Bagaimana tentang kasus Setya Novanto menurut anda?

images (1)
Kasus korupsi yang menyeret Setya Novanto sempat menjadi isu pembicaraan di berbagai negara. Setya merupakan politikus asal Jawa Barat yang pernah menjabat sebagai Ketua DPR RI sekaligus menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2016-2017.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada Kamis (29/03), jaksa menilai Setya Novanto memiliki peran penting dalam skandal korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun itu. Dia dituding melakukan korupsi bersama sembilan orang lainnya.

Maka dari itu, jaksa menuntut majelis hakim untuk menyatakan Setya Novanto bersalah dalam perkara korupsi KTP elektronik itu, dan “menjatuhkan hukuman kurungan selama 16 tahun dan denda sebesar Rp 1miliar, yang apabila tidak dibayar diganti kurungan selama 6 bulan,” ujar jaksa Abdul Basir. Menurut saya majelis hakim sudah tepat karena terdakwa telah menerima pemberian fee seluruhnya berjumlah US$7,3 juta yang menguras kerugian Negara. Setya Novanto menyalahgunakan wewenang untuk memastikan usulan anggaran proyek penerapan KTP elektronik yang bernilai Rp 5,9 triliun itu lolos di DPR. Itu sangatlah melanggar dari tupoksi DPR yang sudah bersumpah akan mensejahterahkan rakyat.

Jaksa juga menilai, faktor yang memberatkan Novanto antara lain tidak kooperatif selama pemeriksaan.

Sumber: cnnindonesia.com