Bagaimana teknik strategi terhadap peluang/kesempatan dalam plan risk responses?

MR

Plan Risk Responses terdapat input, teknik, dan ouputnya. Salah satu teknik dalam Plan risk responses ialah Strategi terhadap peluang/kesempatan yang ada dalam proyek. Bagaimana teknik strategi terhadap peluang tersebut?

5 Alternatif strategi terhadap peluang atau kesempatan:

1. Escalate
Strategi respons risiko ini tepat ketika tim proyek atau sponsor proyek setuju bahwa peluang berada di luar ruang lingkup proyek atau berada di luar wewenang manajer proyek. Manajer proyek menentukan siapa yang harus diberitahu tentang peluang dan mengkomunikasikan secara detail ke bagian dari organisasi tersebut. peluang akan meningkat, selaras dengan tujuan yang akan terpengaruh dari peluang tersebut. peluang yang meningkat tidak dipantau lebih lanjut oleh manajer proyek setelah eskalasi, meskipun mereka dapat dicatat dalam daftar risiko sebagai informasi.

2. Exploit
Strategi mengeksploitasi dapat dipilih untuk peluang yang berprioritas tinggi dan organisasi dapat merealisasikan. Strategi ini berusaha untuk mengambil manfaat terkait dengan peluang tertentu dan memastikan bahwa itu pasti terjadi (berpeluang hingga 100%). Misalnya, mengeksploitasi sumber daya organisasi yang paling berbakat untuk mengurangi waktu penyelesaian proyek atau menggunakan teknologi baru untuk mengurangi biaya dan durasi.

3. Share
Berbagi merupakan pengalihan kepemilikan peluang kepada pihak ketiga, sehingga berbagi beberapa manfaat jika peluang itu terjadi. Tetapi harus hati-hati dalam memilih pemilik peluang yang baru ini. Berbagi risiko sering melibatkan pembayaran premi risiko kepada pihak yang mengambil kesempatan.

4. Enhance
Strategi ini digunakan untuk meningkatkan kemungkinan atau dampak dari suatu peluang. Tindakan peningkatan lebih awal merupakan hal yang lebih efektif daripada mencoba meningkatkan peluang setelah terjadi.

5. Accept
Menerima kesempatan mengakui keberadaannya tapi tidak ada tindakan proaktif yang diambil. Strategi ini cocok dengan peluang yang rendah, dan mungkin tidak diadopsi. Penerima juga ada yang aktif dan pasif. Aktif akan proaktif terhadap kesempatan yang mereka miliki, Pasif begitu pula kebalikannya.

Sumber:
PMBOOK Edisi 6