Bagaimana tips memilih lipstik matte?

Bagaimana tips memilih lipstik matte?

Dengan berbagai macam produk lipstik matte, saya mungkin bingung memilih.
Bagaimana tips memilih lipstik matte?

Lipstik matte seakan menjadi must have items bagi para wanita. Selain lebih tahan lama, lipstik matte dinilai lebih nyaman digunakan dibandingkan jenis lainnya. Ada berbagai brand kosmetik yang telah mengeluarkan lipstik matte berkualitas, seperti Maybelline, Pixy, dan Make Over.

Dengan berbagai macam produk lipstik matte, Anda mungkin bingung memilih. Untuk membantu Anda, di bawah ini kami akan membahas tips cara memilih lipstik matte.

Apa itu lipstik matte?


Apa itu lipstik matte?

Setelah booming pada tahun 1920, lipstik matte dikenalkan kembali oleh The Kardashians pada tahun 2016. Pada waktu itu, The Kardashians mengeluarkan produk lipstik matte yang habis terjual dalam waktu singkat. Sejak itu, mulailah bermunculan lipstik matte dari brand-brand makeup lain. Sebenarnya, apa sih yang membedakan lipstik matte dengan jenis lain?

Dari formulanya, lipstik matte memiliki sangat sedikit kandungan minyak sehingga memberi hasil yang tidak mengilap. Oleh karena tidak memberi kilau, bibir Anda akan terlihat lebih padat ketika menggunakan lipstik jenis ini. Kelebihan dari lipstik matte adalah finish-nya yang tidak terasa lengket. Umumnya, lipstik matte juga bersifat transferproof sehingga tidak meninggalkan noda pada makanan, gelas, atau sendok.

Hanya saja, umumnya lipstik matte akan membuat bibir menjadi kering. Jadi, sebelum menggunakan lipstik matte, kami menyarankan Anda mengoleskan lip balm untuk memberi kelembapan ekstra pada bibir. Di samping itu, lipstik jenis ini juga sulit dihapus sehingga Anda membutuhkan makeup remover untuk membersihkannya.

Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih lipstik matte. Di bawah ini, kami akan membahasnya satu per satu supaya Anda dapat lebih mengerti.

Pilih produk dengan warna yang pas untuk undertone kulit


Pilih produk dengan warna yang pas untuk undertone kulit

Undertone kulit terbagi menjadi tiga, yaitu cool, warm, dan neutral. Walaupun Anda memiliki warna kulit yang serupa dengan teman Anda, belum tentu undertone-nya juga sama. Bagi Anda yang belum mengetahui undertone kulit, sekarang cobalah melihat warna nadi di pergelangan tangan. Jika terlihat warna biru, itu artinya Anda memiliki cool undertone, warna hijau untuk warm undertone, sedangkan ungu untuk neutral undertone.

Nah, setelah Anda mengetahui undertone kulit, barulah Anda dapat memilih warna lipstik yang tepat. Umumnya, cool undertone dimiliki oleh orang-orang berkulit putih, maka carilah lipstik dengan warna nude, cokelat, pink, dan merah.

Warm dan neutral undertone memiliki range warna kulit yang lebih luas. Pemilik warm undertone dengan kulit berwarna kuning langsat dapat memilih lipstik berwarna peach, maroon, mauve, dan oranye bata. Namun, jika Anda tergolong memiliki warna kulit gelap, lipstik dengan warna keunguan, pink, dan merah tua cocok untuk Anda.

Akan tetapi, pemilik neutral undertone adalah yang paling beruntung dari semuanya. Mengapa? Karena pemilik neutral undertone dapat menggunakan semua warna tersebut. Anda cukup menyesuaikan dengan range warna kulit agar bisa menemukan yang pas.

Pilih jenis lipstik matte yang nyaman untuk Anda gunakan


Di pasaran, Anda akan banyak menemukan lipstik matte berjenis stick, liquid, dan crayon. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis tersebut? Yuk, kita simak ulasannya!

1. Stick : jenis yang memiliki daya melembapkan paling baik

Stick : jenis yang memiliki daya melembapkan paling baik

Jenis lipstik ini sering disebut juga lipstik padat. Hal itu ditandai dengan bentuknya yang berupa stick padat serta mengandung lebih sedikit minyak dibandingkan jenis lain. Warnanya memang lebih pekat, tetapi tidak setahan lama lipstik liquid.

Di samping itu, lipstik jenis ini dinilai sebagai yang paling nyaman digunakan karena tidak membuat bibir kering. Bahkan, produk ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan usia. Anda juga bisa mendapatkan ketebalan warna yang diinginkan dengan cara mengatur banyaknya layer yang digunakan.

2. Liquid : unggul dalam pigmentasi dan ketahanan

Liquid : unggul dalam pigmentasi dan ketahanan

Lipstik liquid memiliki pigmentasi yang lebih unggul dibandingkan jenis lipstik lain. Oleh karena itu, pemilik bibir gelap akan menyukai jenis ini karena mampu memberi full coverage. Namun, sebaiknya Anda mengaplikasikan lip balm sebelum menggunakan lipstik liquid karena formulanya cenderung membuat bibir kering.

Meskipun begitu, jika Anda mencari lipstik matte yang tahan lama, jenis ini adalah jawabannya. Saat ini, Anda bahkan dapat menemukan lipstik liquid yang diklaim tahan hingga belasan jam. Dengan demikian, jenis ini adalah yang paling cocok untuk Anda gunakan saat menghadiri acara penting dengan durasi waktu yang lama.

3. Crayon : untuk Anda penyuka produk yang praktis

Crayon : untuk Anda penyuka produk yang praktis

Lip crayon adalah produk makeup bibir berbentuk crayon sehingga akan terasa familier ketika digenggam. Ketika hendak mengaplikasikan lip crayon, Anda hanya perlu memegangnya dengan cara yang sama seperti memegang pulpen atau pensil. Tentu Anda tidak akan merasa kesulitan, bukan?

Dari segi tekstur dan warna, lip crayon memiliki formula yang lebih ringan. Oleh sebab itu, produk ini pas digunakan pelajar atau pemula yang kurang percaya diri menggunakan lipstik dengan warna yang intens. Selain itu, lip crayon dianggap sebagai makeup multifungsi karena selain sebagai lipstik, Anda juga dapat menggunakannya sebagai blush on dan eyeshadow.

Utamakan produk yang dapat memberi kelembapan


Utamakan produk yang dapat memberi kelembapan

Pilihlah lipstik matte yang dilengkapi kandungan pelembap, seperti squalane, jojoba oil, madu, atau argan oil. Kandungan tersebut akan menjaga kelembapan bibir Anda sehingga mengurangi efek bibir yang kering. Di samping itu, lipstik matte yang dilengkapi pelembap juga terlihat lebih bagus pada bibir karena tidak menonjolkan garis-garis bibir.

Poin ini menjadi sangat penting untuk Anda perhatikan, terlebih jika Anda selalu menggunakan lipstik matte setiap hari. Tidak bisa dipungkiri, kandungan tersebut tidak hanya memberi kelembapan, tetapi juga akan menutrisi bibir Anda. Hasilnya tentu tidak akan langsung terlihat. Namun, Anda akan menyadari manfaatnya pada kemudian hari.