Bagaimana teknik pemasaran yang yang dilakukan manajer pemasaran untuk meningkatkan profit sebuah produk?

Seorang manajer pemasaran mempunyai tugas untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kebijakan dan program pemasaran, antara lain melihat permintaan untuk produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan pesaingnya serta mengidentifikasi pelanggan potensial. Manajer pemasaran juga mengembangkan strategi harga dengan tujuan memaksimalkan keuntungan atau pangsa pasar perusahaan. Ia juga memastikan kepuasan pelanggan perusahaan. Manajer pemasaran mengawasi perkembangan produk dan memantau tren yang menunjukkan kebutuhan untuk produk dan layanan baru.

Lalu, bagaimana teknik pemasaran yang harus dilakukan seorang manajer pemasaran untuk meningkatkan profit sebuah produk?

1 Like

Manajer Marketing adalah seseorang yang mengatur pemasar dari sebuah produk. Satu manajer bisa bertanggung jawab pada satu atau beberapa produk yang ada, tergantung perusahaan. Seorang manajer marketing harus mempunyai sifat yang sangat fokus, sangat detail, spontan, serta sadar akan keuangan dan timeline yang sudah dibuat. Manajer marketing juga bertanggung jawab atas tingkat pemasaran dari sebuah produk atau jasa. Mereka juga mengukur level tertarik atau tidaknya masyarakat terhadap produk yang akan dipasarkan serta bekerjasama dengan tim lain dalam hal harga dan penempatan produk nantinya. Manajer ini juga mencari tau tentang kelemahan dan kekuatan sebuah produk yang nantinya akan menunjang kegiatan penempatan produk di masyarakat.

Seorang manajer marketing seharusnya keluar dari kantor dan melihat keadaan sekitar, berbicara dengan pelanggan, serta menganalisa pasar yang ada secara langsung. Beberapa teknik inilah yang sering digunakan manajer pemasaran dalam meningkatkan profit sebuah produk.

Sumber :

1 Like