Bagaimana tips melatih burung beo bakalan muda hutan?

image

Apakah perlu perlakuan khusus untuk melatih burung beo bakalan muda hutan?

Melatih beo bicara harus dilakukan dengan upaya pendekatan dan interaksi langsung, contohnya:

  • Saat memandikan, kita bisa melatihnya untuk menirukan satu kata atau kalimat, misalnya “Selamat Pagi” atau “Mandi “. Ulangi kalimat tersebut terus-menerus setiap kali Anda akan memandikan burung beo. Hal ini bisa juga dilakukan ketika Anda memandikannya dengan cara dipegang / diusap dengan air.

  • Ajak keluarga Anda untuk rutin mengucapkan kata-kata atau kalimat yang sama (sesuai dengan kesepakatan bersama), misalnya “Assalamualaikum” atau lainnya, setiap kali lewat di depan sangkarnya. Lakukan hal ini secara rutin selama seminggu dengan kalimat yang berbeda pada pagi dan sore harinya. Biasanya setelah 1 minggu, beo sudah hafal dengan salah satu kata atau kalimat yang diajarkan. Setelah seminggu, dicoba lagi dengan kata-kata yang baru.

  • Jika rumah Anda di tepi jalan yang penuh aktivitas dan sering dilalui pedagang secara rutin, maka Anda bisa meletakkan sangkar beo di tempat strategis. Sebab beo lebih mudah dan cepat meniru suara lingkungannya, misalnya suara tukang roti yang kalau lewat pasti membunyikan trompetnya, tukang sayur dengan teriakan khasnya, dan sebagainya.

  • Ketika berada di dalam rumah, sebaiknya ajak keluarga Anda untuk melatihnya terutama sebelum burung beristirahat, misalnya antara pukul 17.00 hingga pukul 19.00. Setelah itu burung dikerodong dan istirahat hingga pagi hari.