Bagaimana Tips Memilih Cepuk Yang Bagus Untuk Kolibri?

image

Aspek apa yang harus diperhatikan untuk memilih cepuk?

Cepuk merupakan komponen dalam sangkar yang wajib kita perhatikan terlebih burung kontes. Sebab cepuk memiliki peranan penting baik segi penampilan, penilaian maupun kesehatan burung.

Ada berbagai macam jenis cepuk yang beredar dipasaran mulai dari kelas murah sampai ada yang ratusan ribu harganya. Bahan dasar pembuatannya juga bervariasi mulai dari plastik, kayu, keramik, maupun kaca. Begitu juga bentuknya juga bervariasi ada yang bulat dan juga kotak.

Dalam pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang cepuk untuk burung kolibri. Karena burung ini sekarang lagi naik daun maka saya ingin mengulas lebih dalam agar anda lebih memahami bagaimana cara merawat burung kecil ini.

Cepuk harian yang disediakan untuk kolibri-kolibri milik saya terdiri dari 3 buah cepuk diantaranya cepuk nektar, cepuk wadah kroto dan cepuk besar untuk minum dan mandi satu buah. Disini saya akan mengulas satu persatu dari ketiga cepuk yang saya gunakan.

Cepuk Nektar

Dalam memilih bentuk cepuk terutama untuk wadah nektar pilihlah cepuk yang berbentuk bulat. Dengan tujuan ketika kita mencuci cepuk tidak ada sisa-sisa kotoran yang masih terselip di pinggir cepuk. Hal ini bertujuan agar cepuk selalu bersih dan nektar yang baru tidak terkontaminasi oleh bakteri dari sisa nektar kemarin dan bermnafaat juga supaya nektar tidak cepat basi.
Bahan yang saya pakai untuk cepuk nektar berbahan dari keramik dengan ukuran diameter sebesar uang koin seribu rupiahyang terbaru. Hal ini bertujuan agar nektar yang saya berikan habis dalam satu hari saja atau paling lama dua hari.
Alasan saya memilih menggunakan cepuk keramik supaya kandungan vitamin pada nektar tidak hilang karena nektar terlindung dari sianr matahari secara langsung. Jika kita melihat dialam nektar bunga juga terlindungi oleh kelopak bunga sehingga tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Cepuk Kroto

Untuk cepuk kroto saya teidak memiliki patokan baik dari bahan maupun bentuknya yang terpenting kroto setiap hari ada itu sudah menjadi kesenangan tersendiri. Baiknya pilihlah cepuk yang berukuran sedang kurang lebih sebesar cepuk nektar tadi. Bias juga menggunkan cepuk kroto khusus yang kini banyak tersedia dipasaran, dimana alasanya bebentuk seperti saringan teh.

Cepuk Minum Dan Mandi

Cepuk minum atau mandi saya hanya menggunakan satu saja tidak lebih, agar sangkar terlihat minimalis. Untuk bahannya pilihlah bahan plastic yang transparan agar kita mudah melihat jika ternyata air sudah terlalu kotor. Hal ini bertujuan agar burung tidak mudah terkena penyakit akibat minum air yang sudah kotor. Dan bulu burung tidak lepek akibat mandi pada air yang kotor penuh sisa-sisa nektar.
Tambahan bagi anda yang ikut lomba kolibri sebaikya ketika anda mau menggantang burung usahakan tarik semua cepuk yang ada dikandang. Supaya ketika ditengah-tengah lomba burung tidak makan atau minum. Hal ini bila terjadi dapat mengurangi penilaian. Mungkin itu cara pemilihan cepuk pada kolibri milik saya semoga bisa menjadi tambahan ilmu buat anda sekalian.