Bagaimana teknik Picture Style dalam dasar-dasar kamera?

Dengan fungsi Picture Style, kalian bisa menyesuaikan nada warna dan kontras untuk menambah pesona dan daya tarik subjek.

Dengan Picture Style, bisa mengubah kontras dan nada warna foto sesuai dengan kesukaan.

apa saja yang perlu dipahami ?

  • Dapat menyesuaikan pengaturan agar sesuai dengan subjek dan maksud pemotretan.
  • Dapat mengkustomisasi pengaturan dalam pengaturan preset.

Picture Style adalah fungsi yang memungkinkan menyesuaikan nada warna dan kontras menurut preferensi. kalian bisa berharap mendapatkan foto dengan nada warna yang disempurnakan dan lebih segar, serta kontras yang mempertajam atau memperlemahnya agar sesuai dengan pemandangan yang bersangkutan. Ada kesalahpahaman, bahwa semakin tajam kontrasnya, semakin baik gambarnya, tetapi ada kalanya apabila menggunakan nada warna yang lebih sendu atau menekan kontras untuk menyajikan suasana ketenangan dan ketenteraman, bisa juga menghasilkan foto dengan warna yang serba menyenangkan.

Jumlah Picture Style preset yang tersedia:

  • Auto
  • Standard
  • Portrait
  • Monochrome

kalian bisa memilih Picture Style preferensi menurut maksud pemotretan dan subjek untuk memperoleh hasil yang spesial. Ini juga memungkinkan untuk melakukan penyesuaian halus pada preset dengan menggunakan menu Detail settings. Dengan menala halus parameter, seperti :

  • Sharpness (Ketajaman)
  • Contras (Kontras)

kemudian kalian bisa menciptakan foto yang artistik dengan polesan akhir yang berbeda-beda.

berikut adalah contoh Picture Style preset :

Picture Style preset auto

image

Dalam pengaturan “Auto”, nada warna secara otomatis disesuaikan menurut pemandangan foto. Hal ini khususnya berguna apabila memotret di luar ruangan atau lanskap—menghasilkan warna hijau, biru dan merah secara jelas.

Picture Style preset Standard

image

Pengaturan “Standard” merupakan pengaturan nada warna paling dasar dari EOS Digital, dan biasanya bisa digunakan untuk mengambil bidikan sebagian besar pemandangan dengan cukup baik.

Picture Style preset potrait

image

“Portrait” memberikan nada yang lebih halus. Ini ideal apabila mengambil gambar subjek wanita dan anak-anak, karena membuat kulit terlihat berseri.

Picture Style preset landscape

image

Pengaturan “Landscape” didesain untuk menambah ketajaman dan nada warna pada foto. Pengaturan ini mewujudkan hasil gambar yang memiliki dampak.

Picture Style preset Fine Detail

image

“Fine Detail” adalah penambahan termutakhir pada Picture Style dan ini merupakan fitur yang praktis untuk dimiliki. Dengan “Fine Detail”, bahkan garis detail dan tekstur subjek yang lebih halus disampaikan dengan indah

Picture Style preset Faithful

image

Picture Style preset Neutral

image

Picture Style preset Monochrome

image

semua hasil foto tersebut menggunakan kamera canon EOS 5D Mark III dengan lensa EF70-200mm f/4L IS USM dan setingan kamera FL: 106mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/2000 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Daylight.

Setelah kalian menguasai berbagai fungsi pengaturan yang berbeda-beda dalam Picture Style, akan dapat mengambil gambar dan mendapatkan hasil yang lebih disukai.

Mengkustomisasi Picture Style

Kiri: Pengaturan Normal
Kanan: Nada warna dan kontras disesuaikan

Pengaturan umum: FL: 47mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/1250 det., EV-0,3)/ ISO 100/ WB: Daylight

Kustomisasi bisa dilakukan pada preset Picture Style. Pada menu “Detail settings”, pilih “Sharpness”, “Contrast”, “Saturation”, ”Colour tone” untuk menghaluskan efek dan mendapatkan hasil yang lebih disukai.

image

foto diatas adalah cara mengkustomisasi berbagai pengaturan dalam menu pengaturan Detail.

  • A: Sharpness/Contrast (Ketajaman/Kontras)
  • B: Colour tone (Nada warna)
  • C: Saturation

Dengan menyesuaikan parameter dalam menu [Detail set.] akan memengaruhi foto dengan cara berikut ini:

  • Apabila nilai dalam “ Sharpness ” ditingkatkan, Anda bisa melihat sketsa yang lebih tajam dan menghasilkan gambar yang sangat jernih.

  • Apabila Anda meningkatkan “ Contrast ” ke ujung tanda ”+”, gambar menjadi lebih tajam dan gambar yang menonjol untuk memberikan kesan 3D.

  • Dengan “ Colour tone ”, pengaturan dasar mencocokkan warna kulit manusia. Ini sangat berguna apabila menyesuaikan warna kulit subjek manusia. Apabila meningkatkan ke ujung tand “+”, Anda akan mendapatkan nada kuning yang lebih kuat. Dengan beralih ke arah kisaran “-”, akan menghasilkan nada merah yang lebih kuat.

  • Saturation ” mengubah intensitas warna. Apabila meningkatkan ke arah ujung tanda “+”, akan menghasilkan warna yang lebih tajam.