Bagaimana template presentasi product roadmap yang baik ?

Membangun dan menyajikan product roadmap adalah bagian penting dari pekerjaan manajer produk. Presentasi product roadmap memberi tahu para pemangku kepentingan (baik di dalam maupun di luar perusahaan) di mana produk akan berjalan dan bagaimana produk itu akan sampai di sana. Apa sajakah contoh dari template presentasi peta jalan produk?

Membangun dan menyajikan product roadmap adalah bagian penting dari pekerjaan manajer produk. Presentasi product roadmap memberi tahu para pemangku kepentingan (baik di dalam maupun di luar perusahaan) di mana produk akan berjalan dan bagaimana produk itu akan sampai di sana.

Manajer produk menggunakan presentasi roadmap untuk berkomunikasi dengan berbagai khalayak, mulai dari eksekutif hingga customer serta tim teknis. Presentasi dapat disesuaikan untuk menyampaikan pesan yang berbeda tergantung pada apa yang ditampilkan. Sebuah presentasi product roadmap menjelaskan tentang produk dan yang utama dirancang untuk berkomunikasi dan membujuk.

Tidak ada yang namanya template “universal” - audiens akan menentukan bagaimana manajer produk mengembangkan presentasi. Misalnya, presentasi ke dewan penasihat pelanggan perusahaan akan terlihat sangat berbeda dari satu ke tim pengembangan. Yang mengatakan, ada praktik terbaik yang dapat diikuti oleh manajer produk. Dan dalam semua situasi, audiens dapat berbagi feedback yang berharga tentang apa yang sedang disajikan.

Langkah pertama dalam memilih template presentasi product roadmap yang tepat adalah mengidentifikasi audiens. Kemudian, mereferensikan praktik terbaik untuk membuat panduan khusus untuk presentasi di masa mendatang, juga dapat memulai dengan cepat menggunakan template roadmap.

Berikut beberapa contoh template presentasi roadmap:

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke dewan eksekutif dan penasihat

image

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke tim pemasaran

image

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke tim teknik dan TI

image

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke sales dan support tim

image

Template untuk menyajikan rencana roadmap kepada customers

image

Template untuk menyajikan rencana roadmap kepada mitra

image

Template untuk menyajikan rencana roadmap kepada analis dan media

image

Referensi:
https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-product-roadmap-presentation-templates-do-product-managers-