi jerawat

Tea tree, pilihan tepat untuk mengatasi jerawat

Untuk Anda yang bermasalah dengan jerawat, cobalah menggunakan sheet mask berbahan tea tree extract. Mungkin kandungan ini tidak asing lagi bagi Anda karena banyak produk skincare khusus kulit berjerawat yang sudah menggunakannya. Tea tree bekerja dengan cara melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. Tea tree juga berfungsi dalam meredam kulit kemerahan dan mencegah peradangan pada jerawat aktif.

Pilihlah yang mengandung bahan-bahan aktif lainnya


Pilihlah yang mengandung bahan-bahan aktif lainnya

Tidak hanya bahan-bahan yang kami sebutkan di atas, Anda juga dapat menemukan bahan kecantikan lain dalam produk sheet mask. Salah satunya adalah fungsi peeling yang biasa Anda temukan dalam produk clay mask, kini Anda dapat rasakan pada sheet mask yang dilengkapi kandungan BHA.

Anda yang bermasalah dengan tekstur kulit juga dapat mencoba menggunakan sheet mask berbahan snail extract atau Aloe vera extract secara rutin. Kedua bahan ini akan memaksimalkan kelembapan wajah Anda sehingga kulit tidak dehidrasi dan menjadi bruntusan.

Selain itu, Anda yang sering terpapar debu dan polusi juga dapat melengkapi perawatan malam Anda dengan sheet mask berbahan charcoal. Kandungan tersebut diklaim dapat menarik kotoran yang menempel hingga ke pori-pori sehingga tidak menyebabkan kulit kusam dan komedo.

Pilihlah produk yang dijual dalam bentuk paket agar lebih hemat


Pilihlah produk yang dijual dalam bentuk paket agar lebih hemat

Seperti yang kita ketahui, sheet mask merupakan produk sekali pakai. Harga sheet mask yang ditawarkan memang bervariatif, tergantung dari klaim-klaim yang ditawarkan. Umumnya, semakin banyak bahan kecantikan di dalamnya, maka semakin mahal harga sheet mask tersebut.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat mempertimbangkan sheet mask yang dijual dalam paket. Produk semacam ini sudah banyak dijumpai pada situs e-commerce, seperti lazada, shopee, dan sebagainya. Anda dapat menemukan sheet mask dalam paket berisi 5 pcs atau 10 pcs. Selain itu, Anda juga dapat membeli sheet mask yang dikemas dalam tempat layaknya tisu basah untuk penggunaan di rumah.

Tips menggunakan sheet mask


Tips menggunakan sheet mask

Manfaat sheet mask tidak akan didapatkan secara maksimal oleh kulit jika Anda tidak mengaplikasikannya dengan cara yang benar. Pada poin ini, kami akan membagikan tips cara menggunakan sheet mask dengan baik, supaya Anda mendapatkan hasil maksimal setiap kali Anda memakai sheet mask.

1. Simpan sheet mask di dalam lemari pendingin

Simpan sheet mask di dalam lemari pendingin

Anda dapat menyimpan sheet mask di dalam lemari pendingin untuk memberi efek menyegarkan saat digunakan. Hal tersebut dikarenakan cairan serum pada sheet mask menjadi dingin dan terserap oleh lembaran tisunya.

2. Keluarkan sheet mask secara perlahan

Keluarkan sheet mask secara perlahan

Berhati-hatilah saat menggunting kemasan sheet mask karena Anda dapat merusak produk di dalamnya. Setelah Anda keluarkan maskernya, tentu ada cairan serum yang tersisa. Nah, sisa cairan tersebut dapat Anda gunakan pada bagian wajah yang tidak tertutup masker, seperti leher, tangan, dan siku.

3. Hindari kebiasaan menggunakan sheet mask terlalu lama

Hindari kebiasaan menggunakan sheet mask terlalu lama

Walau Anda dapat menemukan tips penggunaan sheet mask dari berbagai sumber. Kami sarankan Anda untuk selalu membaca cara penggunaan yang tertulis pada kemasan produk. Meski serupa, tetapi sheet mask dilengkapi dengan cairan serum yang memiliki fungsi berbeda-beda. Dengan demikian, lamanya penggunaan masker yang satu dan lainnya juga akan berbeda-beda pula.

Kurang tepat jika Anda berpikir bahwa semakin lama digunakan kulit wajah akan semakin halus. Saat Anda membiarkan masker menempel terlalu lama pada kulit wajah, bahkan dibiarkan semalaman, hal tersebut dapat membuat kulit menjadi kering. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk penggunaan sheet mask hanya 15-20 menit.

4. Gunakan kedua sisi masker

Gunakan kedua sisi masker

Hampir semua orang pasti hanya menggunakan satu sisi masker. Padahal, pada sisi yang satunya tentu ada cairan serum yang menempel juga. Sayang kan jika tidak digunakan? Jadi, mulai sekarang gunakanlah kedua sisi masker. Setelah sepuluh menit pertama, Anda dapat melepas masker dan menggunakan kembali dengan sisi yang lainnya.

5. Dibilas atau tidak?

Dibilas atau tidak?

Masih banyak orang yang membilas wajah setelah menggunakan sheet mask. Jika Anda salah satu di antaranya, yuk ubah kebiasaan tersebut. Setelah penggunaan sheet mask Anda tidak perlu membilas wajah. Justru saat Anda membilas wajah, cairan serum yang menempel akan hilang terbawa air. Dengan demikian, khasiat masker pun tidak akan Anda dapatkan secara efektif.

6. Dapatkan hasil maksimal dengan penggunaan rutin

Dapatkan hasil maksimal dengan penggunaan rutin

Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, halus, lembap. Anda dapat menggunakan sheet mask selama 2-3 kali dalam satu minggu. Kami juga sarankan Anda menggunakannya pada malam hari sebelum tidur karena saat itulah kulit akan menyerap nutrisi yang diberikan dengan maksimal.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih Sheet mask, yaitu :

  • Cek harga Sheet mask

Sheet mask adalah jenis masker paling efektif dan efisien untuk kulit wajah yang dapat digunakan sehari-hari.

Nah, sebelum kamu membelinya ada satu hal yang harus diperhatikan. Sebab penggunaan sheet mask berbeda dengan produk skincare lainnya. Sheet mask hanya bisa dipakai satu kali saja.

Maka dari itu, bukan suatu hal yang mengherankan jika banyak perempuan cenderung lebih membeli sheet mask dengan harga terjangkau dibandingkan yang mahal.

  • Lihat merek sheet mask

Selain harga, hal lain yang tak kalah penting untuk menjadi pertimbangan dalam membeli sheet mask adalah reputasi dari brand itu sendiri.

Sebaiknya memilih produk sheet mask yang sudah dikenal sebagai brand kecantikan dan menyuguhkan produk-produk berkualitas, sehingga sheet mask yang akan dipakai berkualitas tinggi dan terbuat dari bahan yang aman bagi kulit wajah.

  • Kualitas material lembarannya

Tips berikutnya dalam memilih sheet mask yang tepat ialah kualitas material lembarannya. Ya, hal paling penting yang dinilai dari sebuah sheet mask adalah kualitas lembarannya. Pasalnya, lembaran inilah yang akan digunakan untuk menyerap kandungan essence ke dalam kulit wajah.

Selain tipis dan ringan, sebaiknya memilih lembaran sheet mask yang dapat melekat sempurna di kulit wajah.

Dari sekian banyak jenis material yang digunakan untuk sheet mask, pilihlah cotton mask-nya terbuat dari linter kapas yang akan langsung menempel di wajah tanpa perlu khawatir lembarannya sobek. Sementara linter kapas adalah serat halus yang melekat pada benih tanaman kapas, sehingga membuat rangkaian sheet mask dapat menyerap dan menahan air dengan baik.

  • Perhatikan kandungan sheet mask

Sama halnya dengan memilih pelembab atau produk skincare lainnya, langkah selanjutnya dalam memilih sheet mask ialah memerhatikan kandungannya.

Sebaiknya kamu memilih daily sheet mask yang kandungannya terbuat dari bahan alami, hal ini karena dianggap lebih aman untuk kulit wajah. Kini sudah banyak bahan alami yang digunakan untuk sheet mask, mulai dari aloe vera, green tea, lemon dan lain sebagainya. Jangan lupa sesuaikan kandungan sheet mask-nya dengan jenis kulit wajahmu.

  • Cek tekstur essence-nya

Pada umumnya penggunaan sheet mask ini khusus untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Dengan memakai sheet mask maka membuat kulit wajah tarasa sangat basah dengan kandungan essence-nya.

Nah, tak hanya memerhatikan kandungannya saja. Kamu juga perlu melihat kualitas material lembaran masker dengan kandungan essence-nya. Dikarenakan penggunaan sheet mask tak perlu dibilas dan tidak usah mengaplikasikan pelembab lagi, idealnya tekstur essence di dalamnya harus berbahan ringan dan tidak lengket di kulit. Jadi pastikan sheet mask tersebut memiliki kandungan essence yang cukup baik dan nyaman di kulit wajahmu.

Selain tips diatas, ada beberapa tips untuk memilih sheet mask berdasarkan jenis kulit , yaitu :

  • Kulit kering dan sensitif

Untuk mengatasi kulit kering dan sensitif kita bisa memilih sheet mask dengan kandungan hyaluronic acid dan collagen untuk penetrasi mendalam ke kulit kita. Kandungan antioksidan, seperti teh hijau, ginseng, dan royal jelly juga bagus banget untuk kulit kering dan sensitif kita. Ekstrak shea butter dan alpukat juga bisa kita pilih untuk kulit yang lebih lembut

  • Kulit berminyak

Untuk kita yang memiliki kulit berminyak, pori-pori kita bakalan menghasilkan minyak berlebih dan akhirnya debu, kotoran, dan bakteri bakalan lebih gampang menempel ke kulit kita! Alhasil, pori-pori kita terlihat sangat besar. Kita memilih sheet mask yang bisa mengontrol produksi minyak kita dan mengecilkan pori-pori, yaitu bahan-bahan seperti witch hazel, vtamin A,C, dan E yang bisa memperbaiki kulit kita yang rusak.

  • Kulit kombinasi

Untuk wajah dengan tipe kulit kombinasi dapat menggunakan sheet mask yang tinggi antioksidan yang bisa melembutkan kulit, menghilangkan kotoran, seperti teh (hijau, hitam, atau chamomile ) dan alpukat.