Bagaimana tips memilih setting spray?

memilih setting spray

Bagaimana tips memilih setting spray?

Pernahkah Anda telah menghabiskan banyak waktu berdandan, tetapi kemudian makeup cepat luntur? Jika pernah, Anda wajib tahu tentang produk setting spray yang akan dibahas di artikel ini. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat, wajah berminyak, maupun kering karena cuaca dingin.

Dibawah ini, kami akan memperkenalkan cara memilih setting spray

Ada beberapa hal yang harus diingat ketika ingin memilih setting spray. Berikut penjelasan mengenai cara memilihnya untuk Anda.

Pilih berdasarkan jenis kulit Anda


Lunturnya makeup biasanya disebabkan oleh jenis kulit wajah yang berminyak, mudah berkeringat, atau terlalu kering. Masing-masing memiliki tipe setting spray yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

1. Untuk kulit berminyak, gunakan bahan yang mengandung sebum protection

Untuk kulit berminyak, gunakan bahan yang mengandung sebum protection

Keringat dan minyak pada wajah adalah penyebab lunturnya makeup yang paling umum. Setting spray yang dapat mengurangi produksi keringat dan minyak biasanya mengandung etanol. Bahan tersebut dipercaya dapat mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Biasanya di bagian deskripsi produk terdapat informasi tentang tipe kecocokan kulit dengan produk tersebut. Pilihlah produk untuk kulit berminyak.

Namun, produk yang mengandung etanol dapat menyebabkan kulit lebih cepat kering. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. Selain itu, ada pula produk yang memiliki efek waterproof, seperti yang mengandung bahan silikon. Bahan ini tentunya akan lebih menjaga makeup Anda dari luntur karena terkena air.

2. Untuk kulit kering, gunakan bahan yang mengandung pelembap

Untuk kulit kering, gunakan bahan yang mengandung pelembap

Kebanyakan orang berpikir bahwa makeup mudah luntur hanya karena disebabkan oleh kulit berminyak. Namun, pada kenyataannya kulit kering juga dapat menyebabkan hasil makeup yang kurang sempurna. Apabila Anda khawatir kulit Anda kering karena AC atau cuaca dingin, pilih setting spray yang mengandung pelembap.

Bahan pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, revival, dapat membantu melembapkan kulit Anda. Kulit yang lembap dapat lebih melekatkan makeup pada kulit Anda. Beberapa produk yang mengandung pelembap biasanya juga mengandung beauty oil. Namun, apabila Anda tidak menyukai efek yang terlalu sticky pada kulit wajah, Anda dapat memilih produk oil-free.

Pilih efek dewy atau matte? Hasil akhir makeup juga perlu diperhatikan—

Pilih efek dewy atau matte? Hasil akhir makeup juga perlu diperhatikan

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah hasil akhir atau makeup finish setelah pemakaian setting spray. Ada dua jenis makeup finish, yaitu yang memberi efek glossy dan shiny (dewy finish) dan efek bold dan smooth (matte finish).

Apabila Anda menginginkan efek yang lebih tahan lama, Anda dapat memilih matte finish. Namun, apabila Anda memiliki jenis kulit yang kering, sebaiknya pilih dewy finish sebagai makeup look. Dewy finish akan memberi kesan kulit wajah Anda terlihat mengilap secara natural.

Pilih yang dapat menahan makeup pada area tertentu


Pilih yang dapat menahan makeup pada area tertentu

Selain berfungsi mempertahankan makeup secara keseluruhan, ada setting spray yang lebih spesifik untuk menahan makeup di area tertentu. Misalnya apabila Anda ingin membuat eyebrow atau eyeshadow makeup lebih tahan lama, Anda dapat menggunakan setting spray pada area tersebut.

Namun, Anda harus berhati-hati apabila menggunakan setting spray untuk maskara karena dapat menyebabkan maskara cepat luntur. Untuk penggunaan pertama kali, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu pada tangan Anda. Apabila Anda merasa cocok, berarti produk aman untuk digunakan.

Pilih yang mengandung UV protection untuk mencegah sunburn


Pilih yang mengandung UV protection untuk mencegah sunburn

Setelah mengaplikasikan makeup pada keseluruhan wajah Anda, tentunya sulit untuk memakai sunscreen lagi. Apabila Anda khawatir kulit Anda terbakar karena sinar matahari, Anda dapat memilih setting spray dengan UV protection.

Beberapa produk memiliki UV effect yang cukup tinggi, seperti SPF50+ yang aman untuk digunakan saat cuaca panas sekalipun. Namun, sayangnya setting spray yang memiliki kandungan UV protection masih jarang ada di Indonesia.

Pilih berdasarkan aroma yang Anda sukai!


Pilih berdasarkan aroma yang Anda sukai!

Ada berbagai macam produk scented pada setting spray. Pastikan Anda memilih produk dengan aroma yang benar-benar Anda sukai. Produk scented yang biasanya mudah ditemukan adalah rose dan citrus dengan wangi yang menyegarkan.

Anda dapat menggunakan produk scented ini di pagi hari atau sesuai mood Anda. Namun, ada juga setting spray yang tidak mengandung wewangian sama sekali (unscented product). Apabila Anda tidak terlalu menyukai wewangian, Anda dapat mencoba unscented product.