Bagaimana teori kuantitas modern dari Friedman?

Bagaimana teori kuantitas modern dari Friedman?

Bagaimana teori kuantitas modern dari Friedman?

Teori Friedman tidak bertolak belakang mengenai pembahasapembahasan motif dari seseorang untuk memegang uang. Seseorang mau memegang uang karena uang merupakan bentuk dari salah satu aktiva yang memberikan manfaat ke orang tersebut, karena uang bersifat liquid sebagai sumber daya beli. Teori permintaan akan uang yang dikemukakan oleh Friedman menganggap bahwa seseorang akan memutuskan kekayaan yang dimilikinya (termasuk uang tunai) berdasarkan dari perbandingan manfaat yang akan orang tersebut peroleh (penghasilan dalam bentuk in natural atau penghasilan dalam bentuk uang ataupun “utility”), selera dari seseorang tersebut dan jumlah kekayaan yang dimilikinya.

Manfaat yang diperoleh seseorang dari setiap bentuk aktiva berpengaruh terhadap seberapa banyak aktiva-aktiva yang akan orang tersebut miliki. Marginal rate of substitution dari suatu aktiva yang dipegang akan menurun dari aktiva-aktiva lain, jika aktiva yang dipegang tersebut semakin banyak. Artinya jika seseorang terlalu banyak dalam memegang suatu aktiva, maka manfaat marginal dari aktiva yang dipegang tersebut akan semakin kecil, misalnya aktiva dalam bentuk uang, semakin banyak uang yang dipegang, maka marginal return dari uang tersebut akan semakin kecil dari aktiva-aktiva lainnya.

Pendapat yang dikemukakan oleh Friedman bahwa permintaan uang dimasyarakat dipengaruhi oleh faktor berikut: obligasi, suku bunga “equities”, modal fisik dan kekayaan yang berpengaruh terhadap penentuan harga dari permintaan uang. Pendapat yang dikemukakan oleh Friedman bahwa masyarakat memegang uang sebagai bentuk dari menyimpan kekayaannya, cara lain yang dilakukan seseorang untuk menyimpan kekayaannya, yaitu menyimpan uang dalam bentuk deposito, obligasi, saham, dan menyimpan harta dalam bentuk tetap (tanah dan rumah) serta kekayaan manusiawi. Dari teori-teori tersebut faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan akan uang yang dikembangkan oleh Friedman berdasarkan teori kuantitas modern, dapat dituliskan kedalam bentuk persamaan sebagai berikut:

Md = f(P,r,rFC,Y)

Dimana permintaan uang nominal dapat dijelaskan oleh Md, P merupakan tingkat harga, r merupakan tingkat suku bunga, rFC merupakan suatu bentuk dari tingkat pengembalian modal fisik, pendapatan dan kekayaan adalah Y. Pandangan yang dikemukakan oleh Friedman tentang permintaan akan uang riil, maka dapat dituliskan persamaan sebagai berikut:

Md/P = f(∆P,r, )

Dimana permintaan uang riil adalah Md/P, ∆P merupakan tingkat kenaikan dari harga, r merupakan tingkat bunga dan nilai dari pendapatan serta kekayaan riil adalah (Ambarani, 2015).