Bagaimana teori pigou menjelaskan barang publik?

Bagaimana teori pigou menjelaskan barang publik?

Bagaimana teori pigou menjelaskan barang publik?

1 Like

Pigou berpendapat bahwa barang publik harus disediakan sampai satu tingkat dimana kepuasan marginal akan barang publik sama dengan ketidakpuasan marginal (marginal disutility) akan pajak yang dipungut untuk membiayai progam-progam pemerintah atau untuk menyediakan barang publik.

image

Keterangan:

  1. Kurva UU adalah kepuasan marginal pada barang publik, kurva menurun menunjukkan semakin banyak barang publik kepuasan marginal semakin menurun. Contoh: pemungutan pajak.
  2. Kurva PP menunjukkan ketidakpuasan marginal. Pada titik F kepuasan marginal baran publik CF> dari ketidakpuasanmasayarakat akan pembayaran pajak (jarak FI), jadi pemerintah h anggaran untuk barang marginal AD> dari ketidakpuasan masyarakat akan pembayaran pajak DG. Sehingga kesejahteraan masyarakat yang lebih tinggidapat dicapai dengan menambah anggaran pemerintah publik.
  3. Titik E merupakan titik optimum dimana kepuasan marginal barang publik
    sama dengan ketidakpuasan marginaldalam hal pembayaran pajak.
  4. Pengurangan budget dari F ke E adalah pengurangan penggunaan sumber-sumber ekonomi oleh pemerintah sehingga sumber-sumber ekonomi tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan barang swasta.

Kelemahan dari analisis ini karena diodasarkan pada rasa ketidakpuasan marginal masyarakat dalam membayar pajak dan rasa kepuasan marginal akan barang publik, sedangkan kepuasan dan ketidakpuasan adalah sesuatu yang tidak dapat diukur secara kuantitatif karena sifatnya ordinal.

Referensi

Prasetya, Ferry. 2012. Bagian IV: Barang Publik. FEB UB, Malang.