Bagaimana tips memilih maskara?

Bagaimana tips memilih maskara?

Maskara sangat penting untuk membuat bulu mata lebih panjang dan bervolume.

Bagaimana tips memilih maskara?

Maskara sangat penting untuk membuat bulu mata lebih panjang dan bervolume. Ada berbagai merek maskara yang sering kita temui. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang waterproof hingga yang bisa dihapus dengan air hangat. Oleh sebab itu, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana.

Untuk membantu Anda, kami akan membahas cara memilih maskara beserta cara mengaplikasikan dan menghapusnya.

Saat ini terdapat berbagai produk maskara yang bisa kita temui di pasaran. Supaya Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, mari kita bahas poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan.

Pilihlah maskara berdasarkan hasil akhir yang diinginkan


Secara umum, maskara terbagi menjadi dua tipe, yaitu lengthening mascara dan volumizing mascara. Hasil akhir dan kesan yang ditimbulkan akan tergantung pada jenis yang Anda pilih. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan keunikan dari masing-masing tipe tersebut.

1. Lengthening mascara, menghasilkan bulu mata panjang yang halus

Lengthening mascara, menghasilkan bulu mata panjang yang halus

Seperti namanya, lengthening mascara adalah jenis maskara yang dapat memanjangkan bulu mata. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin bulu matanya kelihatan lebih panjang. Anda juga dapat menciptakan kesan tajam yang alami di ujung mata dengan maskara tipe ini.

Beberapa orang menginginkan produk maskara yang merupakan gabungan antara lengthening mascara dan fiber mascara yang mengandung serat. Namun, disarankan bagi pemula untuk menghindari fiber mascara karena membutuhkan tips khusus dalam penggunaannya. Mengenai hal ini, akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

2. Volumizing mascara, untuk mendapatkan mata yang tajam dan berkesan

Volumizing mascara, untuk mendapatkan mata yang tajam dan berkesan

Volumizing mascara adalah jenis maskara yang dapat membuat bulu mata tampak lebih tebal dan banyak. Jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki sedikit bulu mata.

Selain itu, jenis maskara ini juga dapat menonjolkan bola mata hitam Anda sehingga sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kesan yang mendalam pada ujung mata. Namun, jenis maskara ini juga mudah menimbulkan gumpalan-gumpalan sehingga perlu dirapikan lagi dengan menggunakan sisir bulu mata.

Pilihlah maskara berdasarkan karakteristiknya


Beberapa maskara memiliki karakteristik khusus selain memberi efek bulu mata lebih panjang dan bervolume. Untuk itu, tentukanlah dahulu mengenai karakteristik yang Anda prioritaskan dari suatu maskara. Berikut ini, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan maskara berdasarkan karakteristiknya.

1. Maskara tipe film, mudah dihapus dengan air hangat

Maskara tipe film, mudah dihapus dengan air hangat

Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghapus maskara dengan mudah, hanya dengan dibasuh air hangat. Namun, beberapa maskara tipe film ternyata dapat terhapus dengan air bersuhu 38°C atau kurang. Oleh karena itu, untuk Anda yang hendak wudu berhati-hatilah ketika menggunakannya agar tidak belepotan.

2. Maskara tipe waterproof, tahan lama dan tidak mudah terhapus

Maskara tipe waterproof, tahan lama dan tidak mudah terhapus

Seperti namanya, maskara tipe waterproof tahan terhadap air dan lebih tidak mudah terhapus dibandingkan dengan tipe film. Jika Anda ingin tetap mempertahankan maskara Anda ketika berenang di laut atau di kolam renang, tipe ini adalah pilihan terbaik.

Hanya saja, tipe waterproof memiliki kelemahan karena tidak kompatibel dengan sebum kulit. Akibatnya, beberapa produk berisiko memunculkan terjadinya mata panda pada orang-orang yang area matanya mudah mengeluarkan sebum. Noda hitam dapat muncul akibat warna maskara yang luntur ketika bertemu dengan sebum. Akan tetapi, sekarang ini sudah tersedia produk maskara smudgeproof yang tidak mudah rusak oleh sebum kulit.

Pilihlah maskara berdasarkan jenis kuas dan kegunaannya


Pemilihan kuas maskara juga penting untuk mendapatkan bulu mata yang ideal. Berikut ini kami akan memperkenalkan empat jenis kuas utama. Silakan Anda memilih yang sesuai dengan kemudahan pengaplikasian dan hasil akhir ideal yang Anda inginkan!

1. Kuas dengan ujung melengkung, untuk menambah volume

Kuas dengan ujung melengkung, untuk menambah volume

Yang paling umum dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula adalah maskara dengan kuas melengkung (curved wands). Jenis maskara ini direkomendasikan bagi mereka yang ingin menambah volume bulu mata atau membuat bulu mata melengkung.

Keunikan maskara ini adalah bentuknya yang melengkung sesuai dengan bentuk mata sehingga cairan maskara dapat menyebar ke seluruh bagian bulu mata, bahkan hanya dengan satu sapuan. Selain itu, jenis ini juga mudah diaplikasikan dari akar bulu mata.

2. Kuas berbentuk kerucut, mudah diaplikasikan di bagian yang sempit sekalipun

Kuas berbentuk kerucut, mudah diaplikasikan di bagian yang sempit sekalipun

Kuas berbentuk kerucut (tapered wands) sangat ideal bagi Anda yang ingin menambah volume bulu mata sekaligus mengaplikasikannya secara detail hanya dengan satu maskara. Jenis maskara ini ditandai dengan bentuknya yang semakin tipis ke arah ujung. Anda dapat menggunakan bagian tengah untuk menambahkan volume pada seluruh bulu mata, lalu menggunakan bagian ujungnya untuk aplikasi maskara di bulu mata bagian bawah maupun sudut mata.

3. Kuas berbentuk sisir, untuk memisahkan bulu mata

Kuas berbentuk sisir, untuk memisahkan bulu mata

Kuas maskara berbentuk sisir dapat menjangkau satu-persatu bulu mata sehingga tidak menimbulkan gumpalan. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki bulu mata lentik, halus, dan panjang. Maskara ini membuat bulu mata semakin terbuka ketika diaplikasikan sehingga akan menjadikan mata Anda semakin tajam.

4. Kuas berbentuk spiral, menghasilkan efek berbeda

Kuas berbentuk spiral, menghasilkan efek berbeda

Maskara dengan kuas bentuk spiral ini memiliki cekungan di bagian tengah sehingga akan memberikan hasil yang berbeda ketika maskara diaplikasikan dalam sekali sapuan. Keuntungannya, hal ini memudahkan untuk menyesuaikan volume dan panjang bulu mata yang diinginkan.

Keuntungan lainnya adalah memudahkan Anda untuk menjangkau bagian-bagian kecil jika Anda hanya menggunakan ujungnya. Apabila Anda menguasai cara penggunaannya, Anda bisa mendapatkan berbagai efek bulu mata yang berbeda.

Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya hindari jenis fiber mascara


Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya hindari jenis fiber mascara

Sebelum membeli, sebaiknya Anda memeriksa ada tidaknya serat dalam cairan maskara. Khususnya bagi Anda yang belum mahir mengaplikasikan maskara atau belum terbiasa. Fiber mascara merupakan jenis maskara mengandung serat yang agak sulit digunakan.

Manfaat dari fiber mascara ini adalah mampu menghasilkan volume dengan bulu mata panjang dan ketebalan yang cukup. Di sisi lain, ada banyak produk yang memiliki serat dengan ketebalan berbeda sehingga dapat menimbulkan gumpalan. Saat mengaplikasikan maskara, disarankan untuk lebih berhati-hati sambil menggunakan sisir bulu mata.

Cara mengaplikasikan maskara


Hasil akhir dan kesan yang ditimbulkan akan sangat tergantung pada bagaimana cara Anda mengaplikasikan maskara. Kita perlu menguasai hal ini dengan baik agar tidak membuat kesalahan, misalnya maskara yang menggumpal di bulu mata. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara menggunakan maskara yang baik.

1. Membersihkan kelebihan cairan pada kuas maskara dengan tisu

Membersihkan kelebihan cairan pada kuas maskara dengan tisu

Jika terdapat terlalu banyak cairan di ujung kuas, pastikan untuk menyekanya dengan tisu sebelum digunakan. Beberapa orang mungkin menganggap sepele hal ini, tetapi ini adalah proses yang perlu dilakukan untuk mencegah cairan tersebut menggumpal. Selain itu, kesan tebal juga akan berkurang karena maskara beradaptasi secara alami dengan bulu mata.

Anda juga sebaiknya membersihkan bagian antara sikat bulu mata dan penutup maskara dengan tisu. Hal ini untuk mencegah maskara belepotan dan mengenai kelopak mata Anda.

2. Mengubah arah sapuan dan sudut kuas sesuai bagian-bagian bulu mata

Mengubah arah sapuan dan sudut kuas sesuai bagian-bagian bulu mata

Saat menggunakan maskara, apakah Anda mengaplikasikannya dengan arah yang sama? Cara aplikasi seperti ini tidak akan membuat bulu mata mengembang. Mengubah arah sapuan kuas sesuai dengan bagian-bagian bulu mata adalah kunci untuk menghasilkan bulu mata yang indah!

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Pertama-tama, aplikasikan maskara pada bulu mata yang berada di atas pupil dengan cara melengkung ke arah atas. Selanjutnya, untuk bagian sudut mata, maskara diaplikasikan dengan cara melengkung dan sedikit dimiringkan. Pada saat itu, Anda dapat membuat bulu mata Anda melengkung lebih lama dengan menyapunya dari bawah. Untuk bulu mata di bagian bawah mata, Anda dapat mengaplikasikan maskara dengan menggunakan sikat maskara secara vertikal.

Sebagai tambahan informasi, memulas bulu mata mulai dari akarnya bisa membuat maskara belepotan. Sebagai solusinya, maskara bisa diaplikasikan mulai dari bagian tengah, sedangkan di bagian akarnya bisa dilapisi dengan top coat transparan.

4. Gunakan sisir bulu mata bergantian saat aplikasi maskara berlebihan

Gunakan sisir bulu mata bergantian saat aplikasi maskara berlebihan

Kita terkadang mengaplikasikan maskara beberapa kali ketika ingin menghasilkan bulu mata panjang dan bervolume. Saat melakukan hal ini, Anda dapat mencegah timbulnya gumpalan di bulu mata dengan menggunakan sisir maskara secara bergantian.

Sisir maskara adalah barang yang harus dimiliki, terutama pada saat menggunakan maskara tipe volume atau tipe fiber yang gampang menimbulkan gumpalan. Sisir maskara juga memiliki efek memisahkan bulu mata sehingga akan menghasilkan riasan mata yang lebih alami.

Dengan penggunaan sisir bulu mata yang tepat, bulu mata Anda akan tampak lebih cantik alami. Akan tetapi, jika Anda merasa kesulitan, Anda sebaiknya menggunakan maskara yang kuasnya berbentuk sisir.

Cara menghapus maskara tanpa merusak bulu mata


Cara menghapus maskara tanpa merusak bulu mata

Untuk maskara tipe film, Anda dapat langsung menghapusnya dengan air hangat. Namun, maskara yang digunakan umumnya memerlukan cairan pembersih (cleanser) yang digosokkan berkali-kali di bulu mata untuk menghapusnya. Jika hal ini dilakukan setiap hari, dikhawatirkan bulu mata akan ikut tercabut dan menjadi jarang-jarang. Agar tidak merusak bulu mata, gunakan penghapus riasan mata untuk menghapus maskara dengan hati-hati.

Langkah-langkah menghapus maskara:

  1. Celupkan kapas ke dalam cairan penghapus riasan mata

  2. Letakkan kapas di atas bulu mata dan biarkan meresap selama sekitar 30 detik

  3. Tekan seluruh bulu mata dengan kapas dan usap dengan lembut

  4. Celupkan cotton bud ke dalam cairan penghapus riasan mata

  5. Letakkan kapas yang sudah dilipat dua pada kelopak mata bawah

  6. Pejamkan mata Anda dan usapkan cotton bud dari akar ke ujung rambut

  7. Cuci bersih dengan air hangat