Bagaimana teknik memelihara ikan aligator di akuarium ?

ikan aligator

Dalam memelihara ikan aligator tentunya ada teknik tersendiri yang benar sesuai dengan tempat di peliharanya. Bagaimana teknik memelihara ikan aligator di akuarium?

Teknik Memelihara Ikan Aligator di Akuarium

Ikan aligator sendiri merupakan ikan purba yang memiliki ukuran lumayan besar dan masuk ke dalam golongan ikan karnivora. Ikan alligator bukan ikan asli Indonesia, namun ikan ini berasal dari benua Amerika.

Keunggulan, Memiliki bentuk tubuh yang unik dan menarik, karena Ikan ini tergolong ke dalam bentuk ikan yang memiliki tubuh silindris memanjang menyerupai torpedo. Sirip punggung serta sirip analnya terletak pada bagian belakang tubuh di posisi hampir berlawanan.

Jika kalian tak teliti bisa saja mengatakan ikan ini keturunan buaya, ya. Mulutnya bermoncong panjang mirip buaya. Oleh karena itu ikan ini diberikan sandangan ikan buaya. Ikan bergigi tajam ini dilindungi sisik yang berguna sebagai perisai.

Ikan alligator pada umumnya memiliki warna cokelat atau kehijauan di bagian atas tubuhnya. tapi beberapa jenis mempunyai totol berwarna hitam. Bagian bawah tubuhnya yakni pada daerah perut berwarna agak terang.

Warna dagingnya kemerahan sementara telurnya berwarna kehitaman. Saat ini ada 2 genus ikan aligator yang mampu bertahan hidup yaitu Atractosteus dan Lepisosteus. Tiga spesies yang merupakan anggota genus Atractosteus yakni alligator gar (Atractosteus spatula), cuban gar (Atractosteus tristoechus) serta tropical gar (Atractosteus tropicus).

Ikan aligator bisa dibudidaya dalam aquarium

Shortnose gar, florida spotted gar serta spotted gar sangat tepat jika dipelihara sebagai ikan akuarium lantaran ukuran tubuhnya tak amat besar. Tropical gar juga cocok sebagai ikan akuarium, namun agak membutuhkan perrjuangan ektra jika ingin memiliki ikan ini. Longnose gar bisa mencapai ukuran yang amat besar sehingga membuat ikan ini tidak cocok jika hendak di aplikasikan dalam akuarium.

Untuk ukurannya sendiri ikan ini menyentuh angka 150 kg, ikan ini lebih tepat dipelihara di kolam besar. Sementara itu, pemeliharaan cuban gar tak mungkin dilakukan lantaran ikan ini termasuk dalam jenis ikan yang dilindungi.

Tak pelak ikan aligator ini biasa menghuni perairan yang berarus lemas, danau dan rawa-rawa. Ikan alligator dewasa senang tinggal di tempat yang dalam, dan ikan kecilnya kerap bergerak ke arah tepian sungai yang banyak tanaman air.

Ikan alligator jenis longnose gar, spotted gar dan alligator gar menghuni perairan payau dan tawar. Sementara florida spotted gar, shortnose gar, cuban gar serta tropical gar berada di periaran tawar. Di habitat aslinya yang mengalami 4 musim, ikan ini mampu tumbuh hingga mencapai ukuran 40 cm dalam kurun waktu setahun.

Ukuran Aquraium

Ada yang bingun mau beli aquarium yang ukuran semana? okey… rakan-rakan semua kalian tak usah khawatir mau cari ukuran aquarium berapa, yang penting sesuaikan saja. Intinya ikan bisa bergerak bebas, supaya ikannya tak mudah stres, kalau ikannya sempat stres kita khawatirkan akan mudah terserang penyakit yang ujung-ujungnya akan menemui ajal, kasian Juga kan? Barangkali handai taulan beli ikannya mahal-mahal lagi.

Untuk pengisian air sendiri silahkan diganti jika kondisi airnya udah keruh, sebab air yang keruh itu sumber penyakit. Kendati ikan aligator tahan penyakit, namun saya tak bisa memastikan juga untuk tak terkena penyakit.

Makanan

Berdasarkan kebiasaan makan, aligator masuk kategori carnivora (makan segalanya), pakan alligator muda biasanya zooplankton, serangga kecil dan larva ikan. Pada saat menginjak umur dewasa pakannya pun berubah, ia makan kodok, udang, ikan. Akan tetapi terkadang juga ia memakan bebek dan unggas air lainya, (hati-hati kalau kamu pelihara unggas, bisa dimakan sama ikan ini)

Kalau di Indonesia ikan aligator dikasih pakan apa? Di negara kesayangan kita ini, pakan untuk ikan alligator yang sesuai dengan ukuran mulutnya yaitu diberikan ikan nila, udang dan ikan-ikan yang lainnya.

Frekuiensi pemberian pakan

Untuk jadwal dan frekuensi pemberian pakan ini bisa kamu sesuaikan saja, lantaran kita tidak budidaya ikan untuk konsumsi, kan ikan ini cuma untuk hiasan saja. 3 kali dalam sehari sudah cukup untuk pemberian pakan ikan aligator, sebab itu sudah masuk kategori normal dan umum.