Bagaimana tips agar gorengan renyah dan gurih?

Bumbu yang pas dan teknik menggoreng yang benar sangat berpengaruh pada gorengan yang maksimal renyah dan gurih

  1. Pastikan ukuran bahan makanan yang akan ditepung sama besarnya

Nah, ini nih yang kadang luput dari perhatian. Kalau kamu goreng ayam, ikan, atau apa pun, kadang ukurannya asal aja. Padahal sebenernya itu mempengaruhi lho ke tingkat kerenyahan gorengan. Ukuran yang sama akan membuat gorengan kamu matang dan garing secara merata.

  1. Tambahkan baking soda pada tepung

Ternyata baking soda bisa banget lho membuat gorengan kamu jadi makin renyah. Caranya tinggal campurkan saja baking soda ke dalam adonan tepung kering bersama dengan garam dan bumbu lainnya. Tapi perlu diingat ya, guys, baking soda rentan terhadap panas. Jadi usahakan pada saat pencampuran adonan, gunakan air es atau minimal air suhu normal, serta jangan mengaduk adonan terlalu lama karena hal itu justru akan merusak fungsi dari baking soda itu sendiri. Kalau kamu tepat dalam mengunakan baking sodanya, dijamin deh gorengan kamu bakal lebih renyah!

  1. Usahakan adonan tepung bersuhu dingin

Sama seperti poin sebelumnya, bahkan tanpa baking soda pun, kamu tetap harus mengusahakan agar suhu adonan agar tetap dingin. Yaitu dengan mencampurnya dengan air suhu ruangan, atau paling bagus dengan dengan air es. Jangan sekali-kali menggunakan air hangat atau panas, ya. Penggunaan air hangat atau panas untuk mencampur adonan tepung hanya akan membuat gorengan kamu cepat melempem.

  1. Cukup dua kali penepungan

Kadang saking ingin gorengan kamu renyah, kamu melapisi bahan makanan dengan adonan tepung berkali-kali. Padahal perlu diingat nih, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Cukup lakukan dua kali penepungan saja, ya.

  1. Goreng langsung setelah bahan dilumuri tepung

Setelah bahan makanan ditepungi, sebaiknya memang langsung digoreng ya, ini bertujuan agar tepung yang melapisi bahan makanan kamu tidak menggumpal. Nah, adonan tepung menggumpal itulah yang akan membuat gorengan kamu tebal, lama matangnya, dan menyerap minyak lebih banyak sehingga nggak kriuk deh.

  1. Perhatikan suhu minyak

Ini adalah salah satu poin penting saat menggoreng. Inget ya, ladies, suhu ideal untuk menggoreng itu sekitar 170°C. Minyak yang terlalu panas hanya akan menyebabkan adonan tepung cepet gosong, sementara bahan makanannya sendiri masih belum matang. Nggak mau kan gorengan kamu renyah di luar tapi mentah di dalam? Sebaliknya, minyak yang belum panas pun akan membuat gorengan kamu menyerap lebih banyak minyak dan lebih lama matangnya.

  1. Pastikan minyak benar-benar tiris

Kalau gorengan kamu penuh minyak, bisa dipastikan deh bakalan cepat melempem!

Sumber