Bagaimana tempat Pemijahan Ikan Manfish (Angelfish Scalare) yang baik ?

Ikan manfish

Ikan manfish (Pterophyllum scalare ) adalah ikan hias air tawar yang indah sehingga banyak pecinta ikan hias yang menggemari ikan ini. Di Indonesia, ikan hias ini juga disebut ikan angelfish.

Bagaimana tempat Pemijahan Ikan Manfish (Angelfish Scalare) yang baik ?

Tempat untuk melakukan budidaya ikan manfish ada 3 kolam dan akuarium, dan paso tanah liat.

  • Ukuran kolam yang dibuat dari semen atau tanah liat cukup 100 x 100 x 80 cm. Kolam yang baru dubuat untuk manfish, tidak boleh langsung dipakai, tapi bersihkan dulu dari bau semen. Setelah baunya hilang, kolam direndam lagi 4 minggu. Setelah itu dikeringkan, lalu diisi air setinggi 50 sampai 70 cm, dan siap dimasukkan pasangan indukan manfish.

  • Wadah kolam akuarium manfish untuk pemijahan berukuran 100 x 75 x 50 cm dengan tebal kaca antara lima sampai enam mm. Ukuran ini cuma diperkirakan cukup leluasa bagi manfish bercumbu rayu. Sebelum digunakan bersihkan dulu denga tanah liat atau dibakar.

  • Karena manfish suka menempelkan telur, maka dalam memijah harus disediakan benda atau alat tempel. Dapat berupa pecahan botol, pipa peralon atau benda lain yang permukaan licin (tidak berpori-pori). kalau tanaman air seperti sagitaria yang berdaun panjang dan kuat.

  • Air yang diperlukan untuk memijah dan juga untuk merawat ikan manfish harus jernih dengan keasaman normal (pH 6,8 - 7), suhu antara 24 - 26 derajat C. Jika airnya berasal dari PAM, perlu diendapkan dulu selama 24 jam.