Bagaimana tips membuat product roadmap untuk start-up?


Ketika membuat product roadmap agak terdengar luar biasa, karena product roadmap ini akan menentukan bagaimana arah tujuan organisasi/perusahaan kedepannya.Namun, seringkali organisasi/perusahaan menganggap ini enteng sehingga product roadmap yang dihasilkan cenderung biasa dan akhirnya organisasi/perusahaan tersebut gagal. Berikut adalah beberapa kiat-kiat yang harus di perhatikan dalam pembuatan product roadmap untuk start-up.

  1. Explore yang sekiranya dibutuhkan oleh target konsumen anda
    Dalam mengeksplorasi kebutuhan pelanggan jangan tanyakan apa yang mereka butuhkan saja, tetapi tanyakan juga mengapa mereka butuh itu. Ini akan menjadi referensi kedepan dalam pembuatan product roadmap kita.
  2. Rancang fitur masa depan
    Dalam pembuatan product roadmap, yang paling penting adalah fitur dimasa mendatang yang akan kita garap. Seberapa sulit fitur itu di implementasikan, seberapa lama fitur itu dapat diimplementasikan, jangan sampai kita salah memilih fitur masa depan yang akan diimplementasikan yang hanya akan membuat kita menghabiskan resource saja. Sebagai contoh saja kita memilih fitur X untuk diimplementasikan akan tetapi memakan waktu Y dan biaya Z, belum tentu setelah fitur itu terealisasi tren akan fitur itu masih berjalan atau tidak sehingga fitur yang kita implementasikan tadi akan sia-sia.
  3. Tentukan timeline implementasi
    Seperti yang disinggung dalam no.2 tadi, fitur yang akan diimplementasikan haruslah ada milestone nya, kapan fitur ini mulai dibuat, kapan mencapai checkpoint tertentu dan kapan pula fitur itu terealisasikan. Ini digunakan untuk mencegah tadi fitur yang diimplementasikan akan sia-sia karena tren masyarakat yang telah berubah sehingga fitur yang kita implementasikan tadi tidak berguna saat itu yang hanya akan menyebabkan kerugian pada resource baik material maupun imaterial.