Bagaimana tips berhemat & bertemu Idol KPop saat travelling ke Korea Selatan?

idol Kpop
Korea Selatan beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu negara tujuan paling banyak dikunjugi para pelancong sebab dunia hiburan KPop kini sedang berada pada puncak ketenarannya. Berbagai destinasi wisata pun kian bervariatif dan siap membuat kita betah berlama-lama tinggal di sana.

Meskipun low budget kamu gak perlu bersedih hati, sebab ternyata ada tips yang bisa kamu terapkan nih buat mewujudkan impian berlibur ke Korea. Kalian punya tipsnya?

  • Memilih transportasi dengan teliti
    Di Korea terdapat 2 pilihan kereta yang tersedia, yaitu Express dan All Stop. Kereta Express menyediakan rute perjalanan yang berhenti di stasiun tertentu saja, sedangkan All Stop berhenti disetiap stasiun yang ada. Selain itu kereta Express memiliki harga yang lebih mahal dibanding All Stop, sebaiknya kamu memilih All stop karena selain lebih murah kamu juga bisa puas mengeksplor dan berjalan-jalan.

Untuk lebih hemat lagi kamu juga bisa menggunakan T-Money yang biasa dijual di minimarket untuk melakukan pembayaran keretanya, sebab banyak promo dan diskon bila kita menggunakan uang elektronik tersebut.

  • Bermalam di Jjimjilbang atau tempat spa
    Berwisata dengan minim pendanaan berarti kita harus pandai mengatur dan memantau peluang yang ada. Salah satunya dalam urusan penginapan, di sana terdapat tempat untuk bermalam dengan harga yang sangat terjangkau. Tempat tersebut bernama Jjimjilbang atau dalam bahasa Indonesia adalah tempat spa. Kamu hanya perlu membayar Rp 130.000 per malam dengan fasilitas gratis sauna dan bermain game.

Saat bermalam di sini kamu akan berkumpul di satu ruangan besar untuk beristirahat atau menempati gua-gua kecil yang disediakan. Untuk masalah makanan di sini kamu tidak diberikan sarapan atau menu makan siang dan malam secara gratis, namun di sini tersedia berbagai makanan dengan harga yang tidak menguras dompet.

  • Berkeliling di daerah Cheongdamdong
    Kamu penggemar idol KPop pasti mendambakan ingin bertemu bias kalian saat ke Korea Selatan, agar keinginan itu bisa terwujud coba deh kamu bermain kesalah satu daerah yang terdapat banyak agensi artis Korea. Daerah itu bernama Cheongdamdong. Di sana kamu akan melihat 4 agensi terkenal yaitu, JYP, SM, CUBE, dan FNC.

Kemungkinan kamu ketemu sama idol pun besar banget nih, kamu bisa membawa hadiah dan memberikannya ketika mereka lewat. Kamu juga gak perlu malu atau sungkan sebab banyak fans lain yang memang selalu rutin mengunjungi dan berkumpul didepan kantor agensi.

  • Nongkrong di kafe para artis
    Nah, cara lain yang bisa dilakukan untuk bisa bertemu para idol adalah dengan mengunjungi kafe-kafe yang dimiliki oleh para artis. Meskipun mereka tidak berkunjung dan memantau setiap hari, tapi bisa jadi hari itu adalah hari keberuntungan kalian bisa bertemu dengan para idol.

Dalam satu wilayah pun kadang terdapat 2 restoran milik artis secara sekaligus. Beberapa kafe milik artis yang bisa kalian kunjungi misalnya miliki Siwon SUJU bernama Twosome dan JYJ Jaejong bernama Jholic di Myeongdong.

  • Berburu oleh-oleh murah
    Setelah berhasil ketemu dengan para idola kini saatnya kita berburu oleh-oleh murah disana. Rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang misalnya skincare atau makeup yang cukup populer dan variatif di sana. Tempat belanja murah di Korea terdapat di Myeongdong, Hongdae, Namdaemun dan Dongdaemun.

Nah, itu tadi 5 tips yang bisa kamu terapkan selama berlibur di Korea Selatan agar bisa menekan pengeluaran sekaligus bertemu para oppa. Semoga beruntung ya!